Full Stack Web Developer, Ini Skill Yang Harus Dikuasai

Full Stack Web Developer, Ini Skill Yang Harus Dikuasai

Full Stack Web Developer, Ini Skill Yang Harus Dikuasai

Apa itu Full Stack Developer? Keahlian-keahlian yang harus dikuasai - Blog | Dicoding Indonesia | Blog | Dicoding IndonesiaJogja One Solution – Anda ingin menjadi full stack developer? Bagus! Itu artinya Anda jeli melihat peluang emas. Kenapa? Karena saat ini pertumbuhan startup di Indonesia tengah meningkat pesat. Dan hampir setiap startup membutuhkan posisi full stack developer. Tetapi, kami tidak menyangkal kalau profesi ini juga sangat tidak mudah. Sebab, Anda diwajibkan memiliki skill yang lebih kompleks dibandingkan posisi developer lainnya. Berikut ini full stack web developer, Ini skill yang harus dikuasai.

Pengertian Full Stack Web Developer

Jika berbicara mengenai Full Stack Web Developer, kita juga harus mengerti istilah front-end dan back-end website.

Frontend sendiri adalah semua hal yang berkaitan dengan client-sidewebsite user experience dan lain sebagainya. Kita sebut saja front-end sebagai semua pengaturan yang berkaitan dengan tampilan website. Sehingga jika dianalogikan, teknik front-end banyak digunakan oleh pengembang web sebagai pemoles agar mampu menarik banyak pengunjung.

Selain itu, teknik back-end adalah semua hal yang berkaitan dengan server-sideserver database, dan masih banyak lainnya. Pada teknik back-end, seorang website developer harus menguasai berbagai hal terkait hal-hal yang tidak tampak oleh para klien.

Seorang ahli teknik front-end disebut sebagai Front-end Developer, sedangkan pada teknik back-end disebut dengan Back-end DeveloperNah, Full Stack Web Developer adalah suatu “gelar” yang dipakai untuk seorang yang menjabat sebagai Front-end sekaligus Back-end Developer.

Skill Full Stack Web Developer

Tidak ada hal yang mudah jika berbicara mengenai web developing. Terlebih bagi anda yang berniat untuk menjadi seorang Full Stack Web Developer. Berikut ini berbagai tips berkaitan dengan keahlian yang harus anda kuasai jika berniat mencapai posisi tersebut :

1. Front-end website

Mockup Website Design

Teknik front-end yang berkaitan langsung dengan “penglihatan” dan “pengalaman berselancar” klien menjadi aspek penting yang harus dipelajari. Ada beberapa tools penting yang perlu dikuasai agar bisa memaksimalkan potensi anda di bidang front-end, seperti berikut ini :

  • HTML (Hypertext Markup Language) : sebuah teknologi yang berguna untuk membuat halaman sebuah website dan mempercantiknya. Versi HTML yang perlu anda kuasai adalah HTML5 dengan metode semantic web.
  • CSS (Cascading Style Sheets) : sebuah protokol yang digunakan untuk menyeragamkan komponen dalam sebuah website. Versi terbaru dari CSS yang berguna untuk teknologi front-end adalah CSS 3.
  • Javascript : sebuah bahasa program untuk web building yang cukup kompleks. Berguna untuk teknik front-end maupun back-end sekaligus. Taggar utamanya adalah kode SCRIPT, sehingga bisa disisipkan pada laman website dengan mudah. Tools lain yang berkaitan dengan Javascript adalah AngularJS, jQuery, dan lain-lain.

Tiga teknologi utama tersebut yang paling penting dikuasai untuk bidang front-ent developer. Anda juga perlu mempelajari situs pembuat web lain yang cukup mudah seperti WordPress dan Blogger.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat