Framework Terbaik untuk para Developer Web

Framework Terbaik untuk para Developer Web

Framework Terbaik untuk para Developer Aplikasi Web

Ada banyak hal yang harus dikerjakan jika ingin membuat dan mengembangkan website atau aplikasi dari nol, salah satunya adalah menciptakan fungsionalitas. Sayangnya terkadang fungsionalitas yang sudah ada hanya diperbarui, dan itu dilakukan berkali-kali. Sama seperti ketika ban ditemukan pertama kali. Lalu seiring berjalannya waktu, ban hanya akan diperbarui menurut tuntutan pasar dan kebutuhan mobil atau motor. Agar Anda tidak perlu melakukan repetisi terhadap suatu fitur atau fungsionalitas, gunakan framework software.

Apa sih PHP itu ?

PHP adalah bahasa programming server-side open source yang paling terkenal di dunia. Bahasa programming ini sendiri sudah mengalami berbagai perubahan sejak pertama kali muncul. Pada awalnya, PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page, tetapi sekarang disebut juga sebagai PHP: Hypertext Preprocessor. PHP bisa di-embed ke dalam HTML, atau bisa dikombinasikan dengan berbagai sistem template web, content management system, dan framework sebuah web. Meskipun popular, PHP bisa dibilang monoton dan hanya mengulang-ulang saja. Oleh karena itu, dibuatlah framework PHP. Apa itu?

Baca Juga :

Kenali Teknologi Software

Keahlian Back-End Developer

Apa sih Framework itu ?

Framework PHP mempermudah proses pengembangan aplikasi web yang menggunakan PHP dengan memberikan struktur basic untuk membangun sebuah web. Jadi, framework PHP membantu Anda untuk mengembangkan sebuah website dengan lebih cepat. Selain itu, framework PHP juga membangun aplikasi yang lebih stabil. Jadi, developer dan programmer tidak perlu melakukan coding yang diulang-ulang. Framework juga bisa membantu pemula untuk membangun aplikasi yang lebih stabil karena mereka membantu memastikan bahwa interaksi database dan coding sudah berjalan dengan baik di layer presentation. Ini memperbolehkan Anda untuk menggunakan waktu Anda untuk fokus membangun aplikasi websitenya dan tidak hanya menghabiskan waktu menulis kode yang diulang-ulang.

Terus pilih framework yang mana ?

Di luar sana memang ada banyak pilihan framework. Mungkin bagi Anda yang baru mau mulai menggunakan framework, Anda juga takut salah memilih. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa membantu Anda memilih framework PHP yang tepat.

Sebelum memilih framework yang sesuai dengan proyek Anda, coba pikirkan siapa saja yang akan menggunakan dan memodifikasi aplikasi Anda. Kalau memang akan ada banyak orang yang menggunakan dan memodifikasinya, Anda bisa memilih framework PHP yang sudah digunakan banyak developer. Tetapi misalnya Anda membuat aplikasi web untuk urusan personal Anda, Anda bisa bebas memilih framework yang paling nyaman untuk Anda.

Faktor-faktor lain yang harus Anda perhatikan dalam memilih framework PHP adalah:

  • Kemudahan penggunaan
  • Pengembangan dan kinerja yang cepat
  • Popularitas di antara komunitas developer atau pengembang web
  • Fitur-fitur framework
  • Ada tidaknya support dan forum komunitas

Kalau Anda baru pertama kali mencoba framework PHP, ada baiknya Anda mencoba-coba dulu beberapa framework untuk melihat mana yang paling Anda suka. Setiap framework memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing jadi Anda juga harus berhati-hati dalam memilih; lihat dan mengerti dulu kebutuhan Anda serta seberapa nyaman Anda menggunakan framework tersebut.

Baca Juga :

3 Jenis Website

Ahlinya Bikin Website

Berikut ini meupakan framework terbaik untuk para developer dalam mengembangkan aplikasi berbasis web.

Laravel

aravel adalah sebuah framework PHP yang dirilis dibawah lisensi MIT, dibangun dengan konsep MVC (model view controller). Laravel adalah pengembangan website berbasis MVP yang ditulis dalam PHP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, dan untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu.

Framework Laravel

MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. MVC memisahkan aplikasi berdasarkan komponen- komponen aplikasi, seperti : manipulasi data, controller, dan user interface.

  1. Model, Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain.
  2. View, View adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa dikatakan berupa halaman web.
  3. Controller, Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view.

Baca Juga :

Kami Penyedia IT Profesional

Website Semarang

CodeIgniter

CodeIgniter adalah sebuah web application network yang bersifat open source yang digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. CodeIgniter menjadi sebuah framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP yang dapat mempercepat pengembang untuk membuat sebuah aplikasi web. Selain ringan dan cepat, CodeIgniter juga memiliki dokumentasi yang super lengkap disertai dengan contoh implementasi kodenya.

Framework CodeIgniter

Dokumentasi yang lengkap inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak orang memilih CodeIgniter sebagai framework pilihannya. Karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh CodeIgniter, pembuat PHP Rasmus Lerdorf memuji CodeIgniter di frOSCon (Agustus 2008) dengan mengatakan bahwa dia menyukai CodeIgniter karena “it is faster, lighter and the least like a framework.”

  • Index.php: Index.php disini berfungsi sebagai file pertama dalam program yang akan dibaca oleh program.
  • The Router: Router akan memeriksa HTTP request untuk menentukan hal apa yang harus dilakukan oleh program.
  • Cache File: Apabila dalam program sudah terdapat “cache file” maka file tersebut akan langsung dikirim ke browser. File cache inilah yang dapat membuat sebuah website dapat di buka dengan lebih cepat. Cache file dapat melewati proses yang sebenarnya harus dilakukan oleh program codeigniter.
  • Security: Sebelum file controller di load keseluruhan, HTTP request dan data yang disubmit oleh user akan disaring terlebih dahulu melalui fasilitas security yang dimiliki oleh codeigniter.
  • Controller: Controller akan membuka file model, core libraries, helper dan semua resources yang dibutuhkan dalam program tersebut.
  • View: Hal yang terakhir akan dilakukan adalah membaca semua program yang ada dalam view file dan mengirimkannya ke browser supaya dapat dilihat. Apabila file view sudah ada yang di “cache” maka file view baru yang belum ter-cache akan mengupdate file view yang sudah ada.

Baca Juga :

Keutamaan Domain Untuk Toko Online

Keutamaan Domain Untuk Toko Online

Symfony

Symfony adalah salah satu dari banyak framework yang ditulis dalam bahasa PHP. Selain symfony ada juga CodeIgniter, YII, Cake, Laravel, Slim, Silex dan lain sebagainya. Symfony pertama kali diperkenalankan pada tahun 2005 oleh Fabien Potencier, seorang programmer asal Perancis serta pendiri SensioLabs.

Saat ini, Symfony telah diadopsi dan digunakan oleh banyak perusahaan maupun project open source diantaranya EzPublish, Drupal, Joomla, Magento, Laravel, Composer, dan masih banyak lagi lainnya.

Framework Symfony

Symfony dimaintain oleh lebih dari 1.500 developer pada core component dan lebih dari 1.100 developer pada dokumentasi serta lebih dari 10.000 third party bundle yang siap digunakan dalam project Symfony Anda.

Saat ini, Symfony telah di-download lebih dari 12.500.000 kali hanya untuk versi 2 keatas sehingga merupakan pilihan yang tepat menggunakan Symfony sebagai solusi dari kebutuhan Sistem Anda.

Baca Juga :

Resiko Domain Gratis

Domain Authority Pada SEO

Zend

Zend Framework adalah sebuah Framework open source untuk web, mengembangkan aplikasi dan layanan dengan PHP 5. Zend Framework diimplementasikan dengan menggunakan kode berorientasi obyek-100%. Struktur komponen Zend Framework agak unik, karena setiap komponen dirancang dengan beberapa dependensi pada komponen lainnya. Sangat fleksibel, bisa ditambah arsitektur yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan komponen secara individual.

Framework Zend

Zend Framework sering disebut ‘component library’, karena memiliki banyak komponen longgar ditambah yang dapat Anda gunakan lebih mandiri dan juga fleksibel bisa ditambah komponen yang dapat Anda gunakan lebih atau sedikit. Tetapi Zend Framework juga menyediakan Model-View-Controller (MVC) pelaksanaan canggih yang dapat digunakan untuk membangun struktur dasar untuk aplikasi Zend Framework Anda. QuickStart ini akan memperkenalkan Anda kepada beberapa komponen Zend Framework paling umum digunakan, termasuk Zend_Controller, Zend_Layout, Zend_Config, Zend_Db, Zend_Db_Table, Zend_Registry.

Baca Juga :

Cara Aman Website Terhindar dari Hacker

Apa Dampak dari Kesalahan Komunikasi dalam Bisnis?

Yii

Framework YII adalah sebuah software yang berfungsi sebagai kerangka kerja php yang berbasis komponen dengan performansi tinggi untuk pembuatan sebuah aplikasi web bersekala besar, yii menyediakan resuabilitas maksimum dalam pemrograman Web dan bisa mengakselerasi proses pengembangan secara signifikan.

Framework YII

Seperti kebanyakan framework php lain framework yii adalah MVC framework. Yii bisa melampaui framework php yang lain dalam hal efisiensi, karena yii telah menyediakan fitur-fitur,yang sudah di dokumentasikan dengan jelas. Yii di desain sangat hati-hati agar dapat sesuai dengan pengembangan aplikasi web secara serius.

Yii telah memplementasikan pola desain MVC (model-view-controller ) yang diadopsi secara luas dalam pemrograman Web. Selain implementasi MVC, Yii juga memperkenalkan front controller(controller depan), yang disebut Aplikasi, yang akan mengenkapsulasi konteks eksekusi untuk memproses sebuah request.

Baca Juga :

Trik Website di Halaman Rank 1 Google

Distro Linux Terbaik di Tahun 2018

Itulah beberapa framework terbaik untuk developer, setiap framework memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, jadi gunakanlah sesuai dengan kebutuhan dan fitu yang akan dibangun.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat