Format Iklan Banner Website

Format Iklan Banner Website

Format Iklan Banner WebsiteFORMAT IKLAN BANNER WEBSITE

Iklan Banner Website – Dimensi banner Iklan memiliki standar ukuran yang ditetapkan oleh IAB. IAB adalah singkatan dari International Advertising Bureau, organisasi periklanan berbasis di Amerika Serikat yang mengembangkan standar industri serta melakukan penelitian.

Untuk banner iklan yang efektif di website, Anda bisa melihat ukurannya dalam piksel serta penempatannya dalam sebuah website berikut ini:

banner-sizes

1. Format

Ada beberapa format tampilan bersifat statis maupun dinamis yang dapat Anda tampilkan.

Untuk banner iklan, file yang digunakan mempunyai format JPG, PNG, GIF maupun SWF (Flash) untuk versi animasi.

Patikan banner iklan Anda berjalan efektif pada pernagkat yang Anda inginkan karena tidak semua perangkat dapat menampilkan iklan banner.

Terutama banner iklan yang berbentuk Animasi. Durasi animasi perlu Anda perhatikan, terlebih karena pengunjung tidak memiliki banyak waktu untuk memperhatikan iklan tersebut.

2. Ukuran File

Untuk membuat banner iklan yang efektif, ukuran file tidak boleh luput dari perhatian. Jangan menggunakan file yang terlalu besar. File banner yang terlalu besar dapat berpengaruh pada kecepatan loading maupun kinerja website Anda. Jika website Anda lambat diakses, kesempatan pengunjung untuk melihat tayangan iklan dapat berlalu begitu saja.

3. Sederhana & Mudah Dibaca

banner iklan yang efektif

Banner iklan yang ada halaman website hanya punya beberapa detik untuk mendapatkan perhatian pengunjung sebelum mereka melanjutkan ke bagian halaman lain.

Namun, seringkali pengiklan coba menampilkan sebanyak mungkin informasi ke dalam banner tersebut. Pada akhirnya, audiens bisa kehilangan fokus pada informasi utama yang disampaikan dalam banner tersebut dan hal itu bisa berefek negatif.

Banner iklan yang efektif punya aspek yang sederhana dan mudah untuk dibaca. Tujuannya, agar pengunjung bisa langsung memahami apa yang ingin Anda disampaikan dalam iklan tersebut.

Jadi pastikan Anda Banner Anda:

  • Menggunakan teks singkat dan padat.
  • Membatasi penggunaan elemen gambar atau hiasan yang tidak penting.
  • Tidak perlu menggunakan banyak warna.

4. CTA yang Tepat

banner iklan yang efektif

CTA (Call to Action) merupakan unsur yang paling penting pada banner iklan yang efektif. CTA merupakan ajakan kepada audiens untuk melakukan suatu tindakan.

Menggunakan kalimat biasa seperti “klik di sini” mungkin tidak akan menarik perhatian banyak orang.

Gunakan kata atau kalimat yang lebih spesifik, misalnya “Buy Now” atau “Beli Sekarang” jika Anda ingin mengarahkan mereka untuk membeli.

Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut (seperti mendapatkan leads) dari pengunjung Anda, gunakan kalimat spesifik seperti “Daftar Sekarang.”

Mengapa CTA penting untuk banner iklan Anda? Call To Action menjadi hal utama dalam mencapai tujuan konversi. Melalui CTA Anda dapat meminta audiens melakukan apa yang Anda inginkan.

Jadi, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah penyampaian agar pesan iklan tetap konsisten. Kemudian, kemas CTA agar terasa seperti sebuah ajakan yang menarik. Dalam prakteknya Anda dapat mencoba menggunakan tiga tips berikut ini.

  • Usahakan Call To Action terlihat menonjol dengan warna terang
  • Gunakan warna yang kontras dengan background
  • Buat Call To Action dalam bentuk sebuah tombol

5. Gunakan Gambar/Ilustrasi yang Berkualitas

banner iklan yang efektif

Menggunakan gambar berkualitas dalam desain banner sangat penting karena dapat menambah kesan profesional dan meyakinkan pengunjung.

Seperti apa gambar/ilustrasi yang baik digunakan dalam sebuah desain banner iklan? Berikut adalah beberapa tips tentang apa yang dapat Anda lakukan.

  • Selalu pastikan untuk menggunakan gambar/ilustrasi yang relevan dengan produk maupun jasa.
  • Perhatikan juga kualitas gambar yang digunakan, jangan pasang gambar berkualitas rendah seperti hasil download dari website lain.
  • Resolusi gambar harus tinggi. Jangan gunakan hasil foto amatir, yang membuat gambar terlihat pecah dan tidak jelas.
  • Apabila menggunakan stock foto, gambar maupun ilustrasi, pastikan Anda memiliki izin menggunakan stock tersebut sebelumnya, atau Anda akan digugat karena melanggar lisensi hak cipta karya orang lain.

6. Gunakan Rasa Urgensi

Copywriting dengan rasa urgensi/mendesak dan terbatas merupakan suatu cara untuk memengaruhi tindakan audiens melalui sisi psikologis.

Sebelum mengambil keputusan pembelian produk, calon pelanggan tentu akan berpikir dan membuat pertimbangan terlebih dahulu.

Di sini Anda dapat memengaruhi mereka untuk segera melakukan tindakan, agar mereka segera membeli produk ataupun menggunakan layanan Anda.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam menciptakan bahasa mendesak yang efektif untuk banner iklan Anda.

  • Waktu

Ada banyak kalimat yang yang bisa menciptalkan rasa urgensi yang berkaitan dengan waktu, Berikut beberapa contoh kata yang mendesak untuk segera melakukan tindakan, seperti: Sekarang SaatnyaBesok TerakhirHanya Hari Ini, dan sebagainya.

  • Kelangkaan

Kelangkaan/terbatasnya jumlah produk merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendorong seseorang melakukan tindakan. Jika Anda memiliki produk yang ingin dipromosikan, Anda dapat menambahkan kalimat yang memiliki kesan terbatas seperti Produk TerbatasTinggal 10 ProdukHanya Ada 10 Item, dan lain-lain.

  • Kompetisi

Tak dapat dipungkiri bahwa manusia suka berkompetisi. Memenangkan sebuah kompetisi menjadi gengsi bagi sebagian orang. Karenanya, kalimat mendesak yang terkesan seperti adanya ‘kompetisi’ dapat menjadi cara ampuh jika dipasang pada banner iklan Anda. Contoh kalimat yang bisa Anda gunakan adalah Cepat Sebelum KehabisanKhusus untuk 10 pendaftar pertama, dan sebagainya.

7. Pertimbangkan Penggunaan Animasi

Tampilan Banner iklan yang unik dan interaktif tentu akan terlihat lebih menarik. Akan tetapi, dalam kenyataannya iklan banner animasi/motion graphic tidak selalu menghasilkan konversi yang lebih baik dibandingkan banner statis.

Malah, ada banner iklan dengan animasi yang memerlukan plugin tambahan seperti Adobe Flash atau Silverlight, yang belum tentu didukung oleh semua browser. Jika demikian, banner animasi kemungkinan tidak selalu berjalan sempurna.

Selaian Adobe Flash untuk media interaktif dalam website, ada juga alternatifnya yaitu HTML5.

HTML5 adalah Hyper Text Markup Language yang digunakan untuk membuat konten dinamis murni menggunakan kode. HTML5 sering digunakan untuk membuat iklan banner online, berikut berbagai macam konten website lain.

HTML5 bukanlah software atau program seperti Adobe Flash. Ini adalah bahasa yang digunakan untuk membuat konten, dan relatif baru dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Tetapi untuk penggunaannya, HTML5 memerlukan ketrampilan yang baik dalam coding CSS maupun Javascript.

Jadi, tetap perhatikan penggunaan animasi untuk sebuah banner iklan, apakah format dan ukuran file akhir seperti Flash, GIF, maupun HTML5, dapat benar-benar efektif untuk loading-nya maupun kompatibel disetiap browser pengunjung.

8. Desain Responsif/Mobile Friendly

banner iklan yang efektif

Sebagian besar pengguna internet sekarang ini, mengakses website melalui perangkat mobile. Jumlahnya bahkan meningkat pesat, melampaui pengguna desktop.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan banner iklan yang dapat tampil pada perangkat mobile dengan baik.

Pemilik website memang biasa memasang space iklan pada websitenya, tetapi ada permasalahan yang sering muncul.

Pemilik website sudah mengatur format banner ke ukuran yang tetap, namun ketika dibuka menggunakan perangkat berbeda, tampilannya menjadi tidak karuan.

Anda bisa menggunakan HTML5 sebagai solusi untuk memecahkan masalah ini, membuat iklan banner responsif yang dapat mengadaptasi ukuran dengan baik.

Berikut adalah alasan mengapa HTML5 sangat efektif dalam membuat display iklan yang responsif.

  • Iklan dalam format  HTML mudah untuk diakses dan dibaca pada perangkat apapun.
  • Teks, video, gambar, dan Javascript semua digunakan dalam satu iklan seperti sebuah halaman website.
  • Banner dapat menggunakan script yang dinamis.

Membuat banner responsif memang perlu keterampilan khusus dalam hal coding HTML, CSS maupun Javascript.

Namun, saat ini telah banyak website telah menyediakan pembuatan banner builder yang memudahkan Anda berkreasi menggunakan coding tanpa harus mahir terlebih dahulu.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat