Faktor yang Mempengaruhi SEO On Page dan SEO Off Page

Faktor yang Mempengaruhi SEO On Page dan SEO Off Page

Perbedaan SEO On Page & SEO Off Page - ArtapuriJogja One Solution – Sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan trafik website, SEO (Seacrh Engine Optimization) saat ini cukup banyak diminati pebisnis. Bila Anda adalah salah satu orang yang menjalankan teknik SEO maka Anda perlu mengetahui beberapa hal dan faktor yang mempengaruhi SEO. SEO yang merupakan optimasi website pada search engine ini memang bukanlah sesuatu yang bersifat tetap. Maka dari itu ketika menerapkan SEO, Anda diharuskan untuk selalu melakukan kontrol atau pengecekan pada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perubahannya. Berikut ini faktor yang mempengaruhi SEO on page dna SEO off Page

 

 

11  Faktor yang Mempengaruhi SEO On Page

1. Pemilihan Nama Domain

Nama domain untuk bisnis

Faktor pertama yang bisa mempengaruhi optimasi SEO on page adalah pemilihan nama domain. Jika saat ini Anda ingin membangun website toko online atau company profile, maka usahakan untuk memakai ekstensi domain berbayar yang sudah populer.

Contoh domain populer adalah, .com.net.org.id, atau .co.id yang biasa digunakan oleh perusahaan resmi yang memiliki SIUP sebagai dokumen legitimasi.

Beberapa tahun silam, teknik optimasi KOD (keyword on domain) juga sangat efektif untuk mendongkrak posisi di mesin pencari. Akan tetapi, untuk saat ini strategi tersebut kurang memberikan efek. Pengaruh terbesar justru terasa dari segi user experience dan keunikan brand di search engine.

2.Riset Keyword

riset keyword

Setelah memiliki domain yang tepat, untuk mengoptimalkan SEO On page Anda juga harus memperhatikan pemilihan keyword yang ingin dinaikkan. Lakukanlah riset keyword secara berulang untuk mendapatkan formula konten yang bisa menggeser kompetitor.

Dari hasil riset, keyword kemudian disebar secara natural ke bagian-bagian pilar artikel, misalnya seperti bagian judul, paragraf awal artikel, bagian tengah, dan juga di penutupan.

Dalam pembuatan konten, penulis juga disarankan untuk menggunakan Latent Semantic Indexing Keyword (LSI Keyword) agar tidak terkesan spam dan keyword yang masuk lebih beragam. Belum tau tentang LSI Keyword? Anda bisa membaca ulasannya melalui artikel berikut ini: Apa Itu LSI Keyword?

3.Internal Link

internal link

Salah satu kekuatan optimasi SEO on page yang paling terasa adalah penerapan internal link. Jadi, Anda harus memiliki keyword mapping yang sudah terstruktur dan terencana agar antar artikel bisa saling terkait.

Strategi ini juga bisa digunakan untuk menjaga pengunjung agar semakin betah berlama-lama di dalam website. Alhasil, angka bounce rate menjadi lebih rendah.

4.Kecepatan Website

kecepatan website

Di era digital yang semakin canggih seperti sekarang, pengunjung website tentu akan merasa kecewa jika website Anda masih lemot ketika dibuka. Pihak Google sendiri sejak beberapa tahun lalu sudah menyampaikan jika mereka sangat memperhatikan perihal kecepatan website.

Bahkan, mereka sempat memperkenalkan dua project sekaligus yang bernama Google Accelerate Mobile Pages (AMP Projects) dan GoogleWebLight. Kedua project tersebut saat ini masih berjalan walaupun gaungnya kurang begitu populer bagi pengguna awam.

5.Permalink

Permalink artikel

Percaya atau tidak, permalink artikel atau landing page yang ditulis rapi mayoritas menempati posisi teratas di mesin pencari. Hal ini berkat adanya keyword yang diselipkan ke dalam permalink sehingga lebih menarik dimata web crawler.

Lantas, bagaimana cara membuat permalink yang baik dan benar? Caranya Anda bisa melakukan riset dari permalink yang digunakan oleh kompetitor. Masukkan keyword utama di permalink, dan usahakan panjangnya tidak melebihi 65 karakter agar tidak terpotong.

6. Kualitas Tulisan

konten berkualitas

Nah, poin ini merupakan salah satu faktor penting yang mampu mendongkrak SEO on page suatu website Bayangkan jika Anda menggunakan artikel copy paste atau berkualitas rendah untuk optimasi website. Hasilnya tentu tidak sebagus website yang menggunakan artikel original dengan ide dan pembahasan yang lebih mencerahkan.

 

7.Usia Domain

cara optimasi seo on page dengan usia domain

Walaupun masih menjadi perdebatan di kalangan blogger maupun webmaster, usia domain saat ini masih layak masuk ke dalam salah satu faktor SEO On page. Pasalnya, domain yang sudah berumur otomatis akan lebih mudah terindeks dan terkadang juga sudah memiliki banyak backlink natural dari website lain.

Kendati demikian, faktor ini kurang berpengaruh jika domain yang digunakan hanya sekadar diparkir saja, tanpa adanya aktivitas dalam selama beberapa tahun terakhir.

8.Pemilihan Judul Konten

Perlu diketahui, web crawler menggunakan algoritma yang bertugas untuk meranking website berdasarkan relevansi judul dengan isi artikel. Jadi, sebaiknya Anda menghindari penulisan judul clickbait yang berpotensi menyesatkan pengunjung.

Salah satu kriteria penulisan judul konten yang SEO Friendly adalah dengan memasukkan keyword utama. Selain itu, sahabat Qwords juga bisa membatasi jumlah karakter berdasarkan lebar piksel yang sudah ditentukan oleh Google.

9.Jumlah Kata

Sejak beberapa tahun terakhir, jumlah kata di setiap artikel mendapatkan perhatian lebih di mata blogger maupun webmaster. Banyak orang yang menganggap artikel dengan jumlah kata lebih panjang akan semakin mudah muncul di hasil pencarian.

Sebaliknya, artikel dengan jumlah kata yang sedikit akan kesulitan menembus persaingan di halaman depan.

Lantas, apakah hal tersebut benar?

Sayangnya, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena persaingan di halaman depan search engine ditentukan oleh banyak faktor. Artikel dengan jumlah kata yang panjang mungkin bisa lebih mudah masuk ke halaman depan. Akan tetapi, artikel dengan jumlah kata pendek saat ini juga masih banyak yang bercokol di posisi teratas.

10.Penggunaan Heading / Sub Judul

Mengapa menggunakan sub judul atau heading bisa membantu optimasi SEO on page? SEO on page adalah cara optimasi dengan memperhatikan faktor-faktor internal sehingga subjudul sangat perlu diperhatikan. Alasan lain adalah karena subjudul mampu memudahkan web crawler untuk mengidentifikasi kedalaman konten berdasarkan pembagian heading.

Trend penggunaan heading sendiri semakin massif ketika banyak website mulai menggunakan formula listicle untuk memproduksi kerangka artikel.

11.Pemilihan Template

Template juga menyumbang peran penting dalam optimasi SEO on page. Pasalnya, dengan template yang responsive dan SEO Friendly maka situs Anda akan mendapatkan prioritas di mesin pencari.

Anda tidak perlu bingung ketika memilih template, karena mayoritas template WordPress maupun Blogger saat ini sudah dibangun menggunakan prinsip SEO Friendly.

Namun, jika masih kesulitan, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Bikin.Website yang menyediakan puluhan template responsive, modern, dan SEO Friendly untuk mengakomodir berbagai jenis website.

Faktor rangking off-page SEO

Off-page SEO adalah permainan popularitas website. Dalam menentukan popularitas suatu website, Google menggunakan berbagai faktor.

Kita sudah tahu bahwa backlink adalah faktor yang utama dalam off-page SEO. Tapi tidak sembarang backlink memberikan dampak positif.

Berikut ini merupakan faktor penentu rangking dari luar website.

1. Kualitas backlink

Backlink yang berkualitas memberikan pengaruh yang jauh lebih kuat daripada yang tidak berkualitas. Tapi apa yang menentukan kualitas backlink?

  • Reputasi website
  • Keaktifan website
  • Kesamaan topik
  • Penempatan backlink dalam website
  • Dofollow & nofollow
  • Kesamaan bahasa
  • Umur backlink

Mengenai penempatan, backlink yang memiliki kualitas terbaik ditempatkan di dalam teks. Istilahnya contextual link.

Ini karena Google membaca apa isi teks yang mengelilingi link tersebut dan memutuskan dalam konteks apa link tersebut dipasang. Akibatnya, website anda akan mendapatkan poin untuk keyword tersebut.

2. Anchor text dalam backlink

Anchor text yang digunakan dalam link dibaca oleh mesin pencari sebagai kata kunci. Website anda mendapatkan poin ekstra dalam teks yang digunakan sebagai anchor.

Namun demikian, penggunaan anchor yang sama berulang-ulang tidak akan memberikan dampak positif lagi.

Perlu anda ketahui apabila dalam 1 halaman terdapat 2 link menuju website anda dan keduanya memiliki anchor yang berbeda, maka Google menggunakan anchor pertama.

3. Jumlah backlink

Semakin banyak backlink yang anda dapatkan, semakin baik.

Tapi tidak hanya itu. Kuantitas harus sejalan dengan kualitas. Kalau anda hanya mendapatkan backlink dari website yang tidak memiliki reputasi, ini tidak terhitung sebagai faktor positif.

4. Keragaman backlink

Ada beberapa jenis backlink, salah satunya yang disebutkan tadi yaitu contextual link. Selain itu masih ada lagi seperti blog comment, profile, bio, widget, advertorial, directory, dsb.

Terlalu banyak menggunakan satu jenis backlink tidak akan memberikan efek yang optimal.

Secara logika, kalau kita mendapatkan backlink secara alami maka jenis backlink akan beragam. Inilah mengapa mesin pencari menggunakan keragaman sebagai faktor.

5. Reputasi sosial

Google bisa memahami sentimen dalam setiap komentar. Artinya setiap kali website anda muncul kemudian muncul komentar negatif dari orang lain, akan berdampak buruk.

Demikian pula sebaliknya dengan sentimen positif yang berdampak positif.

6. Aktivitas sosial

Website yang aktif dalam website sosial seperti sosial media dan jejaring sosial berarti populer.

Aktivitas sosial suatu website dapat dilihat salah satunya dengan alat ukur berupa jumlah share ke jejaring sosial. Tapi ingat lagi dengan sentimen positif dan negatif.

7. Faktor personal pengguna

Sejak Google menerapkan personalized search, hasil pencarian dalam keyword yang sama bisa berbeda untuk masing-masing akun Google.

Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • Pernah-tidaknya pengguna mengunjungi suatu website
  • Tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu website
  • Negara dan bahasa
  • Apakah suatu website pernah di-share oleh temannya

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat