Faktor Penyebab Hp Bootloop

Faktor Penyebab Hp Bootloop

Faktor Penyebab Hp Bootloop

Penyebab Bootloop – Kendala memiliki android memang sangat banyak, mulai dari kerusakan fisik hingga software handphone tersebut Kerusakan handphone yang sering terjadi adalah handphone mengalami bootloop. Sebelum anda mendeteksi kerusakan ini, anda harus mengenali terlebih dahulu jenis bootloop dan faktor penyebab bootloop.

Berikut ini beberapa penyebab hp bootloop yang sering terjadi:

1. Memodifikasi Sistem

Memodifikasi sistem sama artinya kita melakukan root pada sistem Android, perlu kalian ketahui bahwa ketika kita membeli ponsel berbasis Android maka kita hanya menjadi user (pengguna) saja bukan menjadi super user. Super user ini mempunyai akses untuk melakukan root pada sistem Android, dia mampu menambah dan mengurangi sistem Android sehingga jika root yang telah dilakukan tidak sepenuhnya berhasil bisa mengakibatkan ketidak setabilan sistem pada Android, akibatnya ponsel kita mengalami bootloop, jadi penulis sarankan untuk berhati – hati dalam melakukan root pada sistem Android, lakukan jika dirasa itu penting dan mendesak , selain itu kita juga harus tau sesifikasi ponsel kita apakah mampu atau tidak jika dilakukan root sistem.

2. Kesalahan Flashing Custom ROM

Flashing custom ROM bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya bootloop pada ponsel Anda. Sebenarnya flashing custom ROM adalah penginstalan pada ROM (Read Only Memory) dengan tujuan melakukan modifikasi dan mengganti isi data pada ROM. Tujuan dari flashing custom ROM adalah ROM dapat mengoptimalkan dan memepercepat dari sistem kerja OS. Hal ini dapat fatal jika dalam melakukan flashing custom ROM mengalami kegagalan dimana terjadi dalvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus namun sudah digunakan oleh sistem baru. Karena keadaan ini akhirnya mengakibatkan bootloop pada ponsel Anda. Sehingga Penulis sarankan untuk berhati – hati dalam melakukan Flashing ROM.

3. Salah Mengatur Permission

Permission adalah hak akses yang dimiliki pada suatu aplikasi dimana agar aplikasi tersebut dapat mengakses beberapa informasi dari ponsel yang kita miliki. Perlu kalian ketahui bahwa pada Android  terdapat banyak informasi personal semisal lokasi, kontak, dan koleksi foto kita pada galeri. Sehingga OS pada Android itu sangat berpengaruh pada permission, jika kita melakukan kesalahan dalam mengatur permission pada sebuah file maka dapat mengakibatkan bootloop. Jadi penulis sarankan berhati-hatilah dan teliti dalam memberikan permission pada suatu file di ponsel Anda.

4. Overclock pada Android

Pada dasarnya ponsel yang berbasis Android sistem kerjanya sama dengan laptop dan PC. Karena dengan kemajuan teknologi sehingga pabrikan-pabrikan sekelas Apple, Samsung, Sony, dan masih banyak lainnya menciptakan ponsel berbasis Android dan iOS dengan spesifikasi yang hampir setara dengan laptop maupun PC. Dengan tujuan memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada user (penggunanya).

Kita sebagai user tidak perlu repot-repot untuk membawa berat laptop atau PC kemanapun kita berada, cukup dalam genggaman semua pekerjaan dan komunikasi dapat kita selesaikan saat itu juga.

Cepat atau lambatnya suatu sistem operasi pada ponsel berbasisi Android dipengaruhi dari prosesornya. Jika ponsel Anda hanya memiliki prosesor dengan kemampuan 1 GHz namun Anda menginginkan lebih sehingga Anda menaikkan prosesornya menjadi 2 GHz dengan alasan agar sistem operasinya menjadi lebih cepat, maka overclock adalah langkah yang sering dilakukan.

Overclock bisa saja dilakukan namun jangan terlalu memaksakan semisal jika Anda ingin meng-overclock dari 1 GHz menjadi 2 GHz. Lakukan setengahnya saja atau seperempatnya saja menjadi 1,2 GHz. Sehingga tidak terlalu memaksakan ponsel Anda. Namun penulis sarankan jangan melakukan overclock biarkan spesifikasi prosesor pada ponsel Anda sama yang dikeluarkan dari pabrikan. Karena hal ini bisa mencegah terjadinya bootloop pada ponsel Anda.

5. Mengubah Isi Script pada Folder Sistem

Mungkin hal ini dianggap sepele dan tidak berdampak pada sistem Android. Bagi Anda pecinta game pasti sudah tidak asing dengan cara semacam ini. Mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dan bertujuan bisa segera menikmati game yang Anda inginkan. Ingat bahwa langkah ini juga bisa mengakibatkan bootloop pada ponsel Anda. Jadi jangan sembarangan mengganti isi script jika ponsel Anda tidak ingin terjadi bootloop.

6. Sering Melepas Baterai

Sama halnya dengan penyebab poin nomer 6 bahwa sering mencopot baterai bisa berdampak pada sistem operasi pada ponsel Anda. Apalagi jika melakukan pencopotan baterai disaat ponsel Anda dalam keadaan menyala. Selain mengakibatkan bootloop hal ini juga sangat berbahaya, diantaranya ponsel Anda mengalami kerusakan pada hardware, mengacaukan kalibrasi pada ponsel, menyebabkan kerusakan data dalam memori eksternal dan internal, dan parahnya adalah ponsel Anda akan mati total. Sehingga hindari langkah mencopot ponsel Anda apalagi dalam keadaan menyala.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat