Fakta Menarik Tentang Python

Fakta Menarik Tentang Python

FAKTA MENARIK TENTANG PYTHON

Pemrograman – Sebelum belajr tentang bahasa pemrograman python, ternyata banyak fakta-fakta menarik python yang perlu diketahui. Bahasa pemrograman baru yang langsung in di kalangan programmer ini memiliki nama yang unik. ‘Python’, sebuah nama yang sebelumnya identik dengan nama ular berbisa ini menarik perhatian banyak orang. Simak fakta-fakta menarik tentang bahasa pemrograman yang satu ini ya.

1. Mengapa dikenal sebagai ‘Python’

Mengapa nama ‘Python’ dan bukan nama lain? Menurut pencipta Guido Van Rossum, nama bahasa ini berasal dari seri komedi Inggris “Monty Python Flying Circus”. Komedi yang ditayangkan di BBC pada tahun 1970-an dan memberi sang pencipta semacam hiburan selama perkembangan bahasa. Juga, Van Rossum menginginkan nama yang pendek, dan misterius. Sesuatu yang akan menarik perhatian semua orang.

2. Python telah menyusul Prancis di sekolah dasar

Pada 2015, Python menyalip bahasa Prancis menjadi bahasa terpopuler yang diajarkan di sekolah dasar. Statistik mengungkapkan bahwa 6 dari 10 orang tua lebih suka anak-anak mereka belajar Python daripada Perancis. Ini hanya menunjukkan bahwa banyak orang menghargai pentingnya pemrograman Python. Hal yang sama berlaku untuk anak-anak. Statistik yang sama mengungkapkan bahwa 75% anak sekolah dasar lebih suka belajar bagaimana mengendalikan robot daripada belajar bahasa Prancis.

3. Python tidak memerlukan kompiler

Sebagai bahasa tingkat tinggi dan ditafsirkan, Python tidak memerlukan kompiler. Tidak seperti Java dan C ++ yang harus dikompilasi terlebih dahulu sebelum ditafsirkan. Untuk Python ini bergantung pada aplikasi yang dikenal sebagai juru bahasa. Kode byte Python disimpan dalam bentuk file .pyc yang kemudian dijalankan oleh mesin virtual yang sesuai. Mesin ini bertindak sebagai mesin run-time dari Python.

4. Python memiliki varian C dan Java

Meskipun merupakan bahasa pemrograman independen, Python memiliki varian untuk bahasa pemrograman C dan Java. Varian C dikenal sebagai CPython dan dirancang untuk memberikan Python keuntungan dari C. Salah satu karakteristik ini adalah dalam hal kinerja. Varian dapat bertindak baik sebagai penerjemah dan sekaligus sebagai kompiler. Varian Java dari Python dikenal sebagai Jython. Jython membawa beberapa aspek kunci Java seperti produktivitas dan memungkinkan mereka untuk berjalan di mesin virtual.

5. Python adalah bahasa open source

Ini berarti bahwa Python memiliki semua fitur bahasa open source dan tidak memiliki lisensi kepemilikan yang mengontrol siapa yang menggunakannya. Sebagai bahasa open source, anggota komunitas Python diizinkan untuk memberikan kontribusi mereka ke ekosistem Python. Itulah 5 dari 10 fakta menarik tentang pemrograman Python.

6. Python adalah salah satu bahasa resmi di Google

Tahukah Kamu bahwa Python adalah salah satu bahasa pemrograman resmi yang digunakan di Google ? Bahasa pemrograman python telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Google berkat efisiensi dan portabilitasnya. Python adalah bahasa yang mudah digunakan bahkan ketika mengembangkan proyek besar dan kompleks. Google Search dan YouTube adalah produk yang diberdayakan oleh Python. Ada juga beberapa Google API yang didasarkan pada pemrograman Python.

7. Python lebih seperti bahasa Inggris

Banyak orang mengatakan bahwa Python mudah dibaca bahasanya. Alasan utama untuk klaim ini adalah Python lebih seperti bahasa Inggris. Anda dapat dengan mudah memahami apa yang dilakukan setiap baris kode. Semuanya lurus ke depan dan langsung ke titik.

8. Python memiliki berbagai macam aplikasi

Anda dapat membangun apa pun yang Anda inginkan menggunakan Python. Bahasa pemrograman Python dapat digunakan untuk pengembangan web, pengembangan aplikasi seluler, AI, machine learning, Big data dan aplikasi IoT (Internet of Things).

9. Python tidak mendukung pointer

Tidak seperti bahasa pemrograman lain, Python tidak mendukung pointer. Sebaliknya, objek dilewatkan dengan referensi.

10. Fungsi membongkar

Ini adalah fakta menarik tentang pemrograman Python. Kamu dapat dengan mudah membongkar daftar semua fungsi yang telah Kamu gunakan.

Nah, tadi 10 fakta menarik tentang python. Jadi tambah tertarik untuk mulai belajar bahasa pemrograman python? Semoga bermanfaat . . .

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat