Evolusi Digital Marketing

Evolusi Digital Marketing

sumber : pintaria.com

EVOLUSI DIGITAL MARKETING

Jogja One Solution – Digital marketing di jaman sekarang ini banyak sekali digunakan. Dengan digital marketing ini adalah cara pebisnis untuk mengenalkan beberapa jasa atau produknya. Lantas bagaimana digital marketing ini ada? Berikut adalah ulasan mengenai evolusi digital marketing.

Baca juga : Yuk Belajar Internet Marketing

Era 1980an

Meskipun euforia dunia digital baru terasa beberapa tahun belakangan, nyatanya sejarah mencatat bahwa dunia digital marketing mulai lahir pada tahun 1980an. Hal ini ditandai dengan diluncurkannya komputer personal (PC) pertama oleh IBM pada tahun 1981 disusul standarisasi SQL oleh Badan Standarisasi Nasional Amerika Serikat (ANSI) pada tahun 1986.

Tentunya komputer yang ada saat itu juga masih sangat sederhana dan terbatas. Jangan dulu membayangkan proses transfer data secara digital, kapasitas penyimpanan terbesar yang bisa dimiliki kompuer sampai tahun 1989 saja hanya mencapai 100 MB.

Meskipun begitu kemunculan komputer pada era 1980an memberikan peran penting bagi dunia marketing secara umum. Dengan dijualnya komputer, hubungan antara perusahaan dan pembeli pun mulai mengalami perubahan. Jika sebelumnya perusahaan sebatas menghasilkan produk yang bisa mereka buat, mulai tahun 1980an perusahaan mulai berpikir untuk menyediakan produk yang benar-benar diinginkan oleh para calon pembeli.

Perubahan paradigma ini sekaligus menjadi batu loncatan penting dalam revolusi penjualan teknologi pada era 1990an. Sedikit demi sedikit pengguna komputer semakin banyak dan tidak terbatas pada kalangan militer saja. Hasilnya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi pun melesat dengan sangat cepat.

Baca juga : Kenali Strategi Internet Marketing

Era 1990an

Barulah pada tahun 1990 istilah digital marketing diperkenalkan untuk pertama kalinya dihadapan publik. Kala itu diciptakan sebuah mesin pencari yang bernama Archie. Kehadiran Archie memicu sistem pengumpulan informasi yang lebih rapi hingga lahirlah World Wide Web (www) pada tahun 1991.

Kemunculan Archie dan World Wide Web membuat orang-orang semakin tertarik dalam mengeksplorasi dunia maya. Hasilnya hanya dalam waktu 2 tahun sebuah banner iklan online berhasil dibuat. Apabila di-klik, kita akan langsung berpindah ke laman promosi produk-produk tertentu.

E-commerce pertama di dunia pun lahir setahun kemudian dengan nama Yahoo! tepat pada tahun 1994. Yahoo! menjadi tempat belanja online pertama bagi 16 juta pengguna internet yang ada di masa itu. Tentu Anda bisa membayangkan bukan bagaimana keuntungan yang Yahoo! peroleh pada masa itu?

Google sendiri baru dilahirkan pada tahun 1998 bersamaan dengan kemunculan MSN milik Microsoft. Tetapi disaat bersamaan Yahoo! juga merilis portal mesin pencari miliknya sendiri sehingga Yahoo! masih menjadi primadona bagi setiap orang di masa itu.

Pada era 1990an ini juga para perusahaan mulai menyadari kalau mereka bisa menggunakan dunia digital untuk mendapatkan data yang sebanyak-banyaknya. Sayangnya mereka belum bisa menggunakan data tersebut untuk bisa meningkatkan keuntungan.

Hingga akhirnya muncullah perusahaan salesforce.com pada tahun 1999. Perusahaan tersebut menjalankan konsep Software-as-a-Service (SAAS) dimana mereka memproduksi software sebagai sarana penyedia layanan bagi pengguna. Merekalah yang pertama kali memproduksi software untuk mendapatkan keuntungan dan hal tersebut masih terus berlanjut sampai sekarang ini.

Baca juga : 10 Kelebihan Metode Internet Marketing

Era 2000an

Pada era inilah perkembangan yang eksponensial pada dunia digital marketing terjadi. Berbagai layanan online dengan berbagai kebutuhan pun lahir pada era ini. Sebut saja misalnya LinkedIn, WordPress, Gmail, Facebook, Youtube, Amazon, hingga Spotify dan WhatsApp.

Kemajuan pesat juga muncul dari dunia hardware. Jika sebelumnya pasaran gadget dikuasai oleh Nokia dan Motorola, pada era ini tren tersebut berganti menjadi Samsung, Blackberry, dan iPhone. Perkembangan ini terjadi begitu cepat dan inovasi terus bermunculan silih berganti di setiap harinya.

Perilaku setiap orang di dunia digital pun mulai berubah. Calon pembeli jadi tidak perlu repot-repot mendatangi toko barangnya secara langsung tetapi cukup melalui ponsel genggam masing-masing. Transaksi memang belum dilakukan secara online, tetapi proses pencarian dan pemilihan produk sudah aktif dilakukan via teknologi dunia digital. Jika sudah menemukan produk yang dirasa cocok, para calon pembeli akan menghubungi salesperson yang tersedia lewat fasilitas telepon.

Harus diakui juga bahwa pada masa ini perusahaan-perusahaan marketing yang ada sempat sangat kewalahan dengan perubahan tren yang teramat cepat. Tercatat baru pada tahun 2007 muncul strategi marketing automation yang dirilis oleh perusahaan marketing raksasa seperti Marketo, Pardot dan Act On di Eropa dan Amerika.

Strategi marketing automation ini memungkinkan setiap penjual melakukan kampanye marketingnya pada beberapa channel yang berbeda secara sekaligus. Klasifikasi audiens berdasarkan kelompok umur, usia atau ketertarikan juga muncul berkat strategi ini. Sehingga bisa dikatakan bahwa inilah teknologi marketing pertama yang diciptakan bagi para penjual di dunia digital.

Hal yang belum menjadi fokus marketing pada era ini adalah pemanfaatan sosial media. Pasalnya masih ada semacam paradigma ‘pemisahan fungsi’ dari layanan-layanan digital yang sudah ada. “Jika memang dibangun untuk membuat jaringan pertemanan, maka jangan gunakan itu sebagai tempat berjualan,” begitu kira-kira intinya.

Baca juga : Trik Membuat Konten Marketing Bisnis B2B

Era 2010an

Kemunculan WhatsApp pada tahun 2010 memang sangat memengaruhi tren dunia digital hingga bertahun-tahun kedepan. Google pun bergerak cepat dengan merilis platform media sosialnya sendiri yang diberi nama Google+. Yahoo! pun tidak mau kalah dengan mengakuisisi Tumblr pada tahun 2013 meskipun akhirnya harus bangkrut pada awal 2017 kemarin.

Raksasa facebook juga tidak ingin ketinggalan dengan menggencarkan layanan facebook ads dengan kehebatan bank data yang mereka miliki. WhatsApp pun berhasil diakuisisi pada tahun 2014 oleh perusahaan milik Mark Zuckerberg itu. Hal ini menunjukkan betapa intensnya persaingan yang terjadi dalam dunia digital pada era ini.

Secara statistik, aktivitas dalam dunia maya memang telah mencapai puncaknya. Terhitung pada tahun 2014 setiap orang di Amerika setidaknya menghabiskan 11 jam hanya untuk online dalam sehari semalam. Dua per tiga pengguna di seluruh dunia juga secara rutin mengecek ponselnya meskipun tidak ada notifikasi yang masuk. Fakta ini membuktikan secara jelas bahwa kemajuan teknologi hari ini telah membuat orang-orang sangat aktif di dunia maya bahkan terkadang bisa melebihi aktivitasnya di dunia nyata.

Dunia marketing secara keseluruhan pun harus berevolusi menanggapi kemajuan yang sangat cepat ini. Sebagai contoh nama baik suatu perusahaan kini sudah bisa dipertaruhkan hanya dari media sosialnya. Bila media sosialnya terus menerus aktif, berarti perusahaannya juga selalu aktif. Tetapi bila media sosialnya tidak terurus, sudah pasti image yang melekat pada perusahaan tersebut juga kurang baik. Anda pun pastinya sudah cukup sering melihat berita pencorengan nama baik suatu perusahaan hanya lewat postingan di media sosial bukan?

Rekam jejak evolusi ini bisa mulai membawa kita kepada satu kesimpulan sederhana: jika ingin bisnis yang Anda jalankan bisa tetap eksis di masa depan, tidak ada pilihan yang lebih baik selain menghadapi dunia marketing tersebut dengan segala persiapan yang bisa dilakukan. Persiapan ini bisa Anda mulai dengan memprediksi akan jadi seperti apa dunia digital marketing di masa yang akan datang.

sumber artikel : https://indonesiago.digital/

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat