Enam Langkah Wajib UMKM Supaya Siap Go Online

Enam Langkah Wajib UMKM Supaya Siap Go Online

Enam Langkah Wajib UMKM Supaya Siap Go Online

Jogja One Solution – Strategi pemasaran modern tidak hanya sebatas promosi offline, tapi juga sudah meliputi ranah digital demi menjangkau lebih banyak konsumen. Go online merupakan sebuah langkah memasuki dunia internet untuk memperluas jangkauan pemasaran. Langkah ini sangat penting dilakukan oleh para pegiat bisnis UKM mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan. Dengan go online tak ada lagi sekat yang membatasi interaksi antara konsumen dan pedagang, begitu juga soal transparansi harga. Berikut ini enam langkah wajib untuk UMKM supaya siap go online:

1. Mendaftar Alamat di Google Maps

Google Maps secara de facto telah menjadi rujukan utama orang-orang untuk mencari dan menemukan lokasi atau alamat sebuah tempat.

2. Membuat Akun Media Sosial

Media sosial adalah sebuah wadah yang mampu mempertemukan orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Kalau Google Maps mampu mengantarkan orang ke alamat fisik bisnis Anda, maka media sosial bisa berperan sebagai semacam curriculum vitae yang bisa memperkenalkan profil usaha Anda secara global ke seluruh dunia.

Berdasarkan basis penggunanya, Facebook, Instagram dan Twitter adalah media sosial terbesar dan paling strategis untuk menampung profil usaha Anda.

3. Membuat Akun Marketplace

Marketplace adalah gerai atau lapak digital, tempat orang-orang di era Revolusi Industri 4.0 ini berjualan dengan aman dan nyaman. Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli saat ini menjadi marketplace paling populer di Indonesia.

4. Mendaftarkan Nama Domain

Hanya dengan mengetikkan alamat berupa kata, frasa atau susunan huruf yang mewakili brand bisnis Anda, orang akan diantarkan ke halaman tertentu yang berisi informasi lengkap tentang bisnis Anda.

Mendaftarkan nama domain adalah the next level yang akan meningkatkan branding dan positioning bisnis Anda.

5. Email Dengan Nama Domain Sendiri

Meskipun Whatsapp telah menjadi media komunikasi massal paling utama yang menggantikan fungsi SMS, Email tetap memiliki fungsi penting dalam komunikasi, khususnya dalam dunia bisnis.

Melalui email, Anda bisa mengirimkan dokumen-dokumen penawaran, kerjasama, tagihan, dan seterusnya, dalam jumlah yang besar dan dengan kualitas redaksional yang baik. Email adalah media resmi untuk berkorespondensi secara formal antar institusi.

Setelah mendaftarkan nama domain, tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak reputasi brand bisnis Anda adalah dengan membuat email dengan nama domain sendiri.

Saat ini tersedia banyak platform yang bisa memfasilitasi pembuatan email dengan nama domain sendiri.

6. Membuat Website

Website adalah media paling utama yang akan dan bisa mengerek citra bisnis Anda ke level profesional. Melalui Google Maps, Media Sosial, Domain, dan Email, Anda bisa menjangkau banyak calon pelanggan.

Ketika Anda membuat website, Anda sedang membangun rumah atau kantor digital yang akan mengangkat derajat brand bisnis Anda secara signifikan. Orang tidak lagi memandang Anda sebagai pebisnis rumahan, tetapi akan mengenali Anda sebagai seorang profesional yang berbisnis dengan visi yang luas, holistik, dan berorientasi masa depan.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat