Elemen Penting saat Desain Web

Elemen Penting saat Desain Web

Elemen Penting saat Desain Web

Buat kalian yang baru memulai membuat sebuah website pastinya kalian bingung, apa saja sih elemen penting saat kita mendesain sebuah website ?. Kalian tidak perlu takut karena tidak jago koding untuk membuat tampilan web yang memikat. Kalian hanya perlu memastika apakah elemen penting dalam web anda sudah ada. Karena itu akan membuat peringkat kita menjadi tinggi. Berikut adalah beberapa elemen penting yang harus ada saat mendesain sebuah web.

Layout

Saat kalian membuat layout, kalian harus memperhatikankeseimbangan susunan elemen. Buatlah susunan dan aliran informasi yang mudah diikuti pembaca. Susunlah elemen mulai dari paling penting ke penting sampai kurang penting. Letakkan main post disebelah kiri sedangkan sidebar disebelah kanan.

White Space

White space atau ruang kosong berfungsi sebagai separator untuk elemen desain, memberi fokus terhadap elemen yang ditonjolkan, memberi kesan desain yang lebih clean, dan Meningkatkan keterbacaan teks. Buatlah white space diantara satu elemen dengan elemen lainnya. White space juga termasuk jarak antarbaris dan antarparagraf dalam body text.

Jenis Huruf

Gunakan maksimal 2 jenis huruf didalam satu situs web. Jenis huruf sans serif yang biasa digunakan dan baik untuk layar. Menggunakan google font mungkin bisa membantu kalian untuk memilih huruf. Gunakan ukuran misalnya 12px untuk body text, 10px untuk snippet pada sidebar, 8px or 9px untuk footer.

Pilihan Warna

Buat kalian yang bingung memilih warna, kalian bisa menggunakan warna muda untuk latar dan warna tua untuk teks. Hindari menggunakan warna-warna primer untuk latar. Jangan sampai warna latar lebih rame dari konten yang kalian buat.

Laman “About us”

Laman “about us” harus ada saat kalian mendesain web. Karena akan mmperkenalkan diri atau perusaan kalian dan memperkenalkan jasa/produk yang kalian miliki. Letakkan laman :about us” di navigasi agar pembaca mudah menemukan.

Laman kontak

Laman kontak harus ada dalam website kalian. Karena berpengaruh terhadap autoritas. Laman kontak akan mempermudah pembaca untuk menghubungi kalian pemilik website.

Footer yang Informatif

Footer baisanya berisi tentang pengulangan informasi bisa saja tentang tambahan informasi berupa sitemaps, copyright, atau informasi lain yang memudahkan pembaca.

Navigasi

Navigasi seperti denah atau petunjuk jalan yang mempermudah pembaca untuk mencari kategori konten atau produk yang diinginkan. Letakkan navigasi ditempat yang mudah ditemukan contoh saja dibagian paling atas layout.

Tombol Search

Letakkan tombol search ditempat yang mudah dilihat oleh pembaca, biasanya diletakkan disebelah navigasi atau dibawah header. Biasanya menggunakan tombol berupa huruf atau simbol.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat