Domain Gratis yang Bisa Dipakai untuk Membuat Website

Domain Gratis yang Bisa Dipakai untuk Membuat Website

Domain Gratis yang Bisa Dipakai untuk Membuat Website

10 Situs Penyedia Domain GratisJogja One Solution – Banyak orang mencari cara membuat website gratis. Anda mungkin adalah salah satunya dan untungnya Anda tidak sedang salah tempat. Artikel ini akan membantu Anda buat web gratis.  Website memang bisa membuat apapun yang Anda lakukan tampak lebih meyakinkan. Entah Anda seorang freelance fotografer, graphic designer, penulis artikel atau blogger, pengusaha, sampai dengan pebisnis kuliner. Website bisa membuat Anda semakin serius, profesional, dan wah! Apalagi kalau itu semua dicapai tanpa mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis. Berikut ini domain gratis yang bisa dipakai untuk membuat website, yuk simak artikelnya.

Namun, berapa perkiraan harga domain?

Sebelum itu, kamu harus tau, ada beberapa jenis generic top-level domain (gTLD) yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu:

  • .com: biasa dipakai untuk keperluan komersial atau perusahaan. Harga per tahun: Rp145 ribu.
  • .org: biasa dipakai oleh website organisasi. Harga per tahun: Rp190 ribu.
  • .biz: biasa dipakai untuk keperluan bisnis. Harga per tahun: Rp260 ribu.
  • .name: bisa dipakai untuk keperluan website profil pribadi. Harga per tahun: Rp150 ribu.
  • .id: cocok dipakai jika target pasarmu adalah orang Indonesia. Harga per tahun: Rp250 ribu.

Untuk informasi harga domain yang lebih lengkap, kamu bisa cek disini.

Selain harga domain, kamu juga masih perlu mempertimbangkan harga hosting untuk membuat website. Tapi tak perlu cemas. Jika kamu ingin mencoba membuat website tanpa mempedulikan kredibilitas, ada beberapa domain gratis yang bisa kamu coba.

Domain Gratis untuk Membuat Website

Berikut ini ada beberapa domain gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat website. Domain gratis berikut berasal dari beberapa country code top-level domain (ccTLD). Kalau kamu belum tau apa itu country code top-level domain atau general top-level domain seperti yang telah disebutkan di atas, pelajari dari sini, ya!

  • .tk

Domain .tk adalah salah satu domain gratis yang bisa kamu gunakan untuk melakukan eksperimen untuk website. Nama .tk adalah singkatan dari Tokelau, daerah di sekitar Selandia Baru. Domain ini cocok kamu gunakan sebagai simulasi website, karena .tk hanya dapat menerima jumlah traffic di website yang tidak terlalu tinggi.

  • .ml

Domain gratis yang satu ini berasal dari salah satu daerah di Afrika Barat, yaitu Mali. Karena gratis, mau tak mau domain .ml mempunyai batasan tertentu, seperti jumlah traffic yang terbatas, nama domain yang terbatas, serta kredibilitas yang kurang meyakinkan. Namun demi fungsinya untuk melakukan eksperimen pada website, ekstensi domain ini masih bisa kamu gunakan.

  • .ga

Sama seperti Mali, .ga juga berasal dari benua yang sama, Afrika, tepatnya dari daerah Gabon. Penggunaan domain ini bisa berbayar jika menggunakan jenis domain spesial, yaitu domain yang mempunyai jumlah huruf sedikit sehingga lebih mudah diingat. Harga yang dibanderol untuk domain spesial ini sekitar US$ 6.95 per tahun atau sekitar Rp100 ribuan.

  • .cf

Nama .cf adalah singkatan dari Central African atau Afrika Tengah. Sama seperti domain gratis lainnya, .cf juga mempunyai batasan tertentu. Kamu juga bisa membeli domain .cf jika ingin menggunakan nama domain premium. Tapi jika target sasaranmu adalah pengunjung website dari Indonesia, yakin kamu ingin membelinya?

  • .gq

Berdasarkan informasi dari freenom.com, domain gratis yang berasal dari Guinea Ekuator (Equatorial Guinea) ini juga menyediakan domain spesial yang dibanderol dengan harga sama dengan tiga ekstensi domain lainnya, kecuali .tk. Pasalnya, jika ekstensi domain lain dapat dibanderol seharga US$ 6.95, .tk mungkin bisa lebih mahal.

Setelah mengetahui apa saja domain gratis yang bisa kamu pakai, ada baiknya kamu mengetahui juga kelebihan dan kekurangan domain gratis. Kelebihannya, tentu kamu tak perlu memikirkan biaya tambahan untuk domain jika kamu hanya ingin mencoba membuat website yang tak memerlukan kredibilitas atau menduduki peringkat SEO. Selain itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan website gratis yang kamu miliki dengan jangka waktu sesuai hosting yang kamu sewa.

Namun di sisi lain, ada juga beberapa kekurangan yang sebaiknya kamu hindari. Misalnya, kamu akan sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain jika website-mu berakhiran domain gratis di atas sehingga website-mu tidak kredibel. Selain itu, jika kamu menggunakan layanan hosting selama satu bulan, apakah kamu yakin waktu tersebut cukup untuk mengutak-atik seluruh website?

Meski gratis, tapi kelima domain tersebut mungkin hanya cocok jika kamu gunakan sebagai website simulasi saja. Kalau kamu mau mempunyai website yang lebih kredibel dan dikenal oleh Google Bot, mau tak mau kamu harus menggunakan domain berbayar. Tapi di Dewaweb, kamu bisa mendapatkan domain berbayar secara gratis! Mau tau caranya? Simak langkah berikut.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat