Distro Linux Terbaik Untuk Laptop dan Desktop

Distro Linux Terbaik Untuk Laptop dan Desktop

Distro Linux Terbaik Untuk Laptop dan Desktop

6 Distro Linux Stabil dan Terbaik Pengguna Laptop dan PCJogja One Solution –  Linux adalah sistem operasi open source yang sangat populer dan ini bisa menjadi alternatif dari sistem operasi Windows yang dijamin lebih aman, bebas dari gangguan virus yang menyebalkan dan tentunya gratis untuk Anda gunakan daripada Anda menggunakan sistem operasi Windows bajakan. Selain itu, linux juga merupakan sistem operasi yang sangat populer untuk menjalankan server. Dan kebanyakan server hosting dibangun diatas linux. Berikut ini distro linux terbaik untuk laptop dan desktop

Distro Linux Terbaik

Selama ini Anda mungkin hanya kenal sistem operasi Windows. Mmemang sistem operasi itu dikenal sangat bersahabat untuk lingkungan kantor. Tapi jika Anda akan melakukan aktivitas yang cukup rumit maka harus menggunakan Linux. Sebab dengan menggunakan Linux, Anda bisa menyesuaikan OS apa yang akan digunakan dengan memilih distro Linux terbaik. Bahkan sampai saat ini ada 300 lebih distro Linux yang bisa Anda gunakan.

Setiap distro memiliki keunggulan tersendiri dan harus dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Distro Linux Terbaik Laptop

Distro Linux Terbaik Laptop

1.  Manjaro Linux

Ini merupakan distro Linux yang open-source dan sangat mudah sekali Anda pelajari untuk masalah penggunaanya. Distro ini memang dibuat agar digunakan langsung pada luar kotak dan bisa memanfaatkan beberapa macam software pre-installed.

Keunggulan distro Linux ini yaitu mempunyai dukungan hardware yang sangat luar biasa. Hal itu karena ada hardware detection manager di dalamnya.

2.  Ubuntu

Distro Linux selanjutnya yang tidak perlu diragukan untuk laptop Anda adalah Ubuntu. Bahkan ini menjadi distro Linux yang sangat terkenal sekali dikalangan para pengguna laptop.

Kemudian yang paling penting Anda bisa memilikinya dengan gratis, cenderung ringan dan juga banyak driver. Ubuntu juga dikenal mampu menerima banyak hardware yang tersambung ke laptop. Karena sebenarnya rata-rata pabrikan memberikan driver Ubuntu.

3.  Elementary OS

Selanjutnya ada Elementary OS yang sebenarnya menggunakan distribusi dengan basis Ubuntu. Anda juga menerima desktop environment kustom dengan indah atau dinamakan dengan Pantheon.

Elementary OS merupakan sistem operasi yang kuat dan Anda bisa mendapatkan apa saja didalamnya. Anda juga tidak perlu khawatir jika laptop yang digunakan kelas low-end, karena para pengembang membuatnya sangat ringan dan efisien.

Sehingga bisa beroperasi dengan baik pada laptop dengan rincian spesifikasi menengah ke bawah.

Distro Linux Terbaik Desktop

Distro Linux Terbaik Desktop

1.  Ubuntu

Distro Linux ini dikenal karena user interfacenya sangat ramah bagi para pemula, terutama untuk desktop. Layaknya untuk penggunaan lain, bagi desktop Ubuntu termasuk sangat ringan sekali dan tidak akan membebani kinerja.

2.  Solus

Selanjutnya ada juga Solus yang termasuk baru dibandingkan distro Linux yang lain. Meski pengembangan dari awal dan bukan turunan, Solus sudah memiliki repository yang cukup besar. Banyak sekali software yang bisa Anda gunakan.

Keunggulan distro Linux ini mampu memperbarui diri tanpa install ulang atau disebut Rolling Release.

3.  Debian

Membahas masalah desktop maka juga tidak lepas dari Debian. Ini menjadi basis rata-rata distro Linux. Sehingga tidak heran juga menjadi distro Linux terbaik untuk desktop.

Uniknya lagi ada tiga pilihan yang disesuaikan dengan keinginan Anda yaitu Stable, Testing dan Unstable.

Distro Linux Terbaik Programmer

Distro Linux Terbaik

1.  Debian Linux

Ini dikenal juga sebagai sistem operasi induk dari keseluruhan distro Linux. Datang dengan paket yang banyak. Semuanya dimaksimalkan agar bisa lebih stabil lagi. Pada setiap pilihan paket itu, Anda bisa mempelajarinya lewat sebuah tutorial.

Distro Linux  ini sangat cocok dan juga pas untuk melakukan pemrograman sistem dari segala tingkatan. Meskipun sedikit sulit bagi Anda yang baru mempelajari dunia pemrograman.

2.  Fedora

Ada juga Fedora yang menjadi distro Linux open-source yang mendapat dukungan Red Hat Inc. Keunggulannya adalah mampu melakukan konfigurasi dan memperbarui sendiri secara otomatis. Dari situlah Fedora bisa diandalkan untuk pemrograman.

3.  Raspbian

Raspbian OS merupakan distro Linux yang dikhususkan untuk kustomisasi bagi para pemula. Sehingga Anda bisa melakukan pemrograman dalam upaya mengatasi tugas pemrograman lebih mudah lagi.

Distro Linux ini punya banyak alat untuk bidang pemrograman seperti Greenfoot, Node-RED, Python, Mathematica dan masih banyak lagi.

Distro Linux Terbaik Server

1.  Ubuntu

Distro Linux pertama yang terbaik jika Anda ingin membangun server adalah Ubuntu. Memang Ubuntu memiliki keunggulan utama yaitu memiliki software yang sangat banyak. Semua software itu juga bisa Anda manfaatkan untuk server.

Selain itu juga ada banyak sekali server yang bisa Anda kembangkan lewat Ubuntu seperti email, media, game dan lain-lain.

2.  Debian

Distro Linux ini sudah cukup tua, namun masih bisa digunakan untuk banyak hal termasuk masalah server. Sistem operasi ini dikenal karena lebih stabil dan cocok untuk Anda yang ingin membangun sebuah server.

Di dalamnya ada tiga pencabangan yaitu Unstable, Testing dan juga Stable.

3.  OpenSUSE

Selanjutnya ada OpenSUSE yang sebelumnya memiliki nama SUSE Linux. Disto Linux ini memang dibuat bagi para pegembang dan sistem adminidtrasi untuk menjalakan server secara mandiri. Anda bisa dengan mudah melakukan penginstalan dan pengkonfigurasian ketika menggunakan OS ini.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat