Distro Linux Terbaik di Tahun 2018

Distro Linux Terbaik di Tahun 2018

Linux merupakan sistem operasi open-source yang telah banyak digunakan oleh banyak pengguna dari berbagai penjuru negara. Sistem operasi (OS) yang dapat didownload dan digunakan secara gratis ini kerap menjadi alternatif dari Windows dan MacOS yang merupakan produk berbayar. Linux adalah OS yang dibangun berdasarkan Unix yang mulai terkenal pada akhir 1970 an. Sejak itu, OS ini telah diadopsi oleh berbagai pengembang perangkat lunak, yang akhirnya terbentuklah suatu distribusi linux atau distro. Linux distribution, atau biasa disingkat Distro, adalah sebutan untuk suatu OS di suatu komputer, termasuk aplikasinya, yang menggunakan kernel Linux. Artikel ini adalah rangkuman dari distro linux terbaik untuk tahun 2018, mulai dari distro untuk pemula atau penggguna baru sampai dengan niche-based distro.

Berikut ini merupakan distro linux terbaik di thun 2018 :

Elementary OS

ElementaryOS pertama kali dirilis pada 2011 lalu, yaitu ElementaryOS 0.1 (Jupiter) yang berbasis Ubuntu 10.10. Project ini awalnya bermula sebagai theme dan aplikasi untuk Ubuntu, namun akhirnya merubah menjadi Linux distro tersendiri dengan mengusung user-interface yang sangat mirip dengan macOS.

Elementary OS

Distro ini merupakan distro linux yang memiliki tampilan yang sangat menyejukkan mata, dengan gaya tampilannya yang hampir sama dengan MacOS. Yang membuat tampilan distro ini sangat bagus adalah desktop environment (DE) yang dipakai. Distro ini menggunakan DE yang disebut Pantheon, yang dikembangkan berdasarkan DE Gnome.

Baca Juga :

Saatnya beralih menggunakan Linux !! Inilah alasannya

Perkembangan Teknologi

Versi terbaru dari Elementary OS diberi nama Loki, yang sedikit lebih bagus dan lebih rapi dibanding pendahulunya Freya. Distro ini memiliki aplikasi installer UI yang disebut AppCenter. Jadi, pengguna dapat dengan mudah menginstall aplikasi tanpa menggunakan terminal. AppCenter ini menjadi sangat berguna untuk Elementary OS karena distro ini tidak banyak memiliki aplikasi pre-install di dalamnya.

Kalian dapat men-download Elementary OS melalui halaman resminya.

Linux Mint

Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux, yang dirancang untuk bekerja pada banyak sistem modern, termasuk umumnya komputer x86 dan x64. Dirilis pertama kali tanggal 27 Agustus 2006 oleh pencetus proyek Clement Lefebvre. Rilis pertama distro ini kurang mendapat perhatian, karena versinya masih tahap beta dan tidak pernah dirilis dalam versi yang lebih stabil sehingga distro ini kurang dikenal. Setelah kemunculan Linux Mint 2.0 “Barbara” beberapa bulan kemudian, Linux Mint mulai mendapat perhatian dari kalangan komunitas Linux. Dengan adanya komunitas tersendiri bagi pengguna Linux Mint, distro ini merilis beberapa versi yang boleh dikatakan sukses pada rentang 2006-2008.

Linux Mint

Kalian dapat mendownload empat varian dari Linux Mint versi 18.3, yang masing-masing menggunakan DE yang berbeda. DE Cinnamon saat ini merupakan yang paling populer, namun kalian juga dapat memilih DE MATE yang lebih mendasar, atau DE Xfce.

Baca Juga :

Konten Website Menarik

Website Bermutu dan Berkualitas

Ada juga versi KDE Linux Mint 18.3 yang menggunakan DE Plasma. Versi terbaru ini hadir dengan Software Manager yang dilengkapi dengan aplikasi unggulan seperti Spotify, Skype dan WhatsApp.

Semua DE yang ditawarkan di Linux Mint ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi, kalian disarankan untuk mendownload beberapa dan melakukan boot melalui Live CD sebelum menginstalnya untuk melihat mana yang terbaik.

Linux Mint dapat didownload melalui halaman ini.

Arch Linux

Jika kalian ingin mencoba distro Linux yang kurang user-friendly, Arch Linux adalah pilihan yang tepat. Arch memungkinkan kalian untuk menyesuaikan build kalian sendiri menggunakan terminal untuk mendownload dan menginstal paket perangkat lunak. Dengan terminal, pengguna dapat memilih paket mana yang ingin diinstall dan mana yang tidak untuk menghemat storage. Opsi ini sangat berguna bagi pengembang dan mereka yang menggunakan komputer low-end.

Arch Linux

Seiring berkembangnya waktu, sekarang juga sudah tersedia versi dari Arch Linux yang diberi nama Antergos dengan tampilan yang lebih user-friendly. Antergos ini hadir dengan driver dan aplikasi pre-install yang lebih banyak, dan juga beberapa tambahan di bagian DE untuk memudahkan pengguna mengganti tampilan dari sistem Antergos ini. Tujuan dibangunnya Antergos sendiri ialah untuk memudahkan pengoprasian fitur-fitur Arch Linux sendiri mulai dari awal install sampai dengan setelahnya.

Baca Juga :

Bocoran Tentang OS Fuchsia, OS Baru Pengganti Android Buatan Google

Penerapan IoT (Internet of Things) dalam bidang Kesehatan Medis.

Installer grafis Antergos dapat memandu pengguna mempersiapkan proses instalasi dan mengarahkan booting ke dalam DE Gnome 3. Antergos juga bisa menggunakan DE Cinammon, MATE, KDE dan Xfce sesuai selera. Namun, Antergos tidak dibekali dengan office suite yang dapat diinstall melalui package manager dari Arch yang terkenal dengan nama pacman.

Kalian dapat mendownload Arch di sini, dan Antergos di sini.

Ubuntu

Ubuntu adalah sebuah sistem operasi dan distribusi Linux berbasis Debian yang gratis dan open-source. Ubuntu dibangun dengan menggunakan infrastruktur Debian dan terdiri dari server, desktop, dan sistem operasi Linux.

Sejak dirilis, Ubuntu menjadi favorit banyak orang karena sistem operasi ini mudah diinstall dan digunakan. Lingkungan desktop (desktop environment) default untuk Ubuntu dikenal dengan nama Unity, sebuah desktop environment yang memiliki tool pencarian yang kuat untuk mencari semua aplikasi dan dokumen Anda. Lingkungan desktop ini juga berintegrasi dengan aplikasi lain seperti audio player, video player, dan social media.

Ubuntu 16.10

Versi baru Ubuntu dirilis setiap enam bulan sekali. Pada saat artikel ini ditulis, Ubuntu telah dirilis sampai versi Ubuntu 17.10. Setiap tahun, Canonical, yang merupakan pengembang Ubuntu, merilis versi Ubuntu LTS (long-term service). Versi ini menjamin pengguna lima tahun security dan general maintenance update. Jadi, pengguna dapat terus menggunakan Ubuntu tanpa perlu melakukan upgrade penuh setiap beberapa bulan sekali. Untuk versi non-LTS, security dan maintenance update-nya hanya diberikan selama satu tahun sejak tangal rilis.

Baca Juga :

Pengertian Arduino Car dan Bahan Untuk Pembuatannya

Plugin WordPress 2019

Versi LTS Ubuntu (16.04) menggunakan antarmuka DE Unity miliknya sendiri, yang mungkin kurang familiar bagi pengguna Windows dan MacOS. Namun, rilis terbaru Ubuntu (17.10) menggunakan DE Gnome 3.

Ada banyak variasi Ubuntu yang menggunakan DE yang berbeda. Salah satunya adalah Lubuntu, yang menggunakan DE minimal yang berdasarkan LXDE. Varian ini dibuat untuk meringankan kinerja perangkat dari DE Unity yang memakan banyak proses CPU dan Grafis.

Ubuntu dapat didownload dari halaman ini, dan Lubuntu melalui halaman ini.

Kali Linux

Buat para pecinta jaringan dan hacking tentu udah nggak asing lagi dengan BackTrack kan, yaitu sebuah distro Linux yang dibuat khusus untuk tujuan penetration dan testing keamanan sebuah sistem jaringan. BackTrack merupakan sebuah tools yang sangat powerful untuk itu. Banyak sekali senjata-senjata hacking yang sudah siap pakai di BackTrack. Rilis terakhir dari BackTrack adalah BackTrack 5 R3 yang rilis Agustus 2012 lalu.

Kali Linux

Berbasis Debian, Kali Linux mempunyai ratusan pre-install tool di dalamnya untuk kebutuhan penetration testing. Distro ini juga telah dipakai oleh banyak security professional, yang juga merupakan spesialis di bidang penetration testing, forensik, reverse engineering, dan vulnerability assessment.

Untuk Desktop Environment-nya, Kali Linux hadir dengan berbagai varian, yaitu Kali Linux KDE, Mate, LXDE and Enlightenment.

Kali Linux dapat didownload mealui halaman ini.

Baca Juga :

Kelebihan dan Kekurangan Facebook

Cara Promosi Melalui Email

Dan masih banyak lagi distro linux lainnya yang dapat di coba.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami di Jasa Pembuatan Website Jogja. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat