DDL, DML, DCL, dan TCL – SQL Command

DDL, DML, DCL, dan TCL - SQL Command

DDL, DML, DCL, dan TCL – SQL Command

Jogja One Solution – Saat ini banyak server dalam sebuah database maupun software mampu mengartikan bahasa SQL. Maka dari itulah, SQL menjadi bahan pembicaraan dan sebuah materi yang sangat penting bagi kamu yang bergelut dalam dunia IT maupun hal-hal yang bersinggungan dengan database relasional.

Keberadaan SQL dalam mengelola sebuah database memberikan fungsi tersendiri. Bagi seorang admin, adanya SQL dapat memungkinkan kamu untuk mengakses maupun mengubah database. Kamu pun bisa menjalankan sebuah query maupun mengambil data yang dibutuhkan. Termasuk pula memperbarui atau menyisipkan data dalam database.

Beberapa Perintah SQL Command

Data Definition Language (DDL)

Data Definition Language atau biasa disingkat dengan DDL. Perintah dasar ini sebenarnya merupakan perintah paling mendasar dari bahasa SQL. Tujuannya untuk membuat struktur sebuah database. Kemudian, perintah dasar DDL masih dibedakan lagi ke dalam setidaknya lima jenis perintah yakni bisa kamu lihat di bawah ini.

– Create: Untuk membuat database baru, table, atau kolom. Syntax : ‘CREATE DATABASE nama_database;

– Alter: Untuk mengubah struktur tabel yang sebelumnya sudah ada, seperti nama tabel, penambahan kolom,  mengubah, maupun menghapus kolom serta menambahkan atribut lainnya.

– Rename: dapat kamu gunakan untuk mengubah sebuah nama di sebuah tabel ataupun kolom yang ada. Syntax : ‘RENAME TABLE nama_tabel_lama TO nama_tabel_baru”;

 – Drop: Bisa kamu gunakan dalam menghapus baik itu berupa database, table maupun kolom hingga index.

– Show: perintah DDL ini digunakan untuk menampilkan sebuah tabel yang ada.

 

Data Manipulation Language (DML)

Berikutnya dalam pengertian SQL, dikenal dengan adanya Data Manipulation Language (DML). Seperti namanya, perintah dasar SQL ini bertujuan untuk memanipulasi data yang ada dalam sebuah database. Perintah dalam DML juga terbagi ke dalam empat jenis. Beberapa di antaranya adalah insert, select, update, dan delete.

  • Insert: Kamu bisa menggunakan perintah ini untuk memasukkan sebuah record baru di dalam sebuah tabel database.
  • Select: Perintah untuk menampilkan maupun mengambil sebuah data pada tabel. Data yang diambil pun tidak hanya terbatas pada satu jenis saja melainkan lebih dari satu tabel dengan memakai relasi.
  • update: Ini dapat kamu gunakan ketika ingin melakukan pembaruan data di sebuah tabel.
  • Delete: digunakan ketika kamu ingin menghapus sebuah record yang ada dalam sebuah tabel.

 

Data Control Language (DCL)

Perintah SQL ini digunakan khususnya untuk mengatur hak apa saja yang dimiliki oleh pengguna. Baik itu hak terhadap sebuah database ataupun pada tabel maupun field yang ada. Melalui perintah ini, seorang admin database bisa menjaga kerahasiaan sebuah database. Terutama untuk yang penting. DCL berdasarkan perintah dasarnya terbagi dalam dua perintah utama yakni:

  •  Grant: Perintah untuk memberikan hak akses ke user lainnya oleh admin.
  •  Revoke: Perintah digunakan untuk mencabut maupun menghapus hak akses seorang pengguna yang awalnya diberikan akses oleh admin.

Transaction Control Language (TCL)

  • COMMIT : untuk menyimpan perubahan yang terjadi
  • SAVEPOINT : untuk menetukan point agar bisa di undo
  • ROLLBACK : untuk mengembalikan database setelah perintah COMMIT yang terakhir
  • SET TRANSACTION : untuk perintah yang digunakan untuk mengatur transaksi sebagai read-only atau full control, menetapkan tingkat isolasi atau menentukan rollback

Itulah beberapa perintah pada SQL Command, semoga dapat bermanfaat 🙂

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat