Daftar Domain Gratis Untuk Belajar Bikin Website

Daftar Domain Gratis Untuk Belajar Bikin Website

Daftar Domain Gratis Untuk Belajar Bikin Website

Cara Membuat WordPress GratisJogja One Solution – Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi jaringan tanpa menggunakan alamat Internet Protocol (IP), mengingat IP biasanya terdiri dari angka-angka yang sulit dihafalkan. Di dunia internet, domain adalah salah satu elemen penting untuk membuat sebuah website, terlebih jika itu adalah domain gratis. Fungsi domain yaitu sebagai alamat yang memudahkan calon pengunjung untuk mengenal dan mengingat suatu halaman website. Yuk daftar domain gratis untuk belajar bikin website

Keuntungan Domain Gratis

keuntungan menggunakan domain gratis

1.    Tidak Ada Biaya Tahunan

Sudah jelas, karena sifatnya gratis maka tidak ada biaya atau ongkos yang harus dibayar setiap tahun. Hal ini tentu sangat membantu para blogger pemula yang masih ingin belajar mengotak-atik website untuk kepentingan belajar.

2.    Mudah Didapatkan

Untuk mendapatkan ekstensi domain secara gratis caranya sangat mudah dan gampang. Biasanya Anda tinggal melakukan registrasi akun, kemudian langsung bisa cek ketersediaan nama domain yang ingin digunakan.

3.    URL Lebih Singkat 

Ada banyak pro dan kontra menarik terkait domain gratisan. Terutama dikalangan blogger atau internet marketer. Menggunakan domain gratisan sendiri relatif memudahkan jika ingin membuat website brand yang mudah diingat konsumen.

Ekstensi domain seperti .TK atau .GA, tentu jauh lebih singkat dibandingkan subdomain blabla.subdomain.com. Benar begitu bukan?

Kekurangan Domain Gratis

kekurangan domain gratis

1.    Terlihat Kurang Professional

Kekurangan domain gratis yang paling besar adalah kurangnya value atau nilai jual dari ekstensi domain yang digunakan. Orang akan cenderung menyepelekan atau menyangsikan kredibilitas website Anda jika domain gratisan digunakan untuk website bisnis.

2.    Rawan Hilang Terkena Banned

Sebagai pengguna barang gratisan, tentu sudah semestinya kita mematuhi segala aturan yang diberikan oleh penyedia layanan.  Termasuk adanya potensi banned atau domain terhapus tanpa adanya pemberitahuan.

3.     Tidak Leluasa Menentukan Ekstensi Pilihan

Karena kita tidak membayar, maka ekstensi domain gratis yang akan kita dapatkan tergantung dari penyedia layanan. Adapun pilihannya tentu tidak sebanyak jika kita menggunakan domain dengan cara membeli.

4.    Tidak Bisa Membuat Subdomain

Apa itu subdomain? Anda bisa membaca penjelasan terkait subdomain melalui artikel berikut ini: Mengenal Perbedaan Addon Domain dan Subdomain.

Sayangnya, jika kita menggunakan domain gratis fitur subdomain ini tidak bisa tergunakan. Jadi, harus memilih ekstensi domain berbayar yang saat ini bisa mendapatkan mulai dari Rp15 ribuan saja per tahun.

5.    Tidak Ada Support

Berbeda dengan ketika kita membeli nama domain, menggunakan domain gratis biasanya tidak akan mendapatkan layanan support yang baik, atau bahkan malah tidak ada support sama sekali. Hal ini tentu sangat merepotkan bagi para blogger pemula yang mengalami kendala dalam proses pemasangan, setting, atau hal-hal teknis lainnya.

6.    Kemampuan Index Lemah

Mayoritas pengguna membuat blog dengan tujuan untuk meraup pundi-pundi penghasilan. Untuk mencapai hal itu, maka salah satu syaratnya yakni dengan meningkatkan traffic sebanyak-banyaknya.

Nah, sayangnya untuk beberapa ekstensi domain gratisan kurang memiliki power ketika mengajak untuk bertarung pada SERP.

Daftar Domain Gratis

daftar domain gratis

Nah, setelah mempelajari keuntungan dan kekurangan menggunakan domain gratis, sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui macam-macam ekstensi domain yang bisa didapatkan tanpa perlu membayar biaya berlangganan.

1.    Domain .TK

Sebagai informasi, ekstensi domain .TK merupakan jenis ccTLD atau Country Code Top Level Domain yang berasal dari negara Tokelau. Nama domain dari daerah yang berada pada benua Oceania tersebut bisa sahabat Qwords dapatkan secara gratis sebagai bahan untuk belajar bikin website.

2.    Domain .GA

Ekstensi domain .GA tercatat sempat populer medio tahun 2011-2013 dimana masih banyak blogger pemula yang tertarik untuk terjun ke dunia maya. Karena gratis, dulu banyak yang membuat blog dan  website untuk belajar, bahkan ada juga yang berhasil mendaftar dan diterima Google AdSense menggunakan domain yang satu ini. Tertarik mencobanya?

3.    Domain .ML

Ada yang pernah mengunjungi website dengan ekstensi domain .ML? Ekstensi domain ini sejatinya merupakan nama untuk negara Mali, salah satu daerah  kawasan Afrika Barat. Sama seperti ekstensi gratis lainnya, domain ini memiliki masalah pada tingkat kredibilitas serta kemampuan menghandle traffic yang terbatas.

Meski begitu, domain .ML masih layak untuk dijadikan sebagai bahan percobaan untuk membuat website.

4.    Domain .CF

Hampir sama seperti .GA, Ekstensi domain .CF juga terbilang lumayan populer kalangan blogger. Nama domain yang menujukkan untuk warga negara Central Africa (Afrika Tengah) tersebut sempat menghiasi beberapa forum, grup diskusi, hingga platform social bookmarking pada jamannya.

5.    Domain .GQ

Domain gratis selanjutnya adalah ekstensi .GQ. Apa itu domain .GQ? Domain ini merupakan country code untuk negara Guinea Ekuator dan masih memiliki karakteristik hampir sama seperti beberapa ekstensi domain sebelumnya, yakni memiliki kemampuan rendah untuk menghandle traffic, tingkat kepercayaan rendah, serta indeks pada mesin pencari yang sulit teroptimasi.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat