Mengenal Apa itu Cryptocurrency (mata uang digital) ?

Mengenal Apa itu Cryptocurrency (mata uang digital) ?

Apa itu Cryptocurrency ? Cryptocurrency (mata uang crypto) adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dirancang sebagai alat tukar. Cryptocurrency menggunakan sistem kriptografi untuk mengamankan dan memverifikasi setiap transaksi, serta untuk mengontrol pembuatan unit-unit (token) baru dari suatu cryptocurrency tertentu. Pada dasarnya, cryptocurrency adalah entri yang terbatas dalam basis data yang tidak dapat diubah kecuali kondisi tertentu terpenuhi.

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah bentuk pembayaran alternatif dari uang tunai, kartu kredit, dan cek. Teknologi blockchain di baliknya memungkinkan kita untuk mengirim uang langsung ke orang lain tanpa melalui pihak ketiga seperti bank. Dengan kata lain, mata uang kripto ini seperti sistem akuntansi virtual.

Baca Juga :

Tips Menjadi Internet Marketer

Bisnis Tanpa Modal?

Mata uang seperti ini sebenarnya bukan hal baru, karena sudah beredar selama kurang lebih 10 tahun. Nama Bitcoin yang populer belakangan ini membuat mata uang digital yang lain pun mulai populer. Menurut sebuah sumber, saat ini telah ada sekitar 904 jenis mata uang digital. Nah, berikut adalah beberapa fakta penting tentang cryptocurrency yang perlu anda ketahui:

  • Cryptocurrency didesain dengan memecahkan soal matematis menggunakan kriptografi. Itulah sebabnya mata uang ini disebut mata uang kripto (Cryptocurrency)
  • Bersifat desentralistik. Berbeda dengan mata uang konvensional yang dikelola oleh bank sentral, cryptocurrency tidak dikelola oleh satu orang atau satu lembaga keuangan tertentu. Mata uang ini dikelola seluruh komunitas dalam jaringannya
  • Cryptocurrency yang pertama dan paling populer saat ini adalah Bitcoin, yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto. Namun hingga saat ini, tidak ada yang tahu persis siapa dia sebenarnya.
  • Nama cryptocurrency lainnya yang cukup populer antara lain Ethereum, Litecoin, Dogecoin, Ripple, Stellar, dan sebagainya.

Sejarah Cryptocurrency

Ada banyak upaya untuk menciptakan mata uang digital pada saat ‘booming’nya teknologi 90-an, dengan sistem seperti Flooz, Beenz dan DigiCash muncul di pasar tetapi pasti gagal. Ada banyak alasan berbeda atas kegagalan mereka, seperti penipuan, masalah keuangan, dan bahkan ‘gesekan’ antara karyawan perusahaan dan bos mereka.

Khususnya, semua sistem tersebut menggunakan ‘Pihak Ketiga Tepercaya’, yang berarti bahwa perusahaan di belakang mereka memverifikasi dan memfasilitasi transaksi. Karena kegagalan perusahaan-perusahaan ini, penciptaan sistem uang digital membutuhkan waktu yang lama.

Kemudian, pada awal 2009, seorang programmer anonim atau sekelompok programmer di bawah alias Satoshi Nakamoto memperkenalkan Bitcoin. Satoshi menggambarkannya sebagai ‘sistem kas elektronik peer-to-peer’. Bitcoin bersifat terdesentralisasi, artinya tidak ada server yang terlibat dan tidak ada otoritas pengendali pusat. Konsep tersebut sangat mirip dengan jaringan peer-to-peer untuk berbagi file.

Baca Juga :

Apa Dampak dari Kesalahan Komunikasi dalam Bisnis?

Tips Sukses Memulai Usaha Bisnis

Salah satu masalah terpenting yang harus diselesaikan oleh jaringan pembayaran adalah pengeluaran ganda. Ini adalah teknik penipuan yang dapat menghabiskan jumlah cryptocurrency yang sama dua kali atau lebih. Biasanya dalam mata uang FIAT, solusi dalam mencegah penipuan ini ialah adanya pihak ketiga yang tepercaya (server pusat) yang menyimpan catatan saldo dan transaksi. Namun, metode ini selalu melibatkan otoritas yang pada dasarnya mengendalikan dana Anda dan dengan semua rincian pribadi Anda.

Apa Saja Kegunaan Cryptocurrency?

Layaknya uang biasa, cryptocurrency digunakan sebagai alat pembayaran online. Anda bisa menggunakan uang digital ini untuk pengeluaran pribadi, seperti membeli barang keperluan pribadi, membayar domain dan hosting, membeli game online, membeli software, dll sepanjang vendor menerima pembayaran dengan uang digital.

Jadi Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah vendor menerima pembayaran dengan uang digital. Harus diketahui bahwa pembayaran dengan uang digital masih relatif terbatas. Selain itu, karena belum ada regulasi, belum banyak negara yang mengakui keberadaan uang digital ini.  Selain untuk pengeluaran pribadi, berikut adalah kegunaan lain dari cryptocurrency:

Crowdfunding

Anda bisa berpartisipasi pada crowdfunding atau penggalangan dana massal yang menerima pembayaran dengan uang digital. Salah satu alasan mengapa pemilik dompet digital lebih suka berpartisipasi dalam penggalangan dana massal menggunakan cryptocurrency adalah karena mereka tidak dikenakan biaya transaksi. Selain itu, uang anda tidak akan digunakan jika penggalangan dana massal tersebut tidak memenuhi target.

Trading

Tujuan utama para investor cryptocurrency adalah untuk mendapatkan profit melalui investasi maupun trading. Anda bisa memperjual-belikan uang digital yang anda miliki – membeli saat harga turun dan menjualnya kembali saat harga naik. Nilai mata uang digital bergerak sangat dinamis – naik dan turun. Tentunya, fluktuasi harga ini menjadi kesempatan bagi trader untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga :

Bisnis Online Rumahan

Perhatikan! Inilah Faktor dalam melakukan Bisnis Online

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat