cPanel vs DirectAdmin Untuk Dedicated Server

cPanel vs DirectAdmin Untuk Dedicated Server

cPanel vs DirectAdmin Untuk Dedicated Server

Jogja One Solution – Sudah tidak asing lagi kedua kata cPanel ataupun DirectAdmin. Namun mungkin Anda lebih familiar dengan cPanel dari pada DirectAdmin. Pada dasarnya keduanya ini merupakan panel kontrol yang digunakan untuk hosting dan memberikan opsi administratif untuk mengelola semua bagian akun hosting. Bagi Anda yang baru atau sudah berpengalaman dalam hosting mungkin akan memiliki beberapa pilihan untuk menggunakan panel kontrol yang sesuai dengan keinginan Anda. Maka pada pada artikel ini akan dibahas mengenai mana yang lebih baik panel kontrol antara cPanel dengan DA. cPanel vs Directadmin untuk dedicates service. Yuk simak artikelnya

 

 

 

cPanel

Bagi Anda yang sudah pernah menggunakan shared hosting, pasti panel yang digunakan kebanyakan adalah cPanel. cPanel ini menjadi salah satu web panel hosting dengan pengguna terbanyak di dunia. cPanel pertama dirilis tanggal 21 maret 1996 di Amerika Serikat oleh perusahaan swasta bernama cPanel LLC. Panel ini mejadi panel yang paling awal, sehingga dari segi fitur cPanel ini lebih lengkap dengan jenis panel lainnya.

DirectAdmin

DirectAdmin

DirectAdmin ada software control panel web hosting yang dirilis tanggal 1 Maret 2003 di Canada. Sampai saat ini DirectAdmin menjadi salah satu panel hosting yang tidak kalah populer, walaupun belum bisa mengalahkan keunggulan dari cPanel. Dari sisi fitur sebenarnya DirectAdmin tidak berbeda jauh dengan cPanel.

cPanel vs DirectAdmin

Nah agar Anda tidak bingung untuk menentukan panel hosting apakah menggunakan cPanel atau DirectAdmin silahkan lihat pembahasan berikut ini:

  • Harga

Harga menjadi penentu utama untuk memilih panel hosting yang akan Anda gunakan. Untuk harga cPanel memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan DirectAdmin. Untuk cPanel dengan single user harganya 15$/bulan yang cocok untuk pengunaan bisnis kecil, freelancer dan pemakaian pribadi. Sedangkan untuk harga DirectAdmin pemakaian personal biayanya 2$/bulan cocok untuk penggunaan bisnis skala kecil dan pemakaian pribadi. Dari segi harga lebih murah menggunakan DirectAdmin.

  • Pengunaan

Untuk kemudahan pengunaan, cPanel lebih unggul jika dibandingkan dengan DirectAdmin, ini bisa dimaklumi karena cPanel memang sudah ada lebih dulu, jadi dari segi pengalaman cPanel lebih unggul, tetapi bedanya tidak jauh dalam hal kemudahan pengunaan.

  • Fitur

Dalam hal kelengkapan fitur, cPanel lebih unggul jika dibandingkan DirectAdmin. Ini bisa dimaklumi karena dari segi harga cPanel memang lebih mahal 7 kali lipat dari harga bulanan DirectAdmin. Tetapi Anda tidak akan mungkin menggunakan semua fitur yang ada pada cPanel, mungkin hanya akan ada beberapa yang sering digunakan saja.

  • Ketersediaan Plugin

Untuk kelengkapan plugin, yang pasti cPanel lebih lengkap daripada DirectAdmin, Anda bisa membandingkannya langsung dengan melihat pada dashboard home cPanel dan DirectAdmin. Tetapi balik lagi yang pasti semua fitur tidak akan terpakai semua, tetapi untuk Anda yang mempunyai budget lebih bisa memilih cPanel untuk kemudahan dalam customisasi fitur dengan adanya plugin.

  • Operating System

Keduanya sama-sama hanya bisa berjalan di OS Linux, untuk Anda yang mencari Dedicated Server Windows bisa memilih menggunakan Plesk. Plesk mendukung OS Windows maupun Linux, tetapi perlu diketahui bahwa lisensi OS Windows harganya lebih mahal daripada OS Linux.

  • Tampilan

Keduanya antara cPanel vs DirectAdmin memiliki tampilan yang mirip-mirip, tetapi jika disuruh memilih saya akan vote untuk menggunakan DirectAdmin. DirectAdmin memiliki tampilan yang lebih fresh dan modern jika dibandingkan dengan cPanel.

  • Dukungan Web Server

cPanel memiliki dukungan web server yang lebih sedikit yaitu Apache, Nginx dan Litespeed. Untuk DirectAdmin memiliki dukungan yang lebih banyak yaitu Apache, Nginx, Nginx Reverse Proxy, Litespeed dan OpenLitespeed.

Kesimpulan

Nah demikian pembahasan mengenai cPanel vs DirectAdmin untuk dedicated server. Untuk pilihan pengunaan saya lebih memilih untuk menggunakan DirectAdmin, dari segi harga yang lebih mudah dan fitur tidak kalah jauh. Apalagi sewa web panel ini hitungganya dalam bulan, selisih totalnya jatuhnya akan lebih banyak yang menggunakan web panel cPanel.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat