Contoh Website Sekolah yang Bisa Jadi Inspirasi

Contoh Website Sekolah yang Bisa Jadi Inspirasi

Contoh Website Sekolah yang Bisa Jadi Inspirasi

√ 13 Contoh Website Sekolah yang Menarik dan ModernJogja One Solution –  Website kini sudah dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah sebagai media informasi, promosi, bahkan pembelajaran. Semakin professional dan modern desainnya maka semakin tertarik pula para calon siswa untuk mengetahui lebih dalam mengenai sekolah tersebut. Berikut ini contoh website sekolah yang bisa jadi inspirasi.

 

 

 

 

Manfaat Memiliki Website Sekolah

manfaat website sekolah

1.Media Informasi dan Komunikasi

Di era teknologi seperti sekarang ini, komunikasi bisa dilakukan dengan lebih cepat sehingga informasi bisa diterima dengan mudah. Dengan kondisi ratusan siswa dan wali murid yang tersebar di berbagai daerah, maka website bisa sangat bermanfaat untuk membantu update informasi atas berbagai kebijakan sekolah.

2.Sarana Belajar Online (E-Learning)

Saat ini trend belajar online atau e-learning semakin populer berkat adanya kebijakan sekolah daring akibat pandemi virus Corona Covid-19. Bagi sekolah yang sudah memiliki website, hal ini tentu semakin mudah dilakukan karena guru bisa memberikan pengumuman tugas atau bahkan pelajaran melalui website sekolah.

Anda bisa menggunakan layanan Server Sekolah dari Qwords.com untuk membangun infrastruktur pembelajaran online yang lebih stabil dan optimal.

3.Sarana Branding Sekolah

Branding merupakan faktor penting yang diperlukan agar sekolah tetap eksis dan mendapatkan citra baik di masyarakat. Dengan menggunakan website sekolah Anda bisa membranding citra sekolah dengan hal-hal positif, mulai dari daftar prestasi, sistem pembelajaran yang sudah menggunakan teknologi informasi, hingga visi-misi sekolah yang kadang justru belum terlalu banyak terdengar.

Fitur-Fitur Website Sekolah

Fitur website sekolah

1.Profil Sekolah

Halaman profil sekolah menjadi fitur paling penting, karena biasanya diakses oleh calon siswa atau wali murid yang tertarik dengan sekolah.

2.Member Area

Setiap website sekolah biasanya memiliki halaman member area yang menjadi forum tempat berkumpul dan belajar. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan tugas secara online, kemudian siswa tinggal mensubmit hasil pengerjaan secara langsung melalui member area.

3.File Storage Online

File storage online merupakan fitur pelengkap dari halaman member area. Dengan adanya fitur ini, maka guru bisa mengupload tugas, file presentasi, hingga e-jurnal sebagai materi pembelajaran.

4.Gallery Multimedia

Tampilkan kembali berbagai momen spesial di lingkungan sekolah dengan fitur Gallery. Tambahkan juga beberapa baris caption sebagai kalimat penjelas agar pengunjung bisa ikut menikmati aktivitas sekolah.

5.Buku Tamu Online

Fitur buku tamu online wajib dimiliki oleh setiap website sekolah. Pasalnya, fitur ini bisa dimanfaatkan publik untuk bertanya secara online dan mengatur jadwal kunjungan tanpa harus datang ke sekolah.

6.Database Guru

Fitur database guru bisa sangat membantu bagi calon siswa maupun wali murid yang ingin mengenal sekolah lebih dalam.

7.Blog

Blog bisa menjadi wadah untuk menampilkan informasi dalam bentuk teks, gambar, maupun video. Keberadaan artikel informatif juga akan membantu website sekolah agar semakin bersaing di mata Google.

8.Halaman Event

Tampilkan berbagai agenda serta event di sekolah Anda menggunakan fitur event.

9.Alamat Sekolah

Anda bisa menampilkan alamat sekolah dalam bentuk teks maupun embed dari Google Map.

Contoh Website Sekolah Berbasis WordPress

Inspirasi Desain Website sekolah

1.SD Muhammadiyah 1 Krian

Contoh website sekolah berbasis WordPress bisa dilihat pada situs SD Muhammadiyah 1 Krian. Seperti halnya web sekolah pada umumnya, terdapat fitur slider berukuran besar di homepage, kemudian dilengkapi juga dengan sejumlah menu informatif guna menunjang kebutuhan pengunjung.

2.SMK Negeri 1 Cimahi

Website sekolah SMK Negeri 1 Cimahi juga dibangun menggunakan platform WordPress sebagai Content Management System. Dari halaman depan, tampak kombinasi antara menu dan slider hero yang menonjolkan berbagai aktivitas sekolah.

Nuansa dari perpaduan warna biru dongker, putih dan orange juga terasa sangat pas ketika dipadukan dengan logo sekolah.

3.SMP – SMA Luqman Al-Hakim

Menggunakan nama domain Luqman Al hakim.com, website yang menjunjung pendidikan berbasis islam ini tampak clean dan modern. Guna memberikan informasi kepada para peserta didik, website ini juga sudah memiliki blog, profil sekolah, sejarah, event, hingga fasilitas form pendaftaran online.

4. SMP-SMA Al Izzah

SMP-SMA Al Izzah merupakan boarding school islami bertaraf internasional yang relatif banyak difavoritkan. Dari segi tampilan, pihak pengelola memanfaatkan website sekolah untuk memudahkan proses distribusi informasi kepada siswa, wali murid, dan juga masyarakat.

5.Sekolah Ciputra Surabaya

Satu lagi website sekolah yang dibuat sangat menarik dan sedap dipandang adalah situs milik Sekolah Ciputra Surabaya. Meski dibangun menggunakan platform WordPress, desain website begitu apik serta user friendly.

Contoh Website Sekolah Modern

Berikut ini merupakan beberapa contoh website sekolah terbaik yang sudah memiliki desain modern, kekinian, serta responsif ketika diakses menggunakan berbagai tipe device.

1.SMA Negeri 1 Yogyakarta

"<yoastmark

SMA Teladan memiliki website yang dengan tampilan modern, interaktif, serta responsif. Pada halaman depan (homepage) Anda akan disuguhkan slider Hero serta kolom pencarian yang sekilas mirip dengan halaman Google.

Soal fitur, website sekolah yang satu ini juga sudah lumayan lengkap. Mulai dari halaman berita, kolom ekstrakurikuler, profil pendidik, ringkasan prestasi, hingga profil alumni, semua sudah bisa diakses secara rinci.

2. SMA Negeri 2 Kebumen

SMA N 2 Kebumen

Website sekolah dari SMA Negeri 2 Kebumen tampak sudah menggunakan CMS mandiri bernama SMITC yang berbasis pada framework Codeigniter 3.1.1. Secara umum, tampilan website ini cukup informatif dan nyaman dipandang. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh aliran flat desain yang mendominasi elemen visual grafis, mulai dari halaman depan hingga single page.

3.Fatih Bilingual School

FBS

Sekolah yang berada di Banda Aceh ini terlihat cukup serius dalam mengembangkan website. Meski namanya belum terlalu populer dan masih beroperasi secara lokal, namun dari segi user interface website ini sudah lumayan menjanjikan. Terlihat website dibangun menggunakan platform WordPress yang ditopang dengan berbagai plugin tambahan untuk memaksimalkan SEO, tampilan, dan juga akses kecepatan.

Server Untuk Berbagai Kebutuhan Sekolah

Itulah pembahasan terkait manfaat, fitur, serta contoh website sekolah yang bisa dijadikan sebagai rujukan. Semoga beberapa konsep desain di atas bisa membantu Anda untuk membuat website sekolah yang bagus dan sesuai kebutuhan.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat