.COM vs .ID – Mana Yang Lebih Baik Digunakan?

.COM vs .ID – Mana Yang Lebih Baik Digunakan?

.COM vs .ID – Mana Yang Lebih Baik Digunakan?

Perbedaan Domain .COM dan .ID dan Keunggulannya Untuk Bisnis OnlineJogja One Solution – Pada era digital sekarang ini, banyak cara dilakukan oleh pemilik bisnis atau marketer untuk pemasaran. Seperti melalui media sosial, campaign, mengundang influencer, dan membuat promo-promo yang menarik pelanggan. Bagi kalian yang merasa campaign kalian kurang efektif, mungkin kalian harus membuat website untuk bisnis kalian nih .COM vs .ID – mana yang lebih baik digunakan menurut kalian? simak penjelasnnya

Pengertian Website

Website adalah salah satu komponen utama untuk mempromosikan bisnis di internet. Jika Anda baru akan mulai membuat website, salah satu pertanyaan yang muncul adalah, apa ekstensi terbaik untuk digunakan? Walaupun sebenarnya ekstensi domain tidak memengaruhi peringkat website di mesin pencari, seperti Google, tapi domain memiliki fungsi untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses website, sekaligus dapat digunakan untuk branding bisnis Anda. Maka dari itu, Anda harus memilih domain yang menarik dan mudah diingat.

Beberapa ekstensi domain yang populer saat ini adalah .com dan .id. Keduanya pun memiliki kelebihannya masing-masing. Lalu mana yang lebih baik antara .com vs .id?

Ekstensi .com terdengar lebih umum dan mudah diingat. Kebanyakan orang awam tidak mengetahui bahwa, selain.com, ada banyak ekstensi domain yang bisa digunakan sesuai dengan peruntukan website. Sebagai contoh, website yang digunakan untuk promosi bisnis dapat menggunakan .store, atau yang lebih spesifik seperti .coffee, .clothing, dan sebagainya.

Orang lebih familiar dengan ekstensi .com sehingga mereka akan terlebih dahulu mengakses (nama perusahaan).com dibandingkan dengan (nama perusahaan).co.id, atau (nama perusahaan).store. Popularitas .com dibuktikan dengan lebih dari 50% website yang ada saat ini menggunakan ekstensi .com. Hal ini membuat ketersediaan domain .com semakin terbatas. Karena itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan ekstensi lain, salah satunya .id. Kebanyakan domain ID memang membutuhkan verifikasi seperti upload scan KTP (Kartu Tanda Penduduk), surat keterangan terkait, atau sertifikat tertentu, seperti SIUP atau TDP untuk domain .co.id.

Kabar baiknya, Anda tidak membutuhkan verifikasi apa pun untuk domain .id. Ekstensi ini sudah mulai ‘dilirik’ sebagai alternatif ekstensi domain selain .com, terutama untuk bisnis.

Dengan menggunakan ekstensi .id, website Anda akan terlihat lebih resmi. Selain itu pada website untuk bisnis, domain .id dapat menunjukkan pada pengunjung website bahwa bisnis Anda berasal dari Indonesia, atau hanya melayani untuk wilayah Indonesia.

Kesimpulan

Ekstensi .com vs .id memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, apabila Anda baru merintis bisnis yang terfokus pada wilayah Indonesia, Anda dapat mencoba menggunakan domain .id.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat