Ciri Laptop Anda Terkena Virus

Ciri Laptop Anda Terkena Virus

Ciri Laptop Anda Terkena Virus

Jogja One Solution – Virus cukup berbahaya untuk laptop dan data-data kita. Virus bisa merusak perangkat dan menghilangkan data-data penting kita tanpa kita sadari. Nah kali ini kita akan membahas ciri laptop Anda terkena virus.

Tanda Laptop Terkena Virus

  • Komputer Berjalan Lambat

Akan sangat sulit jik kamu menemukan gejala ini di komputermu. Virus jenis ini biasanya memiliki aplikasi yang berjalan di background. Aplikasi ini menggunakan semua resource komputermu. Jadi, akan terlihat salah satu process di task manager yang mempunyai persentase penggunaan resource yang sangat tinggi, dan hanya memberikan sedikit sisa resource untuk aktifitas komputermu, membuatnya menjadi sangat lambat.

Jika kamu bisa menemukan process atau services yang mengakibatkan masalah ini dan menghapusnya, kamu mungkin dapat mengehentikannya. Tetapi jika memang virus itu dirancang dengan baik, dia akan membuat file tersembunyi/ hidden file yang menyebabkan virus kembali lagi walapun sudah beberapa kali kamu hapus.

  • Pengaturan Berubah

Virus yang mengubah beberapa pengaturan di komputer terinfeksi akan bisa sangat membingungkan. Beberapa pengaturan sederhana yang mungkin diubah seperti mengganti home page browser, tapi itu sebenarnya hanya sebagian dari masalahnya. Virus ini mungkin menelusuri komputermu dan merubah beberapa pengaturanmu. Atau membuat tombol Windows yang sangat diandalkan dalam menangani masalah komputer Ctrl+Alt+Del tidak dapat digunakan.
  • Komputer Lock

Hal ini sangat menakutkan jika kamu mengalaminya. Dan ini biasanya merupakan ulah virus yang lebih canggih. Kamu mungkin sudah menduga jika mendapatkan virus dan memutuskan untuk mematikan komputermu, merestartnya, dan juga mencoba mengembalikan keadaan komputermu sebelumnya dengan restore point, tapi tidak bisa. Kamu mungkin telah mencoba semuanya dan akhrinya kamu harus mematikan komputermu secara paksa dengan mencabut sumber tenaganya. Kamu akan kehilangan informasi yang belum kamu simpan, dan saat komputer hidup kembali, virus itu aktif lagi.
Hasil gambar untuk virus komputer
  • Software dan Tool Tidak Bisa Digunakan

Semua software dan tool menjadi tidak dapat kamu gunakan. Biasanya saat kamu mencoba membukanya, kamu akan berakhir dengan tulisan “Not Responding”, dan hanya bergantung dengan tombol perintah sederhana Ctrl+Alt+Del. Yang dapat memberitahu segalanya tentang komputermu. Bahkan terkadang, saat kamu menekan tiga tombol ini dan tidak terjadi apapun, melainkan memunculkan pesan error. Ini artinya virus ini sudah mengacaukan komputermu. Menghentikan Task Manager jadi kamu tidak bisa mengetahui virus ini memakan system resourcemu.
  • Iklan Pop-up

Jenis ini mungkin merupakan jenis virus yang paling mudah dijumpai, karena dia langsung muncul di hadapanmu. Saat kamu sedang browsing di Internet, pop-up random akan muncul. Terkadang ini adalah virus, tapi kadang hanya disebabkan software yang kamu install. Ada banyak aplikasi di seluruh Internet yang menginginkanmu untuk mencobanya dengan gratis. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi kecil ini di kompuermu, dan sekarang kamu mendapatkan fitur keren seperti screen saver, atau ramalan cuaca dengan tampilan yang menarik. Virus ini sudah jarang dijumpai karena browser terkini dilengkapi fitur yang dapat menghilangkan iklan pop-up.
  • Pengiriman Pesan Dengan Sendirinya

Para pencitpa virus mempunyai satu tujuan saat virus itu masuk ke komputermu, yakni menyebarkan seluas-luasnya ke seluruh dunia. Cara paling mudah untuk melakukannya yaitu melewati pesan ke seluruh temanmu, dengan harapan mereka juga dapat terinfeksi.

Pesan ini bisa saja muncul di manapun. Virus ini mungkin mencoba mengirimkan spam lewat emailmu. Atau mengambil alih Facebook atau Twitter denagn spam berisi link virus itu. Untuk itu kamu harus berhati hati saat menemukan link yang mencurigakan, bisa saja itu link berisi virus yang sangat berbahaya.

Tidak Menampakkan Pertanda Apapun!?

Tidak ada tanda apapun tidak pernah baik jika itu berkaitan dengan virus. Virus paling kuat dan canggih dapat menyembunyikan dirinya jauh ke dalam komputermu tanpa menampakkan dampaknya. Dia hanya melakukan tugasnya tanpa tahu dimana keberadaannya.
Hanya keran kamu tidak menyadarinya, bukan berarti virus ini tidak berbahaya. Dia munkin akan mencuri passwordmu, file penting, atau informasi penting lainnya di komputermu. Satu-satunya petunjuk yang dapat menandakan keberadaanya hanyalah koneksi Internet yang lambat.
Jika kamu tidak memasang software keamanan apapun hanya karena kamu tidak menemukan masalah apapun, kemungkinan besar kamu memiliki virus ini. Semoga Bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat