Cegah Hal Ini Saat Berada di Depan Komputer

Di era modern ini yang serba cepat, serba bergantung juga dengan teknologi. Kita tidak dapat lepas dari teknologi tersebut, contohnya komputer dan smartphone. Kita menghabiskan lebih dari 8 jam di depan layar, baik smartphone ataupun komputer. Mata bisa-bisa menjadi lelah!

Mata lelah atau ketegangan mata akibat terlalu lama di depan komputer umum terjadi. Gejala umum mata lelah biasanya berupa kelelahan, gatal-gatal, dan mata terasa panas. Mata lelah jarang sekali jadi kondisi yang serius, meskipun sangat mengganggu Anda.

Gejala Mata Lelah

secara umum gejala mata lelah, yaitu:

  • Mata iritasi atau tegang
  • Sulit untuk fokus
  • Mata kering atau basah
  • Penglihatan ganda atau kabur
  • Meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya
  • Nyeri di leher, pundak, atau punggung

Gejala-gejala tersebut dapat mengurangi produktivitas Anda sehari-hari, termasuk dalam bekerja. Akan tetapi ketika Anda tidur, mata bisa beristirahat dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk bisa bekerja lagi esok hari. Kurang tidur berarti memperpanjang iritasi mata Anda yang lelah.

Cegah!

Mata lelah yang berkepanjangan bisa merusak penglihatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegahnya sebenarnya cukup mudah. Anda cukup mengubah kebiasaan Anda beraktivitas atau bekerja di kantor atau di lingkungan Anda.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dari National Eye Institute, Prevent Blindness, dan Get Eye Smart, yaitu:

Buat layar komputer Anda “bersahabat”

  • Taruh layar komputer sekitar 50-66 cm jauh dari mata Anda.
  • Bersihkan debu dan sidik jari dari layar. Noda pada layar bisa mengurangi kontras dan meningkatkan cahaya dan refleksi.
  • Pilih layar yang bisa dimiringkan dan diputar.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan filter cahaya pada layar Anda.

Ubah lingkungan kerja Anda

  • Sesuaikan penerangan ruangan agar jangan sampai terlalu terang, terlalu gelap, atau ada pantulan cahaya di layar komputer.
  • Gunakan kursi yang bisa diatur ketinggiannya.

Jangan hanya kerja!

  • Coba aturan 20-20-20! Setiap 20 menit, liha lah sesuatu yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.
  • Pasang note yang bertuliskan “Berkedip!” di komputer Anda, biar Anda tidak lupa.
  • Tetapkan waktu istirahat yang rutin, dan menjauhkan diri dari komputer untuk sementara.

Lakukan perawatan kecil pada mata

  • Kompres mata Anda yang lelah atau kering dengan handuk hangat (saat mata tertutup) .
  • Gunakan tetes mata untuk menyegarkan mata Anda saat terasa kering.
  • Untuk membantu mencegah mata kering saat bekerja di dalam ruangan, gunakan pembersih udara untuk menjadi filter debu dan meningkatkan kelembapan udara.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat