Pengertian CSS

Cascading Style Sheet (CSS) merupakan bahasa pemograman yang berfungsi untuk mengatur tampilan website.  Sebelumnya, anda harus mengetahui dahulu bahwa website dibangun diatas sebuah HTML yang terdiri dari kode dan dibuat oleh seorang programmer dengan tujuan  tertentu, tetapi HTML memiliki kapabilitas yang terbatas sehingga diperlukan CSS agar membuat tampilan website lebih menarik.

CSS memberikan perintah untuk menjelaskan tampilan sebuah halaman situs web. Disini anda dapat mengatur jenis huruf, warna teks, baris antar paragraph, ukuran kolom, desain layout, jenis background dan berbagai efek yang dipakai dalam website. Demi menunjang tampilan website yang indah, anda harus memperhatian semua aspek tersebut. File CSS tersimpan dalam satu server, tetapi mencakup semua halaman yang diberi nama style.css.

CSS mudah dipelajari, tetapi juga powerful karena mengontrol tampilan dari dokumen HTML. Sehingga antara kedua hal tersebut berkaitan dan berjalan beriringan, karena HTML adalah bahasa markup dan CSS memperbaiki style.

Fungsi CSS

Dari uraian diatas tentunya anda sudah agak paham bukan dengan fungsi CSS? Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan lagi fungsi dari css yaitu untuk merancang, mendesain, membentuk, dan mengubah tampilan halaman pada website serta bekerja melalui tag HTML yang akan menjadi lebih menarik dan fungsional. Disini website anda juga akan mudah untuk dikendalikan dan memiliki tingkat compatibility yang tinggi.

Cara Kerja CSS

Cara kerja CSS cukup mudah, anda hanya perlu menambah wawasan mengenai  perintah untuk mendesain web menyeluruh . Pada CSS anda hanya perlu menulis stylenya yang terdiri dari selector id dan clas, sehingga secara otomatis akan bekerja pada document html.

CSS beroperasi melalui tag <style> dengan atribut class warna yang akan mempermudah pengaturan warna teks menjadi lebih mudah. Jika anda ingin mengganti warna warna cukup mengetikkan tag <span> dan otomatis warna akan berubah sesuai yang diinginkan.

Jika penulisan kode CSS dijadikan satu file dengan HTML, maka dapat anda tuliskan pada bagian head. Yang berbeda dengan file Javascript yang ditulis pada bagian akhir. Sedangkan apabila penulisan file CSS dihalaman tersendiri tidak ada patokan khusus. Namun perlu diperhatikan dokumen yang menggunakan CSS harus ada instruksi untuk pemanggilan CSS beserta class-classnya.