Cara Untuk Update BIOS yang Benar

Cara Untuk Update BIOS yang Benar

Cara Untuk Update BIOS yang Benar

Jogja One Solution – BIOS adalah sistem independen pada komputer dan laptop, dimana sistem ini memastikan semua perangkat keras yang terpasang telah berfungsi dengan baik. Nah kali ini kita akan membahas cara untuk update BIOS yang benar.

Cara Update BIOS

1. Cek versi BIOS

Caranya, Anda masuk ke menu BIOS pada laptop Asus Anda. Untuk laptop Asus, setelah Anda menyalakan laptop tekan F2 hingga layar menampilkan halaman BIOS. Setelah itu, pilih bagian Version. Dari contoh yang ditunjukkan pada gambar, laptop Asus yang dijadikan contoh adalah laptop dengan tipe A46CA dengan versi BIOS 309.

Langkah ini mungkin sedikit berbeda jika laptop Asus Anda terinstal OS Windows 8. Jadi, simak dulu cara masuk BIOS Windows 8 yang ada di website kami.

Oh iya, catat serial number laptop yang tertera pada halaman BIOS, karena ini akan berkaitan dengan langkah selanjutnya. Jika laptop atau komputer tidak bisa masuk BIOS, maka lakukan beberapa langkah perbaikannya.
asus-bios

2. Cek versi BIOS terbaru ASUS

Setelah Anda mengetahui versi BIOS yang terinstal pada laptop Asus Anda, sekarang Anda cari versi BIOS terbaru untuk laptop Asus Anda. Caranya, pergi ke situs resmi Asus di http://support.asus.com/ServiceHome.aspx?SLanguage=en. Lalu, masukan serial number laptop yang sudah Anda catat pada langkah sebelumnya di bagian “Search by Product Serial Number”. Sebelum mendownload, Anda bisa membaca bug-bug apa saja yang sudah diperbaiki di tiap versi update.

Setelah itu pilih OS yang laptop Anda gunakan dan klik section BIOS setelah proses loading halaman selesai. Contohnya seperti yang kita lihat pada gambar di bawah, ada 2 versi BIOS yang lebih up to date setelah 309, yaitu 311 dan 315. Jika memang ada lebih dari satu versi, download semua file tersebut.

asus-a46ca-latest-bios

3. Simpan di Flash Disk

Setelah file update BIOS telah selesai didownload, ekstrak file download tersebut (biasanya file yang didownload adalah folder terkompresi dengan ekstensi .rar). Lalu letakan hasil ekstrak tersebut di USB flash disk. Jangan meletakkan file update BIOS di hard disk internal laptop Anda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan jika terjadi failed atau crash.
asus-a46ca-extracted-bios

4. Kembali ke tampilan BIOS ASUS

Setelah semua persiapan pada langkah sebelumnya telah selesai, lakukan restart pada laptop Asus Anda. Lalu, Anda masuk kembali ke tampilan BIOS untuk melakukan proses lanjutan dalam mengupdate BIOS. Pilih sub menu Advanced dan pilih Start Easy Flash. (Kadang namanya bukan Easy Flash, tetapi EZ Flash pada beberapa tipe laptop Asus).

Jangan lupa, untuk mencolokkan USB flash disk yang berisi file update BIOS pada langkah sebelumnya ke laptop Asus Anda.

asus-bios-advanced-start-easy-flash

5. Pilih versi BIOS Asus yang ingin diupdate.

Setelah masuk ke tampilan Easy Flash, Anda cari dua file update-an BIOS yang telah Anda download.
asus-easy-flash-utility

6. Mulai Update BIOS ASUS

Setelah menemukan file update-an BIOS yang sudah didownload, update BIOS dimulai dari urutan versi dengan nomor terkecil kemudian terbesar.

asus-do-you-want-to-update-bios

7. Tunggu proses update BIOS

Proses update akan berjalan secara otomatis dan biasanya tidak akan memakan waktu yang lama. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 5 sampai 10 menit. Setelah proses update selesai, laptop akan otomatis shutdown. Berikut beberapa proses yang dijalankan selama proses update BIOS laptop Asus:

  • Asus Easy Flash Utility – Start Erasing Flash: Pada proses ini, laptop Asus Anda akan menghapus memori flash di BIOS sebagai persiapan untuk penulisan kembali versi BIOS terbaru.
    asus-a46ca-bios-start-erasing-flash

 

  • Asus Easy Flash Utility – Start Programming Flash: Pada proses ini, firmware update BIOS terbaru mulai dituliskan ke memori flash BIOS. asus-a46ca-bios-start-programming-flash

 

  • Asus Easy Flash Utility – Start Verifying: Proses ini adalah proses verifikasi update BIOS apakah berlangsung secara sukses atau tidak. asus-a46ca-bios-start-verifying

 

  • Asus Easy Flash Utility – Finish Verifying: Proses ini menandakan update BIOS pada laptop Asus Anda berhasil. Selanjutnya, laptop Asus Anda akan shutdown secara otomatis.asus-a46ca-bios-shutdown

8. Ulangi Proses Update BIOS

Jika sebelumnya Anda mendownload versi BIOS lebih dari satu file, maka sebaiknya Anda ulangi proses update BIOS hingga BIOS pada laptop Asus Anda sudah terupdate ke versi yang paling baru atau ke versi yang Anda inginkan.

asus-a46ca-bios-update-latest

Nah, sekarang ada pertanyaan lain: Apakah update BIOS bisa gagal?

Jawabannya bisa. Hal tersebut bisa saja terjadi karena laptop Anda tidak dihubungkan ke sumber listrik (listrik putus), charger laptop Anda sudah menunjukkan ciri-ciri adaptor rusak, atau mungkin daya baterai pada laptop Anda tidak cukup untuk melanjutkan proses update. Hal tersebut mengakibatkan proses update BIOS akan dibatalkan secara otomatis.

Pastikan Anda telah menyimpan file update BIOS di USB flash disk atau media penyimpanan eksternal lainnya untuk menghindari terjadinya crash atau failed ketika proses update BIOS dilakukan. Jika BIOS laptop Asus Anda gagal terupdate, segera bawa laptop Anda ke Asus Service Center terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Yup, bisa dibilang, update BIOS ini merupakan salah satu langkah perawatan komputer yang beresiko sedang. Jika dilakukan dengan benar, maka hasilnya memuaskan. Jika tidak, masalah yang muncul hanya terjadi pada software saja (khususnya pada program BIOSnya saja, tidak berdampak ke perangkat keras lainnya)

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara update BIOS Asus. Semoga artikel kami ini dapat membantu Anda dalam melakukan update pada BIOS laptop Asus Anda. Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat