Cara Termudah Untuk Cek IP Komputer dan HP

 

 

Pengertian IP Address

IP Address adalah identitas numeric yang menggunakan untuk satu komputer kepada komputer lain agar saling terhubung. Angka-angka yang terdapat pada IP Address adalah kode biner yang sudah terterjemahkan dalam angka-angka agar mudah terbaca.

Menurut Wikipedia IP Address adalah deret angka biner terdiri dari 32 bit sampai 128 bit yang tergunakan sebagai alamat identifikasi setiap device yang terkoneksi dengan jaringan internet. IP Address ini mengibaratkan seperti nomor rumah, jadi tiap satu IP dengan IP lainnya tidak boleh sama.

Dalam proses pengiriman dalam jaringan berdasarkan dari alamat IP penerima. IP Address memiliki dua bagian yang berbeda yaitu alamat jaringan (network address) dan juga alamat komputer (host address).

Jenis IP Address

Ada beberapa jenis IP Address yang banyak menggunakan saat ini, jadi saat Anda melakukan ip cek tidak perlu bingung ini termasuk jenis IP apa, berikut jenis IP Address:

a.  IP Address Publik

Jenis IP Address yang pertama adalah IP yang banyak tergunakan oleh komputer yang terhubung kepada jaringan internet public.

b.  IP Address Private

IP Address private atau bisa disebut juga IP Address local adalah IP yang biasanya tergunakan untuk identifkasi komputer yang terhubung dalam jaringan tertutup atau local saja. Contohnya dalam jaringan local dalam satu kantor, satu gedung dan sebagainnya.

c.  IP Address Dinamis

IP Address yang selalu berubah tergantung dari jaringan internet public. Nama alat untuk memberikan IP Address kepada semua user ini disebut dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

d.  IP Address Statis

IP Address statis atau diam adalah kebalikannya dari dynamic. IP Address tipe ini fix tidak bisa merubah kecuali Anda merubahnya sendiri melalui menu setting secara manual.

e.  IP Address Versi 4 (IPv4)

IP Address versi 4 adalah ip yang paling banyak tergunakan saat ini. IP ini terdiri dari 4 kelompok dimana bisa menampung sampai 4.228.250.625 host yang terhubung.

f.  IP Address Versi 6 (IPv6)

Nah jenis IP Address yang terakhir adalah IP Address versi 6. Ini menjadi versi lebih besarnya dari IPv4 dimana bisa menampung host mencapai 3.4 Trilyun host yang terhubung.

Cek IP Komputer

Setelah Anda mengetahui penjelasan mengenai apa itu IP Address dan jenisnya, kini Anda bisa melakukan IP cek komputer yang Anda gunakan. Caranya mudah ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, berikut pembahasannya:

1.  Melalui Command Prompt

How to Use Common Features of Windows Command Prompt « Null Byte ::  WonderHowToCara mengecek IP Address yang pertama menggunakan Command Prompt. Caranya cukup mudah silahkan Anda membuka Command Prompt, jika tidak tahu silahkan buka menu Search kemudian tulis ‘cmd’. Jika benar nanti akan muncul dialog box Command Prompt, silahkan langsung saja tuliskan ‘ipconfig’ dan enter. Nanti akan muncul detai informasi mengenai IP Address yang Anda gunakan.

2.  Melalui Network Dan Internet Setting

CARA SETTING INTERNET UNTUK SHARING DENGAN WIFIJika Anda menggunakan laptop, silahkan klik ikon wifi yang ada pada pojok bawah. Setelah muncul pop-up silahkan pilih properties. Jika benar akan muncul dashboard wifi, silahkan scroll arah bawah dan temukan alamat IP Address yang Anda gunakan.

3.  Melalui Control Panel

Microsoft Working to Sunset Windows Control Panel - ExtremeTechCara melakukan cek nomor IP komputer yang ketiga melalui control panel Windows. Caranya silahkan klik pada bagian start menu kemudian pilih control panel. Jika sudah muncul dashboard Control Panel, silahkan pilih Network and Internet.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat