Cara Tepat Mengatasi Handphone Bootloop

Cara Tepat Mengatasi Handphone Bootloop

Cara Tepat Mengatasi Handphone Bootloop

Mengatasi Bootloop – Di artikel sebelumnya kita sudah membahas faktor penyebab hanphone bootloop, nah untuk kali ini kita akan membahas cara mengatasi handphone bootloop.  Ternyata tingkat bootloop berbeda – beda maka cara untuk mengatasi nya pun juga sangat berbeda. Berikut ini langkah tepat yang bisa anda lakukan.

  • Bootloop Ringan

Untuk bootloop ringan Anda bisa mengatasinya dengan cara melepas baterai pada ponsel Anda kemudian memasangnya kembali. Kemudian nyalakan kembali biasanya ponsel Anda sudah bisa botting secara normal dan bisa masuk pada sistem operasi.

  • Bootloop Sedang

Pada bootloop sedang hal yang harus kita persiapkan adalah laptop atau PC, fungsinya adalah untuk membackup data recovery image dan file recovery CWM. Seperti pada penjelasan diawal jika kita sudah pernah melakukan backup data ROM secara berhasil maka langkah untuk membackup ulang dirasa akan berhasil. Namun lain halnya jika kita belum pernah membackup ROM pada ponsel kita, langkah selanjutnya adalah mencari data recovery yang sesuai dengan vendor ponsel Anda di mesin pencarian seperti Google. Ingat jika data tidak sama tentu saja ponsel Anda tidak dapat direstore seperti semula.

3. Bootloop parah

Dikarenakan kerusakan cukup memprihatinkan maka kita perlu membutuhkan laptop atau PC, selain itu laptop atau PC yang kita gunakan harus sudah diinstal dengan aplikasi khusus yang digunakan untuk menginstal atau melakukan Flasing ROM pada ponsel Android Anda. Namun perlu Anda ketahui melakukan penginstalan ulang pada setiap ponsel berbeda-beda tergantung dari pabrikannya. Berikut penulis akan membahas cara penginstalan pada beberapa vendor ponsel berbasis Android dan iOS :

  • Samsung

Jika ponsel Anda bermerek Samsung maka langkah awal untuk dapat masuk pada recovery mode adalah dengan cara menekan tombol Home + Volume Up + Power, ingat ketiga tombol itu ditekan dalam waktu bersamaan. Jika pada ponsel Anda sudah memunculkan logo Samsung Galaxy, maka pada tombol power Anda lepaskan sehingga tinggal dua tombol yang Anda tekan yaitu tombol home dan volume up. Kedua tombol ini tetap tekan sampai ponsel Anda mati secara sendirinya dan botting kembali, maka secara langsung akan masuk pada mode recovery.

  • Advan

Berbeda dengan Samsung, pada Advan langkah yang harus kita lakukan untuk bisa masuk pada mode recovery adalah dengan cara menyambungkan kabel USB ke Advan, kemudian tekan tombol VolumeUp + Power tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan Factory Mode. Selanjutnya akan secara otomatis masuk pada recovery mode, jika dipastikan sudah masuk pada mode recovery lepas pada dua tombol tersebut.

  • Lenovo

Pada Lenovo langkah yang harus Anda lakukan adalah menekan ketiga tombol yaitu tombol Volume UP + Volume Down + Power ingat ketiga tombol ini tekan secara bersamaan. Jika sudah muncul no command lalu tekan satu kali pada tombol power. Jika sudah muncul pilihan recovery mode gunakan tombol volume down untuk mengarahkan pilihan Anda dan tombol volume up digunakan untuk memilih.

  • Sony

Untuk Sony memiliki langkah berbeda dimana kita harus menekan tombol Volume Up secara berulang-ulang hingga ponsel Anda akan masuk pada recovery mode.

  • Asus

Bagi Anda yang memiliki ponsel berbasis Android keluaran dari Asus, jangan kawatir karena Asus juga menyediakan recovery mode pada produknya yang baru. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut, tekan tombol Power + Volume Up, jika ponsel Anda bergetar maka lepaskan tombol power, maka pada layar ponsel Anda akan muncul recovery mode. Disana ada dua pilihan yaitu Normal Boot atau Recovery Boot, dengan menggunakan tombol volume up dan volume down, Anda dapat memilih recovery mode. Jika Anda sudah memilih recovery mode maka pada layar akan muncul logo Android akan tertidur kemudian tekan tombol Power + Volume Up, maka secara langsung recovery mode akan muncul.

  • Apple

Pada Apple yang mana dia mempunyai sistem operasi sendiri yaitu iOS bukan Android maka ada beberapa cara dalam mengatasi bootloop.

Untuk langkah pertama jika iPhone Anda hanya bisa memperlihatkan logo Apple saja maka langkah ini bisa Anda gunakan, yaitu menekan secara bersamaan tombol Sleep (Power) + tombol Home, tunggu beberapa saat sampai iPhone bisa melakukan botting.

Jika langkah pertama belum berhasil maka langkah kedua bisa Anda lakukan dengan cara melakukan pengisian baterai, seperti yang kita ketahui bahwa iPhone akan menyala jika kita lakukan pengisian baterai.

Bila langkah kedua masih belum berhasil maka bisa dikatakan iPhone Anda dalam keadaan bootloop yang parah, tidak perlu kawatir penulis akan memberikan sedikit pemecahannya yaitu dengan cara masuk pada recovery mode kemudian kita menghubungkan dengan iMac atau PC yang sudah diinstal iTunesnya, kita menunggu beberapa detik sampai iTunes mendeteksi iPhone, jika sudah terdeteksi lakukan restore untuk memulihkan iPhone Anda.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat