Cara Setting Domain Forwarding

Cara Setting Domain Forwarding

Cara Setting Domain Forwarding

How to do a Domain Forwarding in Domain Control Panel | HostOnNet.comJogja One Solution – Tahukah Anda kalau Anda dapat ‘membelokkan’ URL situs web Anda ke domain tertentu? Inilah yang disebut dengan domain forwarding yang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara kerjanya adalah mengubah alamat dari semisal website atau blog Anda adalah www(dot)namadomain(dot)com diarahkan menjadi www(dot)iniblognamadomain(dot)com. Mengubah atau membelokkan ini juga dikenal dengan nama direct URL Redirect (URL Forwarding). Dengan menggunakan forwarding ini akan memungkinkan Anda untuk meneruskan atau membelokkan pengunjung domain Anda ke URL pilihan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengubah arah ke domain yang baru atau bahkan situs web lain. Berikut ini cara setting domain forwarding.

Domain

Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protocol (IP). Karena fungsi dari domain adalah bentuk sederhana dari alamat IP. Karena menggunakan IP saja terlalu rumit, sehingga supaya memudahkan visitor dalam mengingat sebuah alamat website.

Ada 3 jenis Domain:

Top-Level Domain (TLD)

Top-Level Domain adalah akhiran dari sebuah nama domain, atau biasa disebut ekstensi domain. TLD dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan Categories, Multi Organizations, and Countries.

  • Generic Top Level Domain (gTLD)
    Contohnya adalah .com, .edu, .gov, .int , .mil, .org, .net.
  • Country code Top Level Domain (ccTLD)
    Contohnya adalah .id, .my, .us, .sg.

Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain adalah nama domain yang didaftarkan dan bisa merujuk pada nama instansi, organisasi atau nama pilihan, seperti contoh: dewaweb.com.

Third Level Domain

Third Level Domain adalah nama yang diberikan sebelum TLD ataupun SLD dan third level domain ini sering disamakan arti dan kegunaannya seperti subdomain, seperti contoh untuk kebutuhan email (mail.domain.com).

Domain Forwarding dan Cara Setting Domain Forwarding

Domain Forwarding adalah salah satu cara atau metode untuk meneruskan domain ke konten pada domain lain. Hal ini biasa dilakukan jika konten pada domain lain tersebut memiliki URL yang panjang, dengan menggunakan Domain Forwarding ini bisa diringkas lebih mudah.

Contoh nya seperti kamu memiliki sebuah blog dengan beralamatkan blogsatuduatiga.blogspot.com ataupun blogsatudiatiga.wordpress.com, kemudian ingin menggunakan domain supaya ketika ada visitor yang mengakses lebih mudah mengingatnya.

Contoh lainnya URL yang panjang seperti domain.com/satu/dua/tiga/empat/lima/enam, kemudian bisa diringkas ke domain lain yang kamu miliki untuk keperluan forwarding tersebut, contohnya adalah domain-lain.com.

Jadi untuk mengakses URL yang biasanya panjang seperti omain.com/satu/dua/tiga/empat/lima/enam, setelah diforwarding kontennya kamu cukup akses domain-lain.com saja.

Selain itu, Domain Forwarding juga sering digunakan jika memiliki website pada penyedia layanan website builder, sehingga hanya forward domainnya ke layanan tersebut, kamu bisa menampilkan konten dalam bentuk domain.

Untuk melakukan Domain Forwarding terdapat pada fitur DNS Management.

Persyaratan

Kamu harus memiliki domain yang aktif dan dapat digunakan.

Berikut beberapa langkah cara setting domain forwarding:

  1. Login client area hosting.
  2. Pilih manage domain.
  3. Klik icon setting dan pilih nameservers. Atur sesuai keinginan.
  4. Lanjut ke DNS management dan set sesuai dengan keinginan. Umunya, akan ada propagasi 1×24 jam.

Untuk lebih detail cek tutorial di bawah untuk cara setting domain forwarding lengkap dengan gambar agar kamu lebih mengerti.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat