Cara Perbaiki Catridge Yang Tesumbat Atau Mampet

Cara Perbaiki Catridge Yang Tesumbat Atau Mampet

Cara Perbaiki Cartridge Yang Tersumbat Atau Mampet

Jogja One Solution – Pernahkah kalian mengalami cartridge printer tersumbat atau mampet? Jika iya, cobalah membaca artikel ini. Siapa tahu kalian dapat pencerahan dan bisa mempertbaiki sendiri cartridge yang mampet tersebut. Jadi kan bisa hemat pengeluaran. Yang harusnya duit buat servis printer bisa buat jajan kan? HEHE…

Sebelum memperbaiki cartridge yang mampet, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua cartridge yang mampet bisa diperbaiki. Karena jika cartridge sudah mengalami kelebihan beban atau over head  yang membuat head aus, maka ini artinya head sudah rusak total. Solusinya kamu harus menggantinya dengan cartridge yang baru. Namun jika cartridge hanya mengalami penyumbatan kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

Langkah 1, siapkan peralatan

  1. Cairan head cleaner (bisa dibeli di toko peralatan komputer atau service center printer)
  2. Wadah atau tempat untuk menyimpan cartridge
  3. Alat penyedot tinta atau toolkit
  4. Tinta printer
  5. Tisu kering

Langkah 2, Cara Mengatasi Cartridge Printer Yang Mampet

  1. Lepaskan cartridge yang mampet dari tempatnya.
  2. Isikan tinta pada cartridge sampai penuh.
  3. Selanjutnya taungkan cairan head cleaner di wadah yang sudah disediakan sebagai tempat penyimpanan cartridge.
  4. Kemudian masukan cartridge pada wadah yang sudah diisi cairan head cleaner.
  5. Tunggu proses perendaman dalam jangka waktu beberapa jam. Namun untuk hasil terbaik, proses perendaman ini bisa dilakukan selama semalaman, agar tinta yang menempel pada head benar-benar mencair dan bersih tanpa tersisa.
  6. Jika kamu sudah yakin cartridge telah bersih dari tinta yang menempel, selanjutnya ambil toolkit atau alat penyedot lainnya. Lalu sedot tinta dari dasar head. Lakukan secara perlahan hingga tinta yang ada di dalam cartridge benar-benar terkuras habis.
  7. Langkah terakhir, ambil tisu kering lalu bersihkan cartridge hingga benar-benar bersih dan kering.

Demikianlah langkah-langkah memperbaiki cartridge printer yang mampet. Perlu diingat kamu harus melakukannya secara hati-hati. Jangan lupa isi kembali tinta pada cartridge tersebut.

Untuk awal jangan terlalu penuh. Minimal 2 ml untuk tinta warna, dan 5 ml untuk tinta yang hitam. Berikutnya pasang lagi cartridge pada posisi awal. Kemudian lakukan head cleaning satu sampai dua kali. Maka printer kamu sudah siap digunakan kembali. Selamat mencoba.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat