Cara Mudah Membuat Poster Menarik & Informatif

Cara Mudah Membuat Poster Menarik & Informatif

Cara Mudah Membuat Poster Menarik & Informatif

5 Situs Pembuat Poster Secara Online, Gratis dan Praktis - Hot Liputan6.comJogja One Solution –  Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan bisnis Anda, seperti penggunaan poster. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat poster sebagai media mempromosikan bisnis. Berikut ini cara mudah membuat poster menarik dan informatif.

 

 

 

Apa itu poster

Poster adalah media promosi dan pemasaran yang dicetak pada satu sisi/lembar kertas denga desain yang menarik. Kelebihan dari poster bisa digunakan untuk beragam jenis ukuran kertas disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Umumnya paling banyak ditemui saat ini menggunakan ukuran kertas A3.

Ukuran kertas poster

Ukuran kertas poster

Agar tidak salah saat mencetak, berikut kami berikan beberapa ukuran poster yang umum digunakan saat ini:

  1.  A0 (84,1 X 118,9 CM)
  2. A1 (859,4 X 84,1 CM)
  3. B1 (70,7 X 100 CM)
  4. B2 (50 X 70,7 CM)
  5. AA (42 X 59,4 CM)
  6. A3+ (32 X 42 CM)
  7. A3 (29,7 X 42 CM)
  8. A4 (21 X 29,7 CM)

Jenis kertas poster

Setelah ukurannya pas, langkah selanjutnya Anda harus memilih jenis kertas yang akan digunakan saat mencetak. Ada banyak jenis bahan untuk poster terbaik yang bisa Anda pilih, diantaranya:

  • Art carton, kertas paling banyak untuk cetak poster dengan tekstur utama yang halus dan glossy.
  • Art paper, kertasnya memiliki tampilan yang mengkilap, licin dan memiliki ketahanan terhadap air. Untuk kualitas warna bisa lebih tajam karena tinta berada pada permukaanya saja, Anda bisa menambahkan laminasi agar cetakan awet tidak mudah rusak.
  • BW carton, tampilan kertasnya terlihat lebih redup dan tidak memantulkan sinar.
  • Ivory, kertas yang paling banyak digunakan dengan ketebalan yang beragam mulai dari 210-400 gram dan harganya terjangkau.
  • Albatros, cirinya memiliki tekstur kertas seperti plastik.
  • PVC, bahan kertas yang berkualitas, tahan lama dan tidak mudah robek.
  • Kanvas, karakteristik kertas dengan bahan tahan dari kelembaban dan tidak mudah rusak, tapi jarang digunakan untuk kebutuhan cetak poster.
  • Flexi, cocok untuk penggunaan poster luar ruangan.

Cara membuat poster

Dalam membuat poster yang menarik dan informatif, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting. Agar tidak bingung, berikut sudah kami merangkum cara membuat poster dari awal sampai akhir:

1. Informatif

Kunci utama poster yang dibuat haruslah informatif mulai dari judul, acara, lokasi, tanggal dan waktu, foto, ilustrasi dan informasi tambahannya. Jika semua unsur di atas sudah ada dan benar, maka poster bisa dikatakan sudah memenuhi unsur informatif.

2. Menggunakan headline menarik

Headline poster

Agar poster Anda dilirik maka berikan headline yang menarik. Dalam pembuatan headline atau judul poster bisa ditulis secara ringkas dan singkat saja, mengingat poster memiliki ukuran cetak yang terbatas.

Headline yang dibuat bisa menggunakan kata-kata yang wow tetapi tidak lebay dalam penggunaannya. Pastikan headline yang dibuat sudah mewakili semua informasi yang ada pada poster.

3. Gunakan typografi

Pemilihan tipografi dalam poster perlu Anda perhatikan juga. Anda bebas menggunakan jenis font apa saja asal mudah dibaca dan pastikan font tersebut tidak mengandung hak cipta.

Gunakan hirarki tipografi dengan ukuran font yang berbeda untuk memudahkan audiens dalam memahami poster. Huruf yang memiliki ukuran besar akan dibaca terlebih dahulu oleh audiens, untuk itu bedakan ukuran huruf setiap keterangan yang Anda tuliskan dalam poster.

4. Buat desain menarik

Agar menarik audiens, perhatikan masalah desain poster. Karena poster biasanya saat dipasang di majalah dinding atau tempat umum lainnya akan bersaing dengan poster lain yang memiliki desain yang menarik.

Nah dengan memiliki desain yang menarik poster Anda bisa lebih menonjol dibandingkan poster lainnya, sehingga banyak audiens yang akan tertarik membaca isi posternya. Tidak hanya pada offline saja, poster untuk media online juga harus Anda buat dengan desain yang menarik audiens.

5. Gunakan ilustrasi dan gambar menarik

Agar informasinya bisa sampai kepada audiens, maka Anda bisa menambahkannya dengan ilustrasi dan gambar. Pastikan ilustrasi dan gambar yang dibuat menggunakan warna yang matching dengan desain poster agar enak untuk dilihat.

Jika Anda ahli menggunakan software desain, Anda bisa membuat poster di photoshop atau corel draw agar hasilnya lebih maksimal. Tetapi untuk Anda yang tidak memiliki skill desain grafis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi desain poster online yang banyak tersedia saat ini, salah satunya Canva.

6. Berikan call to action

CTA Button

Jika semuanya sudah, pastikan setiap poster yang dibuat memiliki kalimat Call to Action untuk mengajak kepada audiens melakukan tindakan. CTA yang dibuat biasanya beragam tergantung dari tujuan poster dibuat. Untuk poster seminar biasanya menggunakan “Daftar sekarang”, untuk poster promosi produk biasanya menggunakan “Beli sekarang” dan lainnya.

7. Perhatikan detail

Terkahir, pertahatika semua detail yang ada pada poster tersebut sebelum dicetak atau publish. Karena poster bersifat informatif maka sebelum dirilis pastikan poster sudah benar-benar sempurna dan tidak ada kesalahan kecil sekalipun.

Demikian pembahasan mengenai cara mudah membuat poster yang menarik dan informatif. Jika sahabat Qwords belum memiliki inspirasi desain poster yang menarik, sahabat bisa melakukan searching terlebih dahulu desain-desain poster yang menarik kemudian baru dikombinasikan menjadi poster baru yang lebih menarik.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat