Cara Mudah Membuat Iklan di Instagram

Cara Mudah Membuat Iklan di Instagram

Cara Mudah Membuat Iklan di Instagram

Cara Membuat Instagram Bisnis Agar Jualanmu Makin Laris ManisJogja One Solution – Dengan 500 juta pengguna aktif per bulannya, Instagram menawarkan kesempatan unik bagi pemasar untuk menjangkau target audience mereka dengan membuat kampanye iklan. Anda ingin membuat iklan di Instagram? Iklan di Instagram terlihat hampir tidak ada yang berbeda dari posting biasa, membuat mereka jauh kurang terlihat beda dibandingkan jenis iklan lainnya. Berikut ini cara mudah membuat iklan di instagram.

Apa itu Instagram Ads

Sebelum membuat iklan di Instagram, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu, apa itu iklan di Instagram dan bagaimana tampilannya. Beberapa dari kamu mungkin pernah melihat konten dengan embel-embel “Sponsored” atau “Sponsor” di bawah username pembuat konten, atau bahkan, ada tombol yang bisa diklik langsung dan mengarahkanmu ke halaman lain, seperti website atau halaman profil pembuat iklan. Inilah hasil pembuatan iklan di Instagram alias “Instagram Ads”.

Iklan di Instagram adalah konten dalam bentuk post atau Instagram story yang memang ditujukan untuk mempromosikan suatu produk atau brand kepada pengguna terkait. Biasanya, iklan di Instagram juga dilengkapi dengan tombol call-to-action (CTA).

Tipe-tipe Iklan di Instagram

Jangan takut iklan yang kamu buat terlihat membosankan, karena ada berbagai jenis iklan di Instagram yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif media beriklan. Nantinya, harga yang akan kamu bayarkan untuk memasang iklan tergantung dari tipe atau jenis iklan apa yang kamu gunakan utnuk mempromosikan produk. Beberapa tipe iklan Instagram yang biasanya dimanfaatkan sebagai sarana beriklan yaitu:

a. Gambarmembuat iklan di instagram iklan gambar

Ini adalah tipe yang paling sering digunakan oleh para pengiklan. Bagaimana tidak, tujuan utama Instagram adalah untuk memamerkan gambar atau foto sehingga konten promosi yang satu ini akan lebih mudah mendapat interaksi karena dapat “berbaur” dengan konten lain yang bukan iklan. Satu hal yang akan selalu muncul di iklan Instagram adalah call-to-action yang berada di bawah gambar, seperti “Install Now”, “Sign Up”, “Visit Instagram Profile”, “Shop Now”, “Contact Us”, dan sebagainya.

b. Videomembuat iklan di instagram video visit profile

Fitur video di Instagram muncul sekitar setahun setelah Instagram dirilis, yaitu sekitar tahun 2013. Saat ini, pengguna Instagram sudah sangat terbiasa dengan konten audio-visual yang satu ini. Bahkan, konten video sudah menyebar hingga ke IGTV dan live streaming. Kamu pun dapat memasang iklan di Instagram dalam bentuk video.

c. Slide showmembuat iklan di instagram slide show sign up

Sama seperti unggahan di Instagram pada umumnya, kamu juga bisa membuat iklan dalam bentuk slide show yang terdiri dari gambar dan/atau video. Selain dapat menampilkan lebih banyak informasi terkait produk yang kamu iklankan, peluang mendapat interaksi (engagement) pun akan semakin besar.

d. Carouselmembuat iklan di instagram carousel install now

Carousel atau iklan yang saling berurutan dalam sebuah slide show juga menjadi salah satu tipe iklan yang sering digunakan oleh berbagai brand untuk mempromosikan produk mereka di Instagram. Bedanya dengan slide show, iklan dalam bentuk carousel bisa mempunyai caption yang berbeda-beda di setiap foto.

e. Iklan di exploremembuat iklan di instagram image shop now

Tak hanya di linimasa (timeline), mungkin kamu juga pernah menemukan iklan dengan label “Sponsored” atau “Sponsor”  halaman eksplor Instagram. Demi menjangkau lebih banyak target audiens, kini iklan dalam bentuk gambar, video, bahkan carousel dapat muncul pula pada konten eksplor para pengguna.

f. Instagram storymembaut iklan di instagram ig story visit profile

Fitur yang muncul hanya dalam waktu 24 jam ini juga sudah sering digunakan untuk membuat iklan di Instagram. Bagaimana tidak, ada banyak kelebihan yang menawarkan oleh IG Story, mulai dari keterbatasan waktu penayangan hingga kemudahannya mengintegrasikan iklan dengan link website tujuan.

g. Instagram Shoppingmembuat iklan di instagram image ig shopping

Tipe konten iklan pada Instagram yang terakhir adalah Instagram Shopping. Meski lebih mudah menampilkan harga hingga mengarahkan ke website dan deskripsi produk, namun belum banyak brand yang dapat memasarkan produk mereka menggunakan IG Shopping. Pasalnya, sebuah brand harus memenuhi kriteria tertentu dan mendapat persetujuan dari Facebook agar bisa menampilkan harga produk di konten. Kamu dapat mempelajari lebih lengkap tentang IG Shopping  artikel Cara Membuat Instagram Shopping.

Cara Membuat Iklan di Instagram

Ikuti cara mudah membuat iklan  Instagram langsung dari aplikasi berikut:

  1. Pilih salah satu foto yang ingin mempromosikan, lalu klik “Promote”.
    membuat iklan di instagram promote post
  2. Jika belum pernah melakukan login, kamu dapat login terlebih dulu ke akun Facebook yang akan sering digunakan untuk beriklan di Facebook maupun Instagram. Lalu, tentukan CTA yang akan menampilkan ke target audiens. Ada tiga pilihan, yaitu “Visit Instagram Profile” agar target mengunjungi profil akun bisnismu, “Learn More” atau “Shop Now” yang sama-sama mengarahkan ke website, dan “Send Message” yang dapat segera mengarahkan target audiens ke kotak masuk Instagram alias Direct Message (DM).
    membuat iklan di instagram cta
  3. Pilih jenis target audiens, yaitu “Automatic” yang memungkinkan Instagram memilih target yang mirip. Dengan followers-mu atau membuat target audiens yang kamu tentukan sendiri dengan “Create Your Own”. Namun, jika pengikut akunmu baru sedikit. Sebaiknya kamu menyesuaikan target audiensmu sendiri agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan sesuai keinginanmu.
    membuat iklan di instagram define audiencepilihan “Create Your Own” untuk menyesuaikan target audiensmu, kamu bisa menentukan dari beberapa kriteria, yaitu lokasi, ketertarikan (interests), gender, dan usia. Selama melakukan penyesuaian, Instagram akan menampilkan jumlah potensial pengguna yang akan terjangkau. Jika sudah selesai mengatur, jangan lupa beri nama pada jenis audiens ini dan klik “Done” atau “Selesai”.
    membuat iklan di instagram create audience
  4. Tentukan seberapa banyak budget yang akan kamu habiskan untuk melakukan promosi. Berdasarkan durasi penayangan dan berapa nominal uang untuk menjangkau target.membuat iklan di instagram budget dan durasi
  5. Hampir selesai, kamu bisa melakukan preview iklanmu terlebih dulu. Baik saat menampilkan dari timeline dalam bentuk post atau dari IG Story.
    membuat iklan di instagram preview media
  6. Perhatikan kembali promosi iklan yang akan kamu tayangkan. Mulai dari gambar, CTA, target audiens, dan budget. Setelah itu, klik “Payment” untuk menentukan cara pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa kamu pilih, seperti pada gambar berikut:
    membuat iklan di instagram payment method
  7. Jangan lupa, klik “Create Promotion” jika semua sudah selesai teratur.
    membuat iklan di instagram review create

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat