Cara Merawat USB OTG Agar Awet

Cara Merawat USB OTG Agar Awet

CARA MERAWAT USB AGAR AWET

Hardware – Cara merawat USB OTG sama seperti merawat flashdisk pada umumnya. Namun dengan ukuran yang lebih kecil dan sedikit tidak tahan guncangan dan gampang terjatuh, kita memerlukan perhatian khusus untuk merawatnya supaya awet dan tidak cepat rusak.

Selain hardwarenya yang akan rusak jika sering terjatuh, back-up data juga diperlukan untuk menghindari virus yang mungkin ngikut pada data tersebut. Simak tips berikut agar USB OTG kalian lebih awet dan tidak cepat rusak.

  • Hindari hal-hal membahayakan

Cara merawat flashdisk Otg adalah menghindarkannya dari hal-hal yang membahayakan yaitu air, sinar matahari dan guncangan.

Sangat jarang sekali flashdisk yang tahan terhadap air. Air yang masuk pada sebagian atau seluruh komponen alat ini bisa menyebabkan kerusakan sehingga data bisa saja tak terbaca atau benar-benar hilang. Selain air, jauhkan benda ini dari sinar matahari.

Jika terlalu kepanasan, flashdisk beresiko cepat rusak. Oleh karena itu, lindungi flashdisk dengan cara tak membiarkannya terkena paparan matahari secara langsung.

Tak hanya itu saja, ia juga rentan terhadap guncangan sehingga usahakan jangan sampai terjatuh.

  • Teknik Penyimpanan

Cara merawat flashdisk otg adalah menyimpannya di tempat yang aman. Mungkin ini terdengar klise. Padahal telah banyak yang menelantarkannya dan menyesal di kemudian hari. Kebersihan adalah hal yang utama.

Letakkan benda ini di tempat yang benar-benar bersih. Jauh dari debu maupun kotoran. Selain itu suhu ruangan pun jangan sampai lembab atau terlalu dingin.

  • Gunakan dengan bijak

Flashdisk harus digunakan dengan baik agar tidak mudah rusak. Usai menggunakannya, matikan dengan baik yaitu dengan mengeluarkan semua data terlebih dahulu kemudian mengklik Eject untuk memberhentikannya.

Ingat, jangan sekali-kali mencabut secara paksa flashdisk yang sedang dipakai. Hal ini bisa menghentikan proses transfer data yang sedang dilakukan. Bahkan, flashdisk yang dimiliki cepat rusak karena pencabutan secara paksa.

Secara normal, alat ini bisa digunakan hingga ribuan kali selama beberapa tahun. Namun, masa berlakunya takkan lama jika diperlakukan seenak hati.

Selain itu, disarankan untuk tak melakukan edit file baik foto atau data lainnya sebelum dipindahkan ke media lainnya. Hal ini akan membuat flashdisk bekerja lebih keras sehingga kurang awet. Tips selanjutnya adalah tidak terlalu sering melakukan format flashdisk. Hal ini cepat lambat akan membuatnya flashdisk rusak.

  • Back Up Data

Merawat flashdisk secara baik saja tidak cukup. Anda perlu membuat cadangan data yang tersimpan di alat transfer tersebut. Membuat salinan data dari flashdisk adalah wajib hukumnya. Ini sangat penting untuk mengantisipasi jika suatu hari data terkena virus, rusak atau hilang tanpa sengaja.

Pindahkan data ke CD, laptop, atau DVD. Dengan adanya salinan data, Anda tak perlu stres apabila harus kehilangan data secara tak sengaja.

  • Lakukan Scan Flashdisk

Sebelum atau setelah digunakan, sebaiknya scan flashdisk untuk mengetahui apakah ada virus yang melekat di dalamnya atau tidak.

Flashdisk yang telah ditancapkan pada suatu laptop atau PC beresiko terkena virus yang melekat pada media tersebut. Virus ini sangat berbahaya karena bisa merusak, mengurangi, bahkan menghilangkan seluruh data.

Itulah cara merawat flashdisk Otg yang dimiliki. Jika mampu menerapkan cara-cara di atas, usia flashdisk bisa bertahan lebih lama. Semoga Bermanfaat . . .

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat