Cara Meningkatkan Conversion Rate

Cara Meningkatkan Conversion Rate

Cara Meningkatkan Conversion Rate

Cara Meningkatkan Conversion Rate – Ketika menjalankan kampanye marketing online dibutuhkan sebuah parameter yang jelas untuk mengukur keberhasilan kampanye tersebut. Anda tidak bisa menentukan sebuah kampanye marketing online berhasil atau tidak hanya berdasarkan intuisi atau pendapat pribadi. Salah satu parameter yang dapat digunakan untuk menghitung keberhasilan kampanye marketing online Anda adalah conversion rate.

Sebelum membahas conversion rate, ada baiknya untuk memahami definisi conversion terlebih dahulu. Conversion adalah situasi di mana pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis. Tindakan tersebut bisa bermacam-macam, dari menjadi subscriber, mendaftar sebagai anggota, mengunduh ebook, sampai membeli produk.

 

1. Buat CTA Berbentuk Teks di Blog

Anda bisa membuat Call-To-Action (CTA) dalam berbagai bentuk, teks, gambar, atau tombol. CTA berbentuk teks di artikel blog memang terlihat sederhana, tetapi menghasilkan conversion rate yang cukup tinggi.

Menurut uji coba HubSpot, 93 persen leads-nya berasal dari CTA dalam bentuk teks. Sedangkan CTA dalam bentuk banner di akhir artikel blog hanya menyumbang 6 persen leads. Meskipun terlihat sederhana, CTA dalam bentuk teks ternyata sudah terbukti efektivitasnya.

Anda juga bisa dengan mudah membuat CTA dalam artikel blog Anda. Masukkan CTA mengikuti alur artikel yang Anda tulis. Contohnya, di artikel Cara Membuat Website, kami meletakkan CTA dalam bentuk teks seperti di bawah ini:

2. Manfaatkan Pop Up

Taktik lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan conversion rate adalah menggunakan pop up. Anda bisa mengatur untuk menampilkan pop up di halaman website yang potensial menghasilkan tingkat conversion tinggi.

Gunakan plugin seperti OptinMonster untuk membuat pop up yang menarik. Anda bisa memilih berbagai jenis pop up untuk halaman website yang berbeda. Sebaiknya lakukan uji coba menggunakan dua jenis pop up di satu halaman untuk melihat pop up mana yang lebih menghasilkan conversion.

3. Lakukan Uji Coba Landing Page

Jika di langkah sebelumnya Anda melakukan uji coba untuk pop up, di langkah ini yang Anda lakukan adalah uji coba untuk landing page. Landing page merupakan salah satu elemen krusial yang menentukan tinggi tidaknya conversion rate yang akan Anda dapatkan.

Landing page adalah halaman website yang sengaja didesain untuk meningkatkan conversion rate bagi bisnis. Link di landing page lebih sedikit dibanding homepage yang didesain agar pengunjung membuat keputusan pembelian, sign up, atau subscribe newsletter.

4. Permudah Pengunjung untuk Menghubungi Customer Service

Meskipun semua informasi, dari harga, spesifikasi, sampai syarat dan ketentuan sudah ada di halaman website, terkadang pengunjung website masih perlu bertanya kepada customer service sebelum melakukan pembelian.

Mereka ingin diyakinkan bahwa keputusan pembelian yang mereka lakukan adalah keputusan terbaik. Di sini lah customer service atau tim sales bekerja. Anda harus memudahkan pengunjung website untuk menghubungi customer service Anda.

Anda bisa menerapkannya dengan menampilkan ikon chat bantuan di semua halaman website Anda. Sebagai contoh, di Niagahoster, Anda dapat dengan mudah menemukan chat bantuan di pojok kanan bawah setiap halaman website. Selain itu, di bagian header dan footer halaman website juga tersedia nomor telepon dan ikon chat yang memudahkan pengunjung website untuk menghubungi customer service.

5. Promosi Melalui Chat Bantuan

Ketika sedang menjalankan promosi di website, Anda juga bisa menawarkan promosi tersebut melalui chat bantuan. Bisa jadi pengunjung website tidak menyadari kalau website Anda sedang menjalankan promosi yang menggiurkan. Manfaatkan chat bantuan untuk menyadarkan dan mengingatkan mereka agar tidak ketinggalan promosi menarik di website Anda.

6. Optimasi Artikel Blog Potensial

Jika Anda sudah menerapkan strategi content marketing di blog lebih dari satu tahun, kemungkinan besar ada beberapa artikel yang lebih berpotensi menghasilkan conversion dibanding artikel blog lainnya.

Anda tidak perlu menampilkan pop up di semua artikel blog, cukup di artikel-artikel yang berpotensi menghasilkan conversion. Bagaimana menentukan artikel yang akan digunakan untuk meningkatkan conversion rate?

Lakukan pemilahan artikel. Identifikasi artikel yang mendatangkan trafik tinggi, tapi performa conversion rate-nya belum memuaskan. Bisa jadi artikel-artikel yang Anda tulis setahun lalu mendatangkan trafik tinggi, tapi belum menghasilkan conversion. Anda bisa mengecek performa per artikel blog Anda melalui Google Analytics.

Selain mengoptimasi artikel blog yang mendatangkan trafik tinggi, tapi belum menghasilkan conversion, Anda juga perlu mengoptimasi artikel-artikel yang sudah menghasilkan conversion tinggi. Pastikan untuk update konten di artikel-artikel yang sudah menghasilkan conversion tinggi agar selalu relevan untuk pengunjung.

7. Lakukan Remarketing

Sebesar apa pun usaha yang Anda kerahkan untuk meningkatkan conversion rate, realitanya adalah lebih banyak pengunjung yang meninggalkan website tanpa melakukan tindakan apa pun yang Anda inginkan.

Apalagi mengingat rata-rata ideal conversion rate hanya berkisar di angka 2 persen. Artinya dari 100 pengunjung yang datang, kemungkinan hanya dua orang yang melakukan conversion. Namun, bukan berarti Anda harus menyerah pada keadaan.

Selain enam langkah optimasi di atas, masih ada satu cara lagi yang layak Anda coba untuk meningkatkan conversion rate. Cara tersebut adalah remarketing. Remarketing memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan langsung kepada orang-orang yang telah mengunjungi website Anda.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat