Cara Menghilangkan Iklan di Android Yang Mengganggu

Cara Menghilangkan Iklan di Android Yang Mengganggu

Cara Menghilangkan Iklan di Android Yang Mengganggu

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android | WORKS 100%! | JalantikusJogja One Solution – Berselancar di internet adalah kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, tak terkecuali jika dilakukan melalui smartphone. Namun, iklan yang sering kali tiba-tiba muncul terkadang mengganggu kegiatan yang satu ini. Jika kamu pernah mengalaminya, tentu kamu pernah bertanya-tanya apakah ada cara menghilangkan iklan di HP . Selain tak nyaman, HP kamu juga terindikasi oleh malware jika iklan pop-up kerap muncul di layar gawaimu. Malware sendiri adalah program yang sengaja diciptakan untuk menggandakan, merusak, mencuri, hingga mengubah data. Untuk itu, penting sekali untuk menjaga smartphone dari serangan program ini. Berikut ini cara menghilangkan iklan di android yang mengganggu. Yuk simak penjelasnnya.

Kenapa Bisa Muncul Iklan?

Kenapa iklan bisa muncul di android

Kenapa bisa ada banyak iklan di android yang muncul? Pada dasarnya iklan adalah sebuah jalan dari website untuk mendapatkan penghasilan, termasuk juga aplikasi atau game.

Biasanya iklan akan lebih sering muncul pada game atau aplikasi versi gratisan. Namun tidak menutup kemungkinan game atau aplikasi premium pun juga sering dihinggapi iklan. Jika menilik dari sisi positifnya, kehadiran iklan bisa mendukung pemilik website serta developer untuk terus berkembang dan mendapatkan penghasilan. Ya meskipun iklan yang muncul bisa menggangu interface dan kenyamanan ketika sedang melakukan aktivitas dengan android.

Maka dari itu banyak juga pengguna android yang mengeluhkan permasalahan ini. Mereka pun akan mencari solusi untuk memblokir iklan yang muncul tersebut dengan berbagai cara.

Jenis Iklan

Jenis Iklan

Sebenarnya ada tiga penyebab munculnya iklan di android secara tiba-tiba dan mengganggu. Yang pertama karena sistem, aplikasi dan yang terakhir karena virus atau sering disebut sebagai adware.

1.    Iklan Sistem

Jenis iklan ini merupakan iklan bawaan android. Iklan sistem biasanya muncul pada menu notifikasi serta aplikasi bawaan misalnya browser, video player, music player dan lain-lain. Namun iklan ini juga bisa muncul dimana saja.

2.    Iklan Aplikasi

Iklan jenis ini bisa muncul dari aplikasi berjalan yang tidak diketahui. Biasanya iklan ini muncul dari aplikasi yang di root.

3.    Iklan Virus

Iklan virus atau yang sering disebut dengan adware ini sering muncul pada sistem tanpa diketahui penyebabnya. Bisa juga disusupi oleh adware.

Cara Menghilangkan Iklan Di Android

cara menghilangkan iklan di android

Kemunculan iklan pop up yang muncul secara tiba-tiba merupakan hal yang umum. Namun bagaimana jika iklan tersebut muncul secara terus menerus?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan iklan tersebut muncul misalnya malware atau virus. Kecanggihan teknologi ternyata dibarengi dengan kemajuan malware dan virus. Malware serta virus tidak hanya bisa menyusupi komputer namun juga smartphone lho.

Program perusak ini mampu menyamarkan dirinya sebagai aplikasi serta iklan yang tiba-tiba bisa muncul. Maka dari itu tidak semua iklan yang muncul di Android kamu aman, bisa saja iklan tersebut memilik potensi yang membahayakan gawaimu.

Namun tenang saja, kamu bisa memblokir iklan tersebut dengan mudah. Caranya sebenarnya hampir sama dengan cara menghilangkan iklan di PC kok.

1.    Hapus Aplikasi

Seperti penjelasan di atas, bisa saja iklan yang muncul disebabkan oleh aplikasi. Carilah aplikasi tersebut karena aplikasi apapun bisa menjadi penyebabnya.

  • Masuklah ke aplikasi Play Store.
  • Kemudian klik opsi pada sisi kiri atas dan cari Aplikasi & Game saya.
  • Selanjutnya pilih tab Koleksi dan sortir berdasarkan file baru atau recent.
  • Kemudian akan muncul aplikasi-aplikasi yang sekiranya berbahaya.
  • Selanjutnya keluarlah dari Play Store kemudian masuk ke menu Pengaturan.
  • Dari menu Pengaturan pilih Aplikasi.
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi yang dianggap berbahaya.
  • Jika sudah dipilih silahkan matikan HP dan nyalakan kembali atau restart.
  • Langkah terakhir pastikan aplikasi tersebut sudah tidak muncul.

2.    Pengaturan Keamanan

Cara keempat bisa dilakukan dengan menu keamanan yang ada pada smartphone kamu. Kamu harus mematikan fitur yang bisa mencegah smartphone kamu agar terhindar dari aplikasi yang berasal dari luar Play Store, dengan cara sebagai berikut:

  • Masuklah ke menu Security Setting.
  • Kemudian pilihlah opsi “jangan izinkan peng-installan- aplikasi dari sumber yang tidak dikenal”.
  • Setelah melakukan pengaturan di atas silahkan melakukan pembaruan aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store.
  • Pembaruan aplikasi biasanya akan disertai dengan peningkatan keamanan.

Jangan lupa juga untuk memastikan izin aplikasi sebelum kamu mengunduh dan menginstalnya. Jika smartphone memberikan notifikasi izin tidak berkaitan maka sebaiknya carilah aplikasi yang lebih aman.

Catatan juga, ketika kamu menggunakan WiFi untuk melakukan pembaruan aplikasi, lebih baik gunakan VPN untuk perlindungan data lebih maksimal.

3.    Memasang Antivirus

Selain kedua cara di atas, kamu bisa mencoba melakukan pemindaian virus di android dan menggunakan aplikasi pemblokir iklan. Tujuan antivirus in untuk menghilangkan malware maupun adware yang terletak di penyimpanan sistem yang masuk yang tidak disengaja.

Ada berbagai antivirus android yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Malwarebytes. Antivirus ini sangat lengkap dan ukuranya pun tidak terlalu besar yaitu 30 MB, jadi bisa digunakan di android.

  • Buka Play Store dan instal Malwarebytes.
  • Klik opsi sebelah kiri dan pilih Scanner atau Pemindan.
  • Kemudian klik Scan atau Pindai.

4.   Pengaturan Google Chrome

Google chrome adalah salah satu browser deafult pada android. Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, kamu bisa melakukan pengaturan sesuka hati.

Bahkan salah satu pengaturan di Google Chrome dikenal sebagai cara menghilangkan iklan di android tanpa root paling mudah. Fitur tersebut bisa memblokir iklan yang muncul dengan langkah sederhana berikut ini:

  • Buka browser Google Chrome kamu.
  • Kemudian cari ikon titik tiga dan pilih menu Settings atau Pengaturan.
  • Lalu pilihlah Site Settings.
  • Klik Pop-ups and redirects untuk mengaktifkan fitur blokir iklan pop up otomatis.
  • Pilih dan klik Ads untuk memblokir iklan pada situs tertentu.
  • Selain itu kamu bisa memilih Notifications sampai berubah menjadi blocked untuk memblokir iklan lainnya.

Perlu diketahui bahwa cara di atas biasanya hanya untuk memblokir iklan yang muncul ketika kamu membuka Google Chrome pada situs apapun.

5.    UC Browser

Browser adalah salah satu aplikasi yang paling sering dihinggapi oleh iklan. Jika browser yang kamu gunakan adalah UC Browser maka kamu bisa memblokir iklan yang mengganggu dengan cara di bawah ini:

  • Buka browser UC Browser.
  • Kemudian klik ikon garis tiga yang terletak di sisi tengah bawah.
  • Pilih menu Ad Block kemudian aktifkan Ad Blocker serta Powerful Ad Blocker.

6.    Reset HP

Jika cara di atas belum berhasil, kamu bisa mencoba untuk reset HP ke pengaturan pabrik atau Factory Reset. Cara ini pun dianggap cukup efektif karena semua data yang ada pada sistem HP akan dikembalikan seperti baru.

Namun sebelum melakukan reset, pastikan semua data yang penting sudah kamu cadangkan ya. Jangan sampai data yang penting ikut terhapus.

Aplikasi Pemblokir Iklan Di Android

Aplikasi pemblokir iklan

Aplikasi browser memang banyak, jika browser yang kamu gunakan bukan Google Chrome maupun UC Browser gunakanlah aplikasi pihak ketiga untuk menghilangkan iklan.

Penggunaan aplikasi di bawah ini bisa untuk HP yang sudah di root maupun belum di root. Tinggal sesuaikan dengan perangkatmu saja.

1.    AdAway

Aplikasi pemblokir iklan pertama adalah AdAway yang biasa digunakan untuk android yang sudah di root. Kamu bisa mengunduhnya melalui F-Droid.

Aplikasi pemblokir iklan ini menggunakan file host untuk memblokir iklan sederhanan. Pemodifan file host ini bisa membelokkan iklan menuju tempat lain sehingga bisa menghilang dari aplikasimu.

    • Unduh aplikasi F-Droid di Google Play.
    • Kemudian buka aplikasinya dan pilih Update Repository F-Droid.
    • Setelah selesai terinstall kemudian buka dan cari aplikasi AdAway.
    • Unduh dan isntall AdAway.
    • Ketika proses pengunduhan dan penginstallan selesai maka akan muncul izin akses aplikasi. Berikan akses aplikasi dengan klik Grant.
    • Selanjutnya kamu bisa memilih Download Files And Apply Ad Blocking.
    • Setelah proses pemasangan pemblokir iklan selesai, akan muncul notifikasi pengaplikasian berhasil dan perintah untuk melakukan Reboot.
    • Reboot Hp kamu dan jalankan kembali browser untuk mengecek apakah iklan kembali muncul atau tidak.

2.    NoRoot Firewall

Dengan NoRoot Firewall, kamu tidak hanya bisa memblokir iklan yang muncul di browser namun juga aplikasi yang berpotensi dimasuki iklan. Cara pemblokirannya cukup mudah kok, seperti ini:

  • Setelah mengunduh NoRoot Firewall di Google Play, buka aplikasinya.
  • Kemudian pilihlah aplikasi yang ingin diblokir dari iklan dengan menandai centang.

3.    AdBlock Browser

AdBlocker

Aplikasi AdBlocker ini bisa kamu temukan di Google Play Store dan bisa digunakan pada perangkat yang sudah di root maupun tidak di root. AdBlocker ini pun bisa digunakan untuk memblokir segala jenis iklan seperti, pop up, video iklan pramuat, banner dan lainnya.

4.    AdClear

Aplikasi AdClear bisa menghilangkan iklan yang ada di browser maupun pada aplikasi. AdClear bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Setelah aplikasinya terpasang silahkan ikuti langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi AdClear kemudian klik Power.
  • Setelah muncul notifikasi VPN klik OK.
  • Tunggulah sampai proses selesai.

5.    AdGuard

AdGuard

Aplikasi AdGuard ini bisa kamu dapatkan di Google Play Store ataupun situs resminya. AdGuard memiliki dua versi yaitu yang gratis dan berbayar. Versi gratis hanya mampu memblokir iklan pada browser saja, namun versi berbayar bisa memblokir iklan pada aplikasi yang lain. Dan juga penggunaan aplikasi ini sangat fleksibel karena bisa digunakan pada android yang sudah di root maupun belum di root.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat