Cara Menghadapi Rating Website Turun

jasa pembuatan website jogja

jasa pembuatan website jogjaCARA MENGHADAPI RATING WEBSITE TURUN

Jasa Pembuatan Website Jogja – Website merupakan media promosi melalui online. Website ini biasanya akan disetting SEO agar rating atau peringkat halaman website Anda berada di halaman 1 Google. Namun bagaimana jika Anda mendapati peringkat website Anda turun? Berikut ini adalah beberapa cara menghadapi rating website turun. Jangan panik ya sahabat Jasa Pembuatan Website Jogja.

Pemahaman akan SEO saat ini pada masyarakat bisa dikatakan salah kaprah, terlebih banyak orang maupun perusahaan yang menjanjikan peringkat tertentu suatu keyword pada mesin pencari. Dengan melihat hal tersebut maka kami beranggapan sudah banyak yang salah memahami akibat janji hoax yang terus dipelihara, SEO seperti ini sudah kadaluarsa sejak tahun 2013, hingga saat ini google secara berkala terus memperbaiki algoritmanya. SEO adalah bagaimana mengoptimalkan dan memasarkan website pada mesin pencari, bukan mengoptimalkan keyword pada mesin pencari. SEO tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika suatu keyword bisa mencapai halaman satu dalam waktu singkat, pastilah keyword tersebut sangat rendah intensitasnya dalam artian sangat jarang sekali orang mencari di google. Sedangkan SEO yang sebenarnya akan mengoptimalkan semua keyword yang berpotensi mendatangkan pengunjung dengan terlebih dahulu memperhatikan isi dari konten yang akan dipublikasikan.

Setelah anda membaca kutipan diatas anggap saja kita sama-sama paham. Memahami bahwa peringkat suatu website atas keyword-keywordnya membutuhkan waktu yang tidak singkat. Naiknya tidak singkat dan turunnya pun tidak singkat. Yang terjadi adalah penurunan secara tiba-tiba dan signifikan, hal ini akan saya bahas.

Fluktuatif Naik Turun Yang Normal

Yang dikatakan wajar disini adalah fluktuatif. Posisi website untuk sample keyword yang kita awasi naik dan turun setiap hari bahkan setiap waktu dapat dikatakan normal. Sekarang turun besok naik dan sebaliknya. Cenderung naik perlahan jika website anda teroptimasi dengan benar, sebaliknya turun perlahan jika kalah dalam persaingan.

Pelajari Cara Cek Peringkat Melalui Google Webmaster

Peringkat Website Turun – Drop Jauh Secara tiba-tiba

Salah satu web yang mengalami penurunan peringkat dan pengunjung

Saya yakin jika dihadapkan pada situasi ini anda pastinya kaget, bingung, tidak percaya hingga mood anda menjadi jelek seharian. Bagaimana tidak, setiap pemilik website memperjuangkan posisinya di hasil pencarian google teratas, namun tiba-tiba websitenya menghilang atau turun dari halaman 1 ke halaman 10. Tentu hal ini pastilah berpengaruh terhadap jumlah visitor yang datang dari mesin pencari google.

Lakukan Langkah Pendeteksian Penyebabnya

Jika mengalami masalah penurunan trafik semua keyword secara tiba-tiba jangan dulu panik, karena panik itu akan memperburuk keadaan anda, ambil secangkir teh, dan duduk manis. Banyak kemungkinan yang menyebabkan demikian mulai dari kesalahan anda, perubahan algoritma mesin pencari hingga kesalahan mesin pencari. Memahami berbagai kemungkinan penyebabnya alangkah lebih baiknya anda melakukan langkah pendeteksian penyebab turunnya peringkat website anda melalui langkah-langkah :

Kemungkinan Terkena Manual Penalty

Manual penalty adalah tindakan yang diberikan langsung oleh pihak google, pegawai google. Untuk mengetahui jika website anda terkena penalti bisa login ke akun webmaster “search console” untuk melihat property website. Ada dua hal pemberitahuan yang harus anda perhatikan pada akun webmaster anda, yaitu Manual Action dan Security Issues.

  1. Manual Action => umumnya terkait dengan kesalahan anda dalam melakukan optimasi baik internal maupun eksternal. Sebagai contoh pemasangan link yang terlalu banyak namun tidak relevan.
  2. Security Issues => terkait dengan terdapatnya malware atau program berbahaya dan sejenisnya yang terdapat pada website anda.Biasanya disebabkan penyusup (hacker), ataupun program advertising yang tidak aman.

Jika anda menemukan pemberitahuan Manual Action atau Security Issues sebaiknya diperbaiki kemudian lakukan permintaan peninjauan dari google (reconsideration request), ceritakan langkah-langkah yang sudah anda perbaiki, misal disavow link jika terkait masalah backlink yang tidak relevan. Jika disetujui dalam beberapa hari posisi ranking anda akan dikembalikan ke posisi semula. Namun jika tidak ditemukan masalah apapun berarti ada penyebab lain.

Kemungkinan Terkena Google Flux, Tunggu Selama 7 Hari

Website pulih dengan sendirinya dalam 4 hari

Google flux sendiri merupakan sebutan fenomena dimana semua keyword website turun jauh atau menghilang di hasil pencarian google (SERP Google) tanpa sebab yang jelas dan akan kembali ke posisi semula dalam beberapa hari. Tanpa sebab yang jelas berarti :

  • Tidak ada Manual Penalty
  • Tidak ada Kesalahan Struktur website baik crawl error, sitemap dan robot.txt
  • Tidak ada pembaruan algoritma (algorithm update).
  • Tidak ada masalah Server.

Selama proses penantian dalam 7 hari sebaiknya anda secara aktif mencari informasi jika ada kemungkinan penyebab lainnya.

  1. Kembali ke akun webmaster, periksa apakah ada crawl error, sitemap error, no index dari robot.txt
  2. Baca kembali google guildeness (pedoman cara membuat website yang baik)
  3. Aktif bertanya di forum bantuan webmaster google.
  4. Browsing ke forum-forum webmaster ataupun lewat pencarian google mengenai adanya update algoritma google terbaru.

Untuk update algoritma sekarang google tidak menjelaskannya secara terperinci, jadi alangkah baiknya anda sendiri “bergerilya” mencari informasi untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Kemungkinan Terkena Pukulan Pembaruan Algoritma Google (Algorithm Update Hit)

Website terkena pukulan pembaruan algoritma google

Jika sudah melewati masa penantian selama 7 hari namun website anda masih saja belum pulih, maka sebaiknya anda mulai meyakini bahwa hal ini disebabkan oleh penalty algoritma. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel mengenai jenis algoritma google, jika website anda melanggar aturan maka bersiaplah terkena sanbox (hukuman) diturunkan peringkat dan terparah adalah hilang dari deretan posisi mesin pencari. Adapun pelanggaran-pelanggaran nya sudah saya sebutkan pada artikel tersebut.

Selain algoritma yang sudah ada, google pun sering kali membuat, menambahkan, memodifikasi algoritma baru, seperti akhir bulan maret 2017 yang dinamakan algoritma google fred. Google Fred Update Targets Ad Heavy, Low Value Content Sites“, Google fred akan menghajar habis website yang memasang advertising. iklan yang berat  diluar batas kewajaran serta konten berkualitas rendah. Yang menarik pada google fred ini adalah internal link juga mulai diperhitungkan relevansinya (sebelum2nya link ke website lain), juga jumlah keyword yang ditargetkan dalam satu halaman sebaiknya jangan terlalu banyak, yang wajar-wajar saja serta harus relevan.

Sebagai contoh saya ambil dari salah satu website klien yang terkena “hit” google fred pada awal april. Sebetulnya ada tiga website klien saya yang anjlok hampir pada waktu yang bersamaan, namun dua diantaranya pulih dalam 3 dan 5 hari sehingga kemungkinan hanya terkena google flux saja. Namun satu website tidak kunjung pulih lebih dari 7 hari sehingga dapat diambil kesimpulan website klien saya yang satu ini terkena tendangan algoritma google fred.

Terkena Algoritma Google Fred

Cara Pulih (recover) Dari Dampak Pembaruan Algoritma

Jika terkena musibah seperti ini maka tidak ada lagi keinginan anda selain cepat pulihnya website normal seperti sebelumnya. Untuk mencapai itu maka anda harus mencari tahu apa penyebabnya, jika disebabkan seperti yang saya alami (akibat update algoritma) maka cari informasi apa yang diperbarui dari algoritma tersebut. Jika masalah pada website anda sudah diatasi langkah selanjutnya bersabar, menunggu google menempatkan website anda ke posisi yang seharusnya.

Website berangsur pulih setelah kurang lebih 3 pekan terkena dampak berkurangnya visitor, cara memperbaikinya mengacu pada informasi target dari pembaruan algoritma. Merubah link keluar yang tidak berhubungan menjadi nofollow, menghilangkan link keluar dan internal yang tidak relevan, mengurangi jumlah keyword yang di targetkan di halaman depan.

Patuhlah Terhadap Aturan Google dan Mesin Pencari Lainnya

Pada Google Guildness, “leader” dari mesin pencari ini menetapkan aturan-aturan yang harus dipatuhi dan diterapkan oleh webmaster dalam membangun, menjalankan dan mengoptimasi website. Sebagaimana anda ketahui banyak teknik SEO yang sebenarnya sangat merugikan bagi kelangsungan website ke depannya. Mungkin saja saat ini “bug” tersebut masih bisa dilakukan sehingga cepat naik ke posisi terbaik. Akan tetapi ketika ada pembaharuan algoritma (google terus menerus secara berkala memperbaiki algoritmanya) maka website anda tertendang, untuk masalah ringan kemungkinan bisa pulih, untuk pelanggaran berat jangan harap bisa muncul kembali di halaman satu google, halaman belakangpun anda tidak akan pernah menemukan website anda (deindex).

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat