1.  Melakukan Remote VPS via PuTTY

Apakah anda pernah mendengar remote server? Remote server sama seperti akses via SSH di server. Artinya anda bisa mengendalikan, melakukan akses control, melakukan konfigurasi, dan melakukan instalasi software di server sendiri dari jarak jauh. Agar dapat mengakses VPS dengan Remote server anda membutuhkan akses SSH. Akses SSH dapat dilakukan disemua VPS melalui software bernama PuTTY atau terminal. Adapun cara-caranya sebagai berikut: pertama-tama download software PuTTY dari website resmi lalu lakukan install aplikasi. Kemudian anda mengisi IP Adres VPS yang sudah anda miliki dan anda isi port SSH yaitu 22. Pastikan komputer anda terhubung dengan internet untuk mulai melakukan Remote VPS menggunakan PuTTY.

2.  Melakukan Remote VPS via Terminal

Bagi anda pengguna Linux dan Mac OS, remote VPS dapat dilakukan melalui/via terminal yang sudah disediakan sebelumnya. Prosesnya hampir sama, namun lebih mudah. Anda hanya perlu menuliskan SSH di terminal tersebut, masukkan password VPS yang sudah anda dapatkan sebelumnya dan proses Remote VPS siap dilakukan.

3.  Akses VPS via Control Panel

Mengakses VPS melalui Control Panel sama seperti cPanel Hosting. Anda dapat memilih salah satu dari beberapa layanan Control Panel yang ditawarkan di internet.  Bisa layanan VPS local Indonesia yang beragam jenis paketnya dan juga lebih murah. Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan konfigurasi yang ribet dan sulit karena secara otomatis Control Panel akan menghantarkan anda ke VPS yang sudah anda beli sebelumnya.

Jika anda masih ragu dengan kemampuan anda dalam mengoperasikan VPS, anda dapat meminta bantuan dari pihak penyedia layanan VPS. Inilah yang menjadi alas an mengapa anda harus selektif dalam membeli VPS, pastikan penyedia layanan VPS juga menyediakan panduan dan pengoperasian khusus bagi pemula.