Cara Menggunakan Placeholder

Cara Menggunakan Placeholder

Cara Menggunakan Placeholder

placeholder.com-logo1 - Nexa 3DJogja One Solution – Bagi Anda sebagai developer ataupun desainer web yang sering menggunakan placeholder, disarankan untuk lebih hati-hati dan jeli dalam menggunakan teks placeholder. Karena bila Anda salah menempatkan placeholder, tentu akan menyebabkan masalah bagi user. Parahnya lagi, user akan kebingungan ketika menginputkan form. Tentu hal ini tidaklah baik bagi sebuah web atau aplikasi.

Pengertian Placeholder

Placeholder merupakan salah satu atribut HTML yang berfungsi untuk menuliskan teks pada tag input HTML. Placeholder menggunakan hampir setiap tipe input HTML, sangat bermanfaat untuk memberikan teks bantuan kepada pengunjung untuk input form yang kompleks. Selain itu Placeholder juga dapat meningkatkan usability dan nilai estetika dalam desain sebuah form.

Jika anda adalah seorang desainer web yang sering menggunakan Placeholder menyarankan untuk lebih hati-hati dan jeli dalam menggunakan teks ini, karena jika anda salam dalam menempatkan Placeholder tentunya akan menyebabkan masalah bagi pengunjung. Selain itu juga akan berakibat fatal karena pengunjung akan kebingungan ketika menginputkan form.

Tips menggunakan Placeholder yang baik

  • Jangan gunakan Placeholder sebagai label

Hal ini terkarenakan jika pengunjung meng-klik inputan tersebut, secara otomatis teks Placeholder akan menghilang. Lebih baik gunakan label  atas inputan, dan kosongkan teks Placeholder.

  • Jangan gunakan Placeholder sebagai teks contoh

Disarankan nada tidak menjadikan teks Placeholder sebagai teks contoh, karena ini akan membingungkan pengunjung.sebaiknya tmbahkan saja teks contoh dibawah inputan.

  • Jangan gunakan Placeholder sebagai teks bantuan

Menggunakannya sebagai teks bantuan sebenarnya tidak baik, mengingat ini tidak menggunakan untuk menuliskan deskripsi yang panjang. Silahkan gunakan tooltip untuk menuliskan informasi lanjut pada form.

  • Jangan gunakan Placeholder sebagai label sekunder

Sebaiknya tuliskan saja label sekunder di bawah inputan.

Disarankan agar:

  • Placeholder memiliki kontras warna lebih rendah

Disarankan agar teks placeholder memiliki kontras warna yang lebih rendah dibandingkan dengan teks inputan. Ini akan membantu user untuk membedakan yang mana isian dari inputan atau Placeholder.

  • Placeholder harus terlihat pada semua layar desain web reponsive

Jika anda membuat desain web reponsive, pastikan teks Placeholder terlihat pada semua jenis layar.

  • Placeholder tidak menghilang ketika user meng-klik inputan

Supaya pengunjung tidak merasa bingung, buatlah placeholder yang tidak menghilang ketika user aktif di inputan tersebut.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat