Cara Mengembangkan Usaha di Tengah Pandemi Corona

Cara Mengembangkan Usaha di Tengah Pandemi Corona

Cara Mengembangkan Usaha di Tengah Pandemi Corona

Pandemi Covid-19: Ketangguhan UMKM kembali diujiJogja One Solution – Sektor UMKM adalah salah satu sektor yang benar-benar terpukul sejak terjadinya pandemi Covid-19. Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mencatat per Agustus 2020, ada sebanyak 300.000 lebih para pengusaha yang melaporkan usahanya terperosok lantaran pandemi. Menurut Marketing Manager Steak 21 Lilis Musliawati, setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya selama pandemi. Berikut ini cara mengembangkan usaha di tengah pandemi corona.

 

 

Apa Itu Usaha?

usaha adalah

Usaha  adalah effort, aktivitas yang ingin Anda lakukan demi mencari keuntungan dan ada bukti yang mendukung niat tersebut. Misalnya, Anda membuka usaha dengan menjual makanan demi mendapatkan keuntungan.

Nah, pendapatan usaha ini bisa dari aktivitas apapun, baik untuk menawarkan produk maupun layanan, selama  yang Anda lakukan ini mendapatkan keuntungan. Usaha adalah sebuah proses untuk menemukan tujuan dalam memberikan layanan atau produk ke target audiens dengan ide-ide yang kreatif.

Usaha bisa juga disebut dengan bisnis. Ada banyak sekali bidang usaha yang bisa Anda geluti, mulai dari menjual produk fashion, kuliner, kerajinan tangan  atau menawarkan layanan seperti edit buku, freelance writer, fotografi dan lain sebagainya.

Tips Memulai Usaha

cara mengembangkan usaha kecil

Bagi Anda yang baru merintis sebuah usaha, di bawah ini adalah beberapa tips untuk Anda coba:

1.Temukan Passion

Ada baiknya jika Anda memulai usaha dari apa yang paling Anda sukai. Bisnis yang sukses membutuhkan banyak hal untuk di usahakan, dan ada baiknya Anda berangkat dari apa yang paling di sukai. Misal jika suka memasak, maka mulailah dengan membuka bisnis catering.

Usaha yang dimulai dari hobi bisa membuat Anda menikmati setiap prosesnya dari bawah hingga atas. Temukan gagasan tentang apa yang benar-benar diperlukan untuk mewujudkan keinginan Anda. Jangan memulai jika Anda tidak bisa berkomitmen dengan sepenuhnya untuk sukses. Komitmen sangat diperlukan jika Anda bersedia untuk melangkah maju.

2.Tulis Rencana Bisnis

Usaha

Setelah tahu apa yang hendak Anda bisniskan, langkah selanjutnya adalah mengembangkan gagasan sejelas mungkin tentang bagaimana bisnis akan menghasilkan uang. Tulis apa tantangan utama yang nantinya akan dihadapi ke depannya, sehingga tidak kaget jika suatu saat mengalami kejadian serupa.

Tulis juga gagasan tentang bagaimana Anda akan mengatasi tantangan tersebut. Pastikan semua ide dirangkum dengan cara yang teratur, misalnya dalam bentuk dokumen. Nah, dokumen ini adalah yang akan menjadi pedoman Anda karena berisikan rencana bisnis ke depannya.

Banyak orang yang memulai bisnis sampingan dan melewatkan langkah ini karena dianggap membuang-buang waktu. Namun, siapa yang tahu jika ternyata ide-ide yang sudah ada di kepala Anda bisa menjadi pegangan Anda untuk sukses ke depannya.

3.Dapatkan Modal Usaha

Mendapatkan dukungan finansial bisa menjadi tantangan tersendiri karena bank telah memperketat pinjaman untuk usaha kecil dalam beberapa tahun terakhir, apalagi jika Anda belum mempunyai NPWP. Namun, jika sudah memiliki rencana bisnis yang baik, bisa jadi bank mau memberikan Anda pinjaman modal. Jadi, pastikan langkah kedua pada tips memulai usaha ini sudah dilakukan dengan sebaik mungkin.

Cara Mengembangkan Usaha

Berikut adalah cara mengembangkan usaha khusus bagi pemilik usaha yang sudah berjalan, namun stuck di situ-situ saja.

1.Minta Feedback Pelanggan

Mintalah pelanggan Anda untuk memberikan saran untuk perbaikan bisnis Anda ke depannya. Salah satu caranya adalah dengan mengajak berbicara langsung ketika mereka sedang belanja produk atau menggunakan layanan. Meminta feedback bisa juga dengan cara berinteraksi dengan pelanggan melalui media sosial. Manfaatkanlah platform ini sebagai cara terbaik untuk mendapatkan ide dan feedback.

2.Minta Pendapat Supplier

Jika bisnis Anda bekerjasama dengan supplier atau vendor, cobalah untuk meminta ide apa yang sebaiknya dilakukan agar bisnis semakin berkembang. Supplier dan vendor adalah perusahaan besar yang pastinya memiliki wawasan yang luas tentang industri, pelanggan, dan pesaing pada bisnis yang sedang Anda geluti.

3.Bangun Jaringan

Cara mengembangkan usaha yang terakhir adalah keluar dan jalin hubungan yang baik dengan pemilik bisnis dan pengusaha lainnya. Berada di circle sesama pengusaha bisa memberikan ide dan perspektif baru tentang langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis.

Ikuti pula berbagai program pengembangan bisnis karena kadang komunitas pengusaha menawarkan program untuk membantu pemilik usaha kecil agar bisa belajar dari sesama anggota. Carilah peluang untuk berpartisipasi dalam program ini, kemudian ajak mereka ngobrol untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

4.Dewan Penasihat

Buatlah dewan penasihat sendiri untuk bertemu secara teratur dan membantu memandu langkah Anda menuju pertumbuhan bisnis. Anggota dewan penasihat mungkin termasuk pemilik bisnis kecil dan pemimpin bisnis lain dari komunitas yang Anda kenal dan percayai.

Itulah tips cara mengembangkan usaha yang bisa Anda maksimalkan. Perlu diketahui, memulai sebuah bisnis memang tidak mudah. Ada banyak tahapan yang harus dilakukan jika bisnis yang kita jalankan bisa tumbuh dan berkembang.

Salah satunya adalah kemampuan dalam memaksimalkan teknologi informasi. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, sebuah bisnis konvensional yang tidak memiliki website ataupun akun media sosial tentu akan kalah saing dengan kompetitor yang lebih adaptf terhadap perubahan trend.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat