Cara Mengembalikan File yang Hilang Permanen

Cara Mengembalikan File yang Hilang Permanen

Cara Mengembalikan File yang Hilang Permanen

Jogja One Solution –  Saat menhapus file sebenarnya file itu belum terhapus secara permanen. Jika memang belum terlambat dan ukuran file tidak terlalu besar, file itu pasti masih berada di Recycle Bin. Namun kadang kita sudah terbiasa mengosongkan Recylce Bin tanpa memperhatikan file yang akan terhapus, sehingga file akan terhapus secara ‘permanen‘. Berikut cara mengembalikan file yang hilang permanen.

Cara Mengembalikan file 

Perhatikan! penting untuk mengurangi atau menghentikan aktivitas di komputer yang mungkin  akan berpengaruh dengan ruang di harddisk (seperti mengcopy, atau mengsave). Karena, itu dapat beresiko file yang ingin kamu kembalikan berubah kondisinya menjadi tidak dapat dikembalikan, atau hilang, dan juga dapat membuat proses ini lebih sulit.
  1. Pertama – tama download dan install software file recovery pilihanmu. Tapi disni saya akan menggunakan Recuva.
  2. Jika sudah selesai menginstall, buka program.
  3. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Pilihlah salah satu jenis file yang akan dicari. Jika kurang yakin jenis file apa yang akan dicari, pilih All Files.

     

  4. Selanjutnya, pilih tempat dimana trakhir kali file itu berada. Dan jika kurang yakin, pilih I’m not sure untuk menscan  seluruh komputer. Klik Next >
  5. Jika ingin menemukan file yang lebih banyak. Centang kotak Enable Deep Scan. Ini untuk mencari lebih jauh ke dalam komputer. Dengan ini peluang menemukan file yang dicari lebih besar. Namun membutuhkan waktu sedikit lebih banyak.
  6. Tunggu hingga tahap – tahap scan selesai. Sementara ini, tinggalah sejenak komputermu, dan  usahakan jangan melakukan aktivitas lain di komputer, agar proses scan tidak terganggu. Kamu bisa meninggalkan sejenak komputermu.
  7. Setelah selesai , akan muncul ratusan mungkin ribuan file yang bermacam-macam. Untuk mencari file, klik Show Advanced Mode di kanan atas tabel. Lalu akan muncul sebuah search box. Disana tuliskan nama atau sesuatu yang berkaitan dengan filemu, seperti formatnya atau lokasinya.
    Perhatikan, di kiri tabel akan ada indikator warna yang menunjukkan kondisi file saat itu :
       Hijau       :   Masih bisa di recovery .
       Kuning    :   Keadaan file kurang sempurna, biasanya tidak bisa dikembalikan. Tapi masih                            ada harapan.
       Merah     :   Sepertinya file itu sudah rusak, dan sudah sangat sulit untuk mengembalikannya, atau tidak dapat dikembalikan lagi.
  8. Setelah sudah menemukan file yang akan dikembalikan, klik recover. Lalu pilih tempat file ini akan ditempatkan. Usahakan tempat berbeda dengan tempat semula file ini sebelum dihapus. Lalu akan muncul notifikasi seperti ini, menandakan proses ini berhasil.
Itu tadi cara mengembalikan file yang telah terhapus dari komputer menggunakan software. Namun jika kamu tidak bisa menemukan software yang dicari, masih ada cara lainnya. Yaitu dengan mengandalkan file recovery profesional di tempat terdekat. Namun, harus mengeluarkan beberapa ongkos untuk itu. Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat