Langkah 1

Keluarkan Cartridge dari printer Anda dan kumudian segera  bersihkan tempat dudukan Cartridge dengan tisu dan setelah itu rendam Cartridge dengan alkohol lebih kurang 3-5 menit.

Catatan : Jangan gunakan air untuk untuk membersihkan tempat dudukan Cartridge karena dapat merusak komponen listrik pada printer, cukup gunakan tisu.

Langkah 2

Setelah direndam dalam alkohol , Bersihkan head Cartridge dengan tisu, sampai kebocoran sudah mulai berkurang. Penyebab kebocoran pada Cartridge umumnya disebabkan oleh  debu atau puing – puing kecil yang menempel dan masuk ke head cartridge .

Langkah 3

Gosokkan secara perlahan tisu pada head Cartridge untuk mengidentifikasi area mana yang mengalami kebocoran.

Langkah 4

Setelah Anda menemukan  lokasi kebocoran. Lihatlah apakah ada celah penyebab dari kebocoran tersebut. Jika tidak ada celah yang terlihat , cukup lakukan pengeringan selama ½ Jam, Cartridge sudah bisa dugunakan secara normal kembali. Namun jika Anda menjumpai celah kebocoran pada Cartridge lanjutkan langkah ke 5 dibawah ini :

Langkah 5

Usap Cartridge sekali lagi, setelah Anda mengidentifikasi lokasi kobocoran dan potonglah sebuah selotip yang cukup untuk menutupi celah kebocoran tersebut. bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Langkah 6

Setelah itu Letakkan sebuah pita di atas selotip,  tutup celah  area Cartridge yang terlihat. Kemudian gunakan kembali secara normal, buka selotip dan pita . Untuk mengujinya lakukan dengan cara mencetak sebuah dokumen sekitar 5 halaman, Buka soletip, jika kebocoran tidak terlalu banyak. Jika masih mengalami kebocoran saya rekomendasikan untuk mengganti Cartridge printer, untuk menghindari kerusakan pada printer Anda.