Cara Membuat WordPress Multisite Dengan Cepat

Cara Membuat WordPress Multisite Dengan Cepat

Cara Membuat WordPress Multisite Dengan Cepat

Hasil gambar untuk Cara Membuat WordPress Multisite Dengan CepatJogja One Solution – Cara membuat WordPress Multisite mungkin masih menjadi pertanyaan bagi beberapa user, terutama yang memerlukan fitur ini namun belum benar-benar paham penjelasan detail mengenai Multisite WordPress ini. Ini memungkinkan user untuk dapat mengelola puluhan hingga ratusan website secara sekaligus dalam satu akun WordPress. Fitur ini memberikan akses kepada semua situs yang berada di dalam jaringan (network) untuk menggunakan fitur dasar yang mirip dengan WordPress utama yang diinstal.

Apa Itu WordPress Multisite

Sebelum melanjutkan lebih jauh mengenai WordPress ini., nampaknya Anda perlu tahu apa itu WordPress multisite. WordPress multisite adalah fitur bawaan WordPress yang mengijinkan pengguna untuk menginstall beberapa website dalam satu akun. Hanya dengan menggunakan WordPress multisite Anda bisa mengelola mulai dari puluhan hingga jutaan website, termasuk juga fitur themes WordPress, fitur WordPress, pengaturan WordPress dan konten WordPress.

Sebenarnya saat Anda melakukan instalasi WordPress biasa, fitur WordPress multisite ini sudah tersedia, namun secara default memang tidak diikutkan dalam instalasi, Anda perlu memilih opsi tambahan untuk bisa menjalankan WordPress multisite ini. Perlu diketahui pula bahwa struktur file, folder dan code base pada WordPress multisite ini sama dengan WordPress biasa, jadi Anda tidak perlu pusing saat melakukan seting.

Kelebihan WordPress Multisite

Anda mungkin penasaran sebenarnya apa saja kelebihan yang dimiliki oleh WordPress multisite jika dibandingkan WordPress biasa. Berikut kita bahas kelebihannya:

1.  Super Administrator (Super Admin)

Ini adalah pemegang kekuasaan tertinggi pada WordPress multisite. Super admin ini bisa mengatur segalanya dari dashboard WordPress utama seperti post, author, install plugin, install themes dan fitur-fitur lain yang ada pada dashboard utama.

Super admin inilah nantinya yang akan membagi kepada semua admin untuk mengurusi disetiap akun WordPress multisite.

2.  Network Admin

Selain itu super admin juga memiliki hak akses ke menu area ‘network admin’. Network admin pada WordPress berfungsi menjadi pusat akses ke berbagai opsi untuk mengatur  WordPress multisite. Jadi dengan satu dashboard di network admin Anda tidak perlu melakukan login ke WordPress multisite lainnya, cukup satu dashboard bisa untuk semuanya.

3.  Plugin

Plugin yang ada pada WordPress multisite cukup diinstal pada WordPress super admin saja, nantinya WordPress multisite akan terinstall plugin yang sama termasuk settingnya juga. Jadi Anda tidak perlu repot melakukan install plugin di beberapa website, cukup satu di super admin saja.

4.  Themes

Themes WordPress
Themes WordPress

Sama seperti plugin, Anda cukup install themes WordPress terbaik pada dashboard super admin. Nantinya pada WordPress multisite themes yang digunakan akan mengikuti sama seperti yang ada di dashboard utama. Selain itu untuk setiap admin WordPress multisite tidak bisa melakukan edit themes serta plugin.

5.  Server Tidak Terbebani

Dengan menggunakan WordPress multisite, Anda hanya perlu menginstall 1 akun WordPress saja sehingga dari kapasitas server tidak terbebani. Jika Anda menginstall secara sendiri-sendiri pasti kapasitas server akan cepat penuh. Contoh saja satu akun WordPress membutuhkan 100MB, untuk 10 akun WordPress saja sudah menghabiskan space 1GB.

Cara Membuat WordPress Multisite

Setelah Anda mengetahui apa itu WordPress multisite dan kelebihan yang dimilikinya, kini saatnya Anda menginstall fitur WordPress multisite. Untuk cara install WordPress tidak berbeda jauh dengan WordPress biasa, hanya ada sedikit perbedaan saja. Untuk tutorial cara install WordPress bisa Anda lihat pada artikel sebelumnya.

Perbedaanya ketika saat memulai install WordPress, Anda akan dihadapkan dashboard instalasi WordPress. Pada bagian ‘Site Settings’ terdapat pilihan ‘Enable Multisite (WPMU)’, nah inilah yang harus Anda berikan tanda ceklis untuk mengaktifkan fiturnya. Setelah itu prosesnya sama seperti instalasi WordPress biasa sampai selesai. Untuk gambarnya bisa Anda lihat seperti dibawah ini:

Mengaktifkan WordPress Multisite

Tidak sampai proses instalasi saja, masih ada tahapan selanjutnya yaitu cara mengaktifkaan WordPress multisite. Berikut cara mengaktifkak WordPress multisite:

  1. Silahkan login ke akun cPanel hosting yang Anda miliki. l
  2. Pada saat di dashboard cPanel hosting, pilih menu ‘Files’ kemudian ‘File Manager’.
  3. Kemudian pilih ‘public_html’ lalu pilih folder domain WordPress Anda, biasanya namanya mengikuti domain website.
  4. Scroll ke bawah dan temukan tulisan /* That’s all, stop editing! Happy Publishing. */. Kemudian tambahkan script dibawah tulisan tersebut sepeti ini .

/* Multisite */

define( ‘WP_ALLOW_MULTISITE’, true );

  1. Jika sudah silahkan klik ‘Save Changes’ pada pojok atas.
  2. Langkah selanjutnya silahkan login ke akun WordPress utama Anda.

Konfigurasi WordPress Multisite

Setelah Anda berhasil login ke akun WordPress, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk konfigurasi WordPress multisite:

  1. Langkah pertama non-aktifkan plugin yang sudah terinstall pada WordPress. Caranya silahkan klik menu ‘Plugins’ lalu ‘Installed Plugin’. Non aktifkan semua plugin yang ada sementara agar proses seting berjalan lancar. Caranya klik pada bagian ‘Deactive’ setiap plugin-plugin tersebut.
  2. Selanjutnya silahkan pergi ke menu ‘Settings’ lalu pilih ‘Network Setup’. Anda akan disuruh menambahkan beberapa script coding pada wp-config.php dan pada .htaccess.
  3. Untuk cara menambahkan di wp-config.php, silahkan login ke cPanel kemudian pilih File Manager > Public Html > Folder domain Anda > wp-config.php, selanjutnya tambahkan script code seperti dibawah setelah tulisan /* That’s all, stop editing! Happy Publishing. */:

define(‘MULTISITE’, true);

define(‘SUBDOMAIN_INSTALL’, false);

define(‘DOMAIN_CURRENT_SITE’, ‘multisite.ujiproduk.com’);

define(‘PATH_CURRENT_SITE’, ‘/’);

define(‘SITE_ID_CURRENT_SITE’, 1);

define(‘BLOG_ID_CURRENT_SITE’, 1);

jika sudah silahkan ‘Save Changes’

    1. Selanjutnya masih pada lokasi yang sama, cari file .htaccess, kemudian tambahkan script coding berikut:

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat