Cara Membuat Default htaccess WordPress Dengan Mudah

Cara Membuat Default htaccess WordPress Dengan Mudah

CARA MENCARI DAN MEMBUAT.HTACCESS WORDPRESS DI CPANELJogja One Solution – WordPress tidak bisa diragukan kemampuannya jika itu berhubungan dengan sistem blog. Meskipun pada umumnya dikenal sebagai sistem manajemen konten (CMS), keunggulan WordPress terletak pada manajemen blog. Karena WordPress kini telah berkembang dan menjadi populer, kebanyakan web developer mau tidak mau akan berhadapan dengan CMS ini. Ada satu kelalaian yang dilakukan para developer, yaitu menggabungkan file .htaccess dengan WordPress. Berikut ini cara membuat default htaccess wordpress dengan mudah

 

 

Apa itu htaccess

File htaccess adalah file yang berfungsi untuk melakukan konfigurasi server. File ini hanya ditemukan pada hosting dan VPS yang menggunakan web server Apache. Tidak hanya pada WordPress saja, tetapi file htaccess ini ditemukan pada semua website yang menggunakan Apache.

File htaccess secara default saat installasi disembunyikan oleh sistem, tujuannya agar file ini tidak dimodifikasi sembarangan sehingga membuat website tidak bisa diakses. Lokasi file ini biasa berada pada folder direktori root cPanel, untuk bisa membuka caranya Anda perlu membuka folder hidden pada direktori hosting.

Fungsi file .htaccess

Htaccess memiliki peranan yang penting, jadi Anda perlu hati-hati menggunakan file ini agar tidak terjadi error, nah berikut beberapa fungsi dari file htaccess yang perlu Anda ketahui:

  • Konfigurasi server
  • Setting redirect URL website
  • Mengatur hak akses pada file/URL tertentu
  • Memblokir bot yang melakukan pengindeksan website
  • Mencegah pengunjung membuka direktori terlarang
  • Memberikan proteksi password pada direktori website
  • Mencegah hotlinking images dari website.
  • Memberikan pilihan index dan no-index pada halaman website.

Default htaccess WordPress

Saat menginstall WordPress pertama kali, Anda akan mendapatkan setting default file htaccess. Tetapi sayangnya file ini masih disembunyikan pada direktori root hosting yang Anda gunakan. Daripada penasaran berikut setting default htaccess pada WordPress.

# BEGIN WordPress

RewriteRule ^index\.php$ – [L]

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

RewriteRule . /index.php [L]

# END WordPress

Anda perlu tahu setting ini, karena saat website Anda error pada htaccess, cara yang paling mudah untuk memperbaikinya adalah dengan replace file htaccess baru. Cara ini paling cepat dan aman untuk mengembalikan website Anda agar bisa diakses kembali.

Untuk format file htaccess ini biasanya berbentuk txt, jadi Anda bisa membuatnya di notepad kemudian save dan upload pada direktori root website. Jangan lupa untuk penamaanya juga harus benar agar bisa dibaca oleh server, contoh penamaan yang benar adalah “.htaccess” dengan format text.

Cara membuat file .htaccess

Sebelum melanjutkan cara membuat file htaccess, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki akses untuk masuk ke panel hosting dan juga akun FTP. Karena nanti Anda perlu login untuk mencari file htaccess pada direktori root.

  1.   Silahkan login terlebih dahulu pada cPanel hosting website Anda. Ada beberapa cara login cPanel hosting seperti berikut ini.
Login cPanel
    • http://namadomain.com:2082
    • http://namadomain.com/cpanel
    • http://cpanel.namadomain.com

biasanya username dan password disertakan saat pembelian layanan hosting, silahkan  buka email dari provider hosting yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan layanan WordPress hosting dari Qwords, username dan password akan diberikan via email.

  1.   Jika sudah berhasil login, Anda akan masuk pada dashboard cPanel. Silahkan Anda lihat-lihat terlebih dahulu menu apa saja yang ada pada dashboard cPanel tersebut. silahkan cari menu “File Manager” pada bagian FILES. Silahkan buka menu tersebut untuk membuka direktori hosting Anda.
    Buka File Manager
  2.   Jika sudah silahkan scroll kebawah dan temukan folder “public_html”, silahkan buka folder tersebut.
    Cari folder public_html
  3.   Nah silahkan cari file dengan nama .htaccess dengan icon berwarna ungu. Jika tidak ada berarti file htaccess masih dihidden oleh server. Nah caranya silahkan pilih menu “Settings” pada pojokan atas kemudian pilih “Show Hidden Files” kemudian “Save”. Silahkan lihat file .htaccess akan muncul.
    Membuka hidden file htaccess
  4.   Silahkan pilih pada file htaccess kemudian pilih edit dengan logo pensil pada menu bagian atas. Untuk lebih jelasnya seperti berikut ini.
    Edit file htaccess
  5.   Jika sudah terbuka kira-kira tampilannya seperti dibawah ini. Nah untuk Anda yang ingin membuat file htaccess default silahkan copy pada script diatas kemudian lakukan paste pada file diatas. Jika WordPress Anda sudah menggunakan banyak custom maka akan ada banyak script pada file ini.
  6.   Nah jika sudah Anda tinggal pilih “Save Changes” pada pojok atas.
    Save htaccess

Selamat Anda sudah bisa membuat default htaccess pada WordPress dengan benar. Jika Anda menggunakan panel lain selain cPanel seperti Plesk, DirectAdmin, Webuzo dll pasti ada beberapa cara yang berbeda.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat