Cara Kerja WhatsApp Verifikasi Dua Langkah

Cara Kerja WhatsApp Verifikasi Dua Langkah

CARA KERJA WHATSAPP VERIFIKASI DUA LANGKAH

Cara Kerja WhatsApp Verifikasi Dua Langkah – Pada artikel sebelumnya juga kita sudah sedikit menyinggung tentang pentingnya verifikasi dua langkah pada WhatsApp. Lantas bagaimana sih cara kerja dari WhatsApp verifikasi dua langkah ini? Mungkin ini akan menjadi pertanyaan bagi kebanyakan orang bukan? Maka dari itu kita ulas bersama-sama pada kesempatan kali ini.

Cara kerja verifikasi 2-langkah

Login > Masukkan username & password > Masukan kode verifikasi 6 digit yang dikirim ke ponsel

Ya, sesederhana itu.

Kode verifikasi enam digit bisa dikirimkan via SMS, atau jika kamu pengguna Android, BlackBerry atau iPhone, kamu bisa memakai aplikasi bernama Google Authenticator yang dapat menghasilkan kode. Aplikasi ini bekerja dengan mengakses akun Google di ponsel kita, lalu memindai (scanning) barcode rahasia di layar dengan menggunakan kamera ponsel kita.

Aplikasi Google Authenticator untuk Android tidak membutuhkan koneksi internet agar dapat bekerja. Bahkan dalam mode airplane aplikasi ini tetap dapat menghasilkan kode verifikasi.

Bagaimana kalau ponsel kita hilang?

Jangan takut, saat pertama kali mengaktifkan fitur verifikasi 2-langkah, kita akan diminta untuk memberikan nomor telepon cadangan, yang dapat digunakan untuk mendapatkan nomor verifikasi enam digit seandainya ponsel hilang.

Kita juga akan diberikan satu set kode verifikasi cadangan, yang hanya bisa digunakan untuk login sekali. Jika ponsel hilang atau ketinggalan, kita masih bisa memakai kode ini untuk login sekali.

Password panjang saja tidak cukup

Jika belum mengaktifkan fitur verifikasi 2-langkah pada akun-akun online kamu, sudah saatnya diaktifkan. Karena password yang kompleks dan panjang saja tidak cukup untuk mencegah hacker menyusup ke akun kita. Login melalui jaringan Wi-Fi yang tidak terenkripsi saat menggunakan hotspot publik juga bisa menjadi celah bagi hacker untuk mengintai akun kita.

Hacker juga bisa mengintip password kita menggunakan keylogger (program mata-mata yang dapat merekam apa yang kita ketikkan di keyboard). Atau hacker bisa melakukan teknik rekayasa sosial melalui phishing agar pengguna tertipu dan memberikan identitasnya.

Sayangnya masih banyak orang yang belum menggunakannya fitur verifikasi 2-langkah ini. Kemungkinan besar karena banyak yang belum pernah mendengarnya, atau pernah mendengar tapi malas mengaktifkannya karena merasa repot harus login dua kali.

Catatan: Hanya karena kita menggunakan password yang kuat dan sulit ditebak, serta mengaktifkan fitur verifikasi 2-Langkah, bukan berarti akun kita dijamin 100% aman dan tidak bisa disusupi. Seiring populernya fitur ini, para hacker pasti akan mulai mencoba untuk mem-phishing kode verifikasi dengan cara yang sama saat mereka melakukannya untuk mendapatkan username dan password, lewat aplikasi mobile palsu misalnya.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat