Cara Install CodeIgniter di Windows

Cara Install CodeIgniter di Windows

Mengenal Framework CodeigniterCARA INSTALL CODEIGNITER DI WINDOWS

Framework – Jika kita sudah membahas tentang CodeIgniter pada artikel sebelumnya, sekarang kita akan membahas tentang Cara Install CodeIgniter di Windows. Bagi kalian yang masih pemula dan baru ingin belajar mengenai CodeIgniter, jangan perlu ragu.

Disini kita akan memperlajari bersama bagaimana cara install CodeIgniter di Windows dengan mudah.

Cara Install Codeigniter

 

Step 1: Download file Codeigniter

Silahkan klik link https://codeigniter.com/ lalu download framework codeigniter terbaru, saat ini yang terbaru adalah versi 3.1.3, dan akan terus berlanjut ke versi berikutnya.

Step 2: Ekstrak dan Install Codeigniter Framework

Setelah anda download maka anda akan mendapatkan sebuah file bernama CodeIgniter-3.1.3.zip, silahkan ekstrak file tersebut setelah itu akan muncul folder bernama CodeIgniter-3.1.3, silahkan anda rename menjadi codeigniter lalu salin folder tersebut ke folder root anda, yaitu di htdocs, sedangkan linux di folder www/html.

cara install codeigniter

Step 3: Konfigurasi Base URL Codeigniter

Setelah anda selesai melakukan instalasi codeigniter maka selanjutkan melakukan konfigurasi base url yang terdapat di folder application/config/config.php silahkan anda buka dengan teks editor yang anda sukai. Lalu pada bagian kode dibawah ini:

$config[‘base_url’] = ”;

Ubahlah menjadi dibawah ini:

$config['base_url'] = 'http://localhost/codeigniter';
Nilai tersebut harus sesuai dengan alamat/nama folder yang anda tentukan ketika anda menyalin 
file codeigniter ke dalam folder root web server anda.

Step 4: Selesai

Setelah semua sudah dilakukan sesuai dengan instruksi diatas silahkan buka browser dan ketikan url http://localhost/codeigniter, jika berhasil akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini:

cara install codeigniter

Jika tampilan telah sesuai dengan tampilan diatas maka codeigniter telah berhasil anda install pada komputer lokal, silahkan anda eksplorasi codeigniter tersebut, setelah tutorial cara install codeigniter ini untuk selanjutkan kita akan bahas tutorial codeigniter lebih dalam lagi.

Nah, tadi cara instalasi CodeIgniter di windows, cuku mudah kan? Semoga bermanfaat . . .

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat