Cara Cek Pemilik Domain Website Menggunakan Whois

Cara Cek Pemilik Domain Website Menggunakan Whois

Cara Mengecek Pemilik Domain dengan Mudah | APPKEYJogja One Solution – Langkah pertama membuat website adalah memilih nama domain. Anda bisa langsung cek domain pilihan Anda dan membeli paket layanan hosting yang sesuai. Namun, memilih nama domain bisa jadi tak semulus yang Anda bayangkan.  Setelah mengecek ketersediaan domain pilihan Anda, ternyata domain tersebut sudah terdaftar alias sudah dimiliki oleh orang lain. Otomatis Anda tak bisa mendaftarkan domain pilihan Anda. Tapi tenang, jangan buru-buru ganti domain pilihan Anda. Anda bisa coba cari siapa pemiliknya. Berikut ini cara cek pemilik domain website menggunakan whois

Tujuan Cek Pemilik Domain

Seperti apa yang sudah disampaikan sebelumnya, ada banyak alasan atau tujuan cek pemilik domain. Namun, secara umum beberapa alasannya bisa dilihat melalui daftar berikut ini:

1.Ingin menghubung pemilik website untuk menawarkan kerja sama

2.Sebagai langkah verifikasi apakah website dikelola oleh perseorangan atau badan usaha

3.Langkah antisipasi agar terhindar dari penipuan

4.Ingin mengetahui usia domain dan tanggalregistrasi

5.Dll.

 

Data Pemilik Domain yang Bisa Dilihat Lewat Whois

Nah, berikut ini merupakan rincian data dan informasi dari nama domain suatu website yang bisa dilihat melalui itus Whois domain lookup.

1.Domain Information

Domain information menjadi informasi kunci yang bisa digunakan untuk mengetahui tanggal registrasi serta tanggal expired domain. Selain itu, ada pula informasi registrar yang digunakan untuk mendaftarkan domain, status transfer, serta nameserver.

2.Registrant Contact

Informasi soal registrar biasanya disembunyikan oleh perusahaan terkait. Namun, informasi ini sendiri tidak terlalu bermanfaat bagi blogger atau pemilik brand karena tidak berhubungan langsung dengan informasi sang pemilik domain.

3.Administrative Contact

Pada bagian ini, data yang disajikan kurang lebih sama seperti yang ditampilkan dalam registrant contact. Yakni meliputi nama, alamat lengkap, serta jenis badan usaha yang digunakan.

4.Technical Contact

Di sini Anda bisa melihat informasi kontak jika domain mengalami kendala. Pada bagian ini biasanya memuat nama, organisasi, alamat lengkap, nomor telepon, serta email yang bisa dihubungi.

5.Raw Whois Data

Raw whois data bisa dibilang sebagai rangkuman dari semua informasi pemilik domain yang bisa ditampilkan. Anda bisa langsung menggunakan rujukan informasi dari Raw whois data jika ingin mengetahui pemilik domain suatu website, asalkan informasinya tidak di proteksi.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat