Cara-cara Promosi Bisnis Online

Cara - cara Promosi Bisnis Online

14 Cara Kreatif Mempromosikan Bisnis Online

Jogja One SolutionSebagai pebisnis pemula, Anda mungkin belum tahu strategi apa saja yang bisa diterapkan. Jika kamu bingung, coba saja cara-cara promosi bisnis online yang disediakan oleh jasa promosi jogja. Atau Anda kunjungi websitenya yaitu Jogja One Solution.

1. Email Marketing

Mengirimkan email pemasaran masih ampuh untuk mendapatkan pelanggan. Banyak orang selalu terhubung dengan email di telepon genggam mereka, sehingga email yang dikirim kemungkinan akan dibaca. Untuk itu, manfaatkan data email yang kamu punya untuk menjalin komunikasi dan menghasilkan penjualan. Cobalah kirimkan email penawaran kepada konsumen baru atau menyapa konsumen lama yang telah menggunakan produk kamu.

2. Buat Blog

Buat laman khusus untuk blog di website toko online untuk meningkatkan traffic. Kemudian, aktiflah menulis hal-hal menarik yang relevan dengan produk. Misalnya, jika kamu berbisnis pakaian, tulislah seputar fashion dan gaya hidup.

3. Search Engine Optimization

Memaksimalkan SEO pada website toko online memang butuh waktu, tapi sangat ampuh untuk membangun lalu lintas web yang organik ke dalam situs. Jika kamu kurang paham, kamu bisa menggunakan jasa ahli SEO. Mereka lebih tahu strategi SEO yang tepat untuk membuat situs kamu berada di halaman pertama mesin pencarian.

4. Siaran Pers

Mempublikasikan artikel press release atau siaran pers tentang bisnis kamu di media online dapat meningkatkan kredibilitas dan menjangkau masyarakat luas yang belum mengenal bisnis kamu. Sehingga semakin banyak orang akan mencari tahu lebih lanjut tentang produk kamu.

5. Review Produk di Blog

Selain mengirimkan siaran pers, kamu juga bisa menghubungi para blogger terkenal untuk mendapatkan promosi. Karena mereka biasanya tertarik jika dikirimkan sampel produk untuk di-review secara gratis maupun berbayar di blog mereka.

6. Program Afiliasi

Buat program afiliasi marketing. Ada banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet. Salah satu caranya dengan mengikuti program afiliasi untuk mendapatkan komisi jika mereka berhasil melakukan penjualan. Sistem kerjanya di mana orang lain akan mempromosikan produk jualan online kamu dengan membagikan tautan khusus di media sosial atau halaman blognya. Melalui tautan tersebut, kamu dapat melacak siapa yang mendorong penjualan.

7. Beriklan di Facebook

Ada seratusan juta pengguna Facebook di Indonesia. Banyak konsumen potensial di dalam media sosial terbesar tersebut. Cobalah beriklan di sana melalui Facebook Business Manager. Lalu, targetkan audiens yang akan melihat iklan tersebut berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, minat, dan lain-lain.

8. Instagram

Gunakan Instagram untuk membagikan konten visual menarik, entah itu gambar atau video pendek mengenai produk kamu. Kamu juga bisa melakukan endorsement dengan para influencer agar follower akunmu meningkat dan mendapatkan pelanggan baru.

9. YouTube

Buatlah video-video kreatif untuk memancing penonton. Video dengan visual dan narasi yang baik, dapat menjadi viral dan bahkan menggugah minat orang-orang untuk mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis kamu.

10. Pinterest

Cukup banyak pengguna internet yang aktif di Pinterest. Mereka kerap mencari-cari gambar menarik untuk mendapatkan inspirasi atau merencanakan pembelian barang.

Untuk itu, cobalah unggah foto-foto produk kamu yang berkualitas dan menarik di Pinterest.

11. Referral Marketing

Referral marketing adalah istilah pemasaran word-of-mouth atau dari mulut ke mulut. Strategi untuk membuat orang-orang mereferensikan bisnis kamu kepada orang lain. Pada website toko online, kamu dapat menerapkan referral marketing dengan cara mempermudah orang-orang menekan tombol ‘share’, sehingga konten gampang dibagikan. Supaya lebih menarik, kamu berikan penawaran tertentu. Misalnya, membagikan voucher diskon bagi mereka yang sukses merekomendasikan produk kamu ke temannya.

12. Kemas Produk Kamu Sebagai Hadiah

Banyak orang bingung mencari hadiah atau kado yang tepat untuk keluarga atau temannya. Mereka kerap menelusuri Google untuk menemukan referensi. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan produkmu. Jelaskan alasan kenapa produk kamu cocok untuk dijadikan sebagai hadiah. Coba tuliskan dalam blog, sehingga bisa dibaca oleh siapa saja yang kebetulan membacanya setelah menelusuri kata kunci tertentu di Google.

13. Kontes Berhadiah

Banyak orang suka dengan ajang kontes online berhadiah. Ini dapat jadi strategi menarik perhatian pengguna internet. Awalnya, mungkin mereka hanya mengincar hadiahnya. Namun, mereka juga akan jadi tahu produk kamu dan membantu menyebarluaskan informasi tentang bisnis kamu.

14. Pop-Up Shop

Bisnis kamu akan mendapatkan lebih banyak eksposur dengan membuka pop-up shop atau toko kecil sementara. Sehingga kamu dapat berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Contohnya, membuka kios saat akhir pekan atau hari libur di pinggir jalan atau di pusat perbelanjaan.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat