Bisnis Ibu Rumah Tangga Kekinian

Bisnis Ibu Rumah Tangga Kekinian
by

Hampir setiap orang bisa melakukan bisnis sampingan, tak terkecuali bagi ibu rumah tangga. Ingin tahu bisnis sampingan ibu rumah tangga apa saja yang bisa Ibu rumah tangga kerjakan di rumah?

1. Membuat Kerajinan

Jika Anda memiliki keterampilan membuat kerajinan, maka hal ini dapat Anda jadikan sebagai lahan usaha sampingan yang tepat. Bisnis sampingan tersebut bisa berupa membuat aksesories, pernik, pembuatan pakaian, rangkaian bunga, dan juga beberapa macam bentuk kerajinan lainnya.

 

2. Menjadi EO Kecil-kecilan untuk Acara Ulang Tahun Anak

Jika Anda memiliki anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar, tentu Anda juga mengetahui kegiatan-kegiatan di sekolah anak Anda. Nah gunakan saja sebagai peluang bisnis.

Dalam satu sekolah biasanya ada anak-anak yang membagikan makanan atau hadiah kepada teman-temannya ketika dirinya ulang tahun. Ambil saja kesempatan ini dengan menawarkan kepada orang tua mereka untuk diadakan acara ulang tahun bagi anak-anak mereka. Di sini Anda bertindak sebagai EO (Event Organizer/perancang acara) kecil-kecilan bagi anak-anak yang hendak mengadakan acara ulang tahun di sekolah tersebut.

Selain membantu pihak orang tua si anak yang berulang tahun karena Anda yang menyediakan diri untuk mengurus segala persiapannya, Anda juga dapat menyalurkan hobi Anda, jika Anda memilki hobi seperti memasak, membuat aksesories pesta.

Namun perlu diketahui, meskipun dalam skala kecil, EO yang Anda dirikan tersebut harus tetap mempertimbangkan berbagai macam aspek, baik itu yang berkaitan dengan persiapan, seperti makanan, perlengkapan, peralatan, dan juga manajemen untuk susunan acara tersebut. Sehingga pelaksanaan acara tersebut akan dapat berjalan lancar.

 

3. Membuka Les Pelajaran Sekolah bagi Anak-anak

Jika Anda merupakan salah satu orang yang antusias di dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan, atau Anda pernah mendapatkan pendidikan sekolahan/perguruan, maka tidak ada salahnya untuk membagikan ilmu yang Anda punya pada orang lain, seperti misal dengan membuka kursus les belajar, baik itu untuk anak tingkat sekolah dasar hingga tingkat atas, sesuai dengan tingkat kemampuan Anda.

 

4. Membuat Makanan/Jajanan

Bagi Anda yang hobi memasak atau mengkresikan kuliner, maka Anda bisa mencoba untuk membuka usaha yang berkaitan dengan makanan. Sehingga karya kuliner Anda pun tidak hanya disajikan untuk orang di rumah saja, melainkan juga untuk orang-orang di luar sana.

Sehingga lumayan, Anda bisa menarik keuntungan tambahan bagi keluarga. Jika Anda ragu apakah masakan Anda enak atau tidak, beranikan diri saja untuk menjual cemilan/makanan/jajajan Anda kepada orang lain. Jika respon konsumen Anda baik, Anda bisa mulai untuk mengembangkan bisnis kecil-kecilan ini, siapa tahu Akan menjadi besar kan? Tapi kalau ternyata masakan Anda kurang/tidak mendapat respon positif, maka pelajari lagi kiat-kiat memasak atau belajar dari panduan tips memasak.

 

5. Pelatihan Kecantikan/Make-up

Membuka pelatihan rias/make-up atau membuka salon rias kecil-kecilan dapat dijadikan referensi. Kadang beberapa pihak membutuhkan penataan kecantikan, misal saat acara tertentu. Nah, jika Anda memiliki kemampuan atau hobi dalam bidang ini, manfaatkan saja tata rias ini sebagai usaha sampingan.

Atau saat ini telah ada media sosial yang menghubungkan berbagai orang dari belahan dunia, seperti Youtube. Anda bisa memanfaatkan Youtube untuk menrauk keuntungan dari hobi Anda, dengan cara membuat konten tutorial make-up. Upload saja video tutorial make-up yang Anda buat di Youtube.

 

6. Bisnis Online

Saat ini, banyak sekali masyarakat yang ingin melakukan kegiatan dengan praktis, simpel, termasuk ketika berbelanja. Beberapa orang tidak ingin repot bepergian menuju toko tertentu untuk membeli kebutuhan mereka, maka beberapa di antaranya memilih untuk melakukan pembelian dengan sistem online.

Bagi Anda yang berminat dalam bisnis ini, Anda bisa mencoba untuk melakukan bisnis online yang tengah booming ini. Selain bisa dijalankan dengan modal yang cenderung kecil, bentuk bisnis online seperti ini juga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun sesuai yang Anda inginkan (lebih flexible).


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat