Beralih dari iOS ke Android, Google diam-diam meluncurkannya

Google diam-diam meluncurkan aplikasi Switch to Android untuk sejumlah wilayah pasar termasuk Amerika Serikat (AS). Seperti namanya, itu adalah aplikasi untuk pengguna iOS untuk beralih ke smartphone dengan sistem operasi Android.

Dikutip dari TechCrunch, sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat memudahkan pengguna iPhone (iOS) untuk mentransfer data ke ponsel berbasis sistem operasi atau OS Android. Bagi yang ingin berpindah atau bermigrasi dari iOS ke Android, aplikasi ini bisa membantu.

Namun, halaman tersebut menyatakan bahwa situs web Switch to Android Google belum diperbarui untuk menunjukkan ketersediaan aplikasi. Google juga belum secara resmi mengumumkan peluncurannya.
Baca juga:
Subsidi per Maret 2022 mencapai Rp 28,3 triliun, BBM dan LPG naik 2 kali lipat

Saat ini, pengguna iPhone di sejumlah negara hanya dapat menginstal aplikasi Switch to Android dari tautan URL tertentu yang dibagikan oleh TechCrunch. Jika Anda mencoba mengkliknya, pengguna iPhone di Indonesia juga dapat menginstal aplikasi Switch to Android.

“Aplikasi Google Beralih ke Android membantu Anda dengan cepat dan aman memindahkan jenis data terpenting Anda—foto, video, kontak, dan acara kalender—ke perangkat Android baru Anda tanpa repot kabel.” Aplikasi di App Store.

Setelah diunduh, aplikasi akan meminta serangkaian izin untuk memungkinkan data iPhone pengguna ditransfer ke perangkat Android baru pengguna. Selanjutnya, pengguna iPhone cukup memindai kode QR di perangkat Android baru mereka dan setelah itu, pengguna hanya perlu mengikuti langkah selanjutnya.

Dari memilih data apa yang akan ditransfer dari iPhone ke Android. Pilihannya adalah Kontak, Kalender, Foto dan Video. Kemudian pengguna juga akan diminta untuk menonaktifkan aplikasi pesan instan bawaan iPhone, iMessage, yang semuanya bisa dipindahkan.

Sumber :