Belajar Mengelola Website Sendiri

jasa pembuatan website jogja

jasa pembuatan website jogjaBELAJAR MENGELOLA WEBSITE SENDIRI

Jasa Pembuatan Website Jogja – Selain melayani pembuatan website, kami juga melayani kursus bisnis online. Dimana Anda akan diajarkan bagaimana cara membuat dan mengelola website sendiri. Anda juga akan diajarkan bagaimana sih cara marketing online? Berbisnis lewat online? Yuk belajar bersama kami sekarang juga!

Buat Website Apapun Bisa

Website dibuat bukan hanya untuk keperluan penunjang bisnis, namun sebuah website bisa digunakan untuk personal blog dinama kamu bisa menuangkan pengetahuan yang kamu punya ke dalam sebuah content informatif sehingga orang yang sedang belajar akan belajar lebih cepat berkat informasi yang telah kamu tulis dan publish dalam bentuk sebuah website.Jadi dengan tutorial cara membuat website ini kamu bisa membuat website untuk tujuan apapun mulai dari website perusahaan,sekolah,organisasi,jualan atau hanya sekedar website untuk ngeblog seperti aku ini.

Tutorial ini dibuat dengan sangat Detail mulai dari Tidak Paham SamaSekalihingga kamu BISA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI. Jika kamu belum akrab dengan istilah domain dan hosting,tenang saja karena disini akan dibahas secara lengkap dan tuntas.

LANGKAH 1
Menentukan Nama Website

DOMAIN (Alamat website)- Saat kamu mengakses blog/website pasti blog/website tersebut mampunyai nama yang biasanya berakhiran dengan .com,.net,.org,.id dan dot yang lain ,nama ini sekaligus digunakan sebagai alamat untuk mengakses sebuah website,seperti contoh saat ini kamu sedang membaca website yang berisi panduan cara membuat website pribadi dan perusahaan dengan alamat www.tembolok.id

Nah kamu pasti sudah punya bayangan nama domain apa yang akan kamu pilih dan gunakan untuk memberi nama sekaligus alamat untuk website yang akan kamu buat,jika kamu masih bingung domain apa yang cocok untuk website mu,kamu bisa cek tips cara memilih nama domain yang sesuai dengan content dan jenis website mu sahabat Jasa Pembuatan Website Jogja.

Bagaimana cara mengecek ketersediaan nama domain website?

Kamu bisa mengecek apakah nama domain yang akan kamu buat sudah dipakai orang lain atau belum dengan klik <strong>cek domain</strong> dan masukan nama domain yang akan kamu buat saat membuat website.

LANGKAH 2
Memilih Layanan Hosting

WEBHOSTING (Rumah Website)- Saat kamu menulis content/informasi yang akan kamu taruh di websitemu,maka kamu memerlukan tempat (rumah) untuk menyimpan content mu,content atau data ini bisa berupa tulisan,gambar,video ataupun file lain agar bisa diakses kapanpun dan oleh siapapun saat pengunjung mengakses alamat websitemu menggunakan nama domain yang telah kamu tentukan.Dengan kata lain kamu perlu komputer yang online 24/7 dan terkonek internet agar website yang kamu buat hidup dan bisa diakses kapanpun dan oleh siapapun.

Sewa WebHosting – Tapi jangan kuatir,kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli komputer dan bayar internet hanya untuk membuat website,karena sekarang sudah ada jasa layanan hosting yang menyewakan resource komputer untuk website yang akan kamu buat dengan harga yang sangat murah (20-30rb/bulan).

Pilih Hosting GRATIS atau BERBAYAR ?

Memang membuat website bisa dilakukan secara gratis,dan saya dulu juga menggunakan cara tersebut karena semua orang suka yang gratis.Hingga sampai suatu hari saya sadar bahwa di dunia ini tidak ada yang gratis,mereka tidak benar-benar memberikan nya secara gratis karena versi gratis mempunyai banyak sekali batasan dan sangat sulit untuk mengembangkan website di hosting gratis dan mau tidak mau saya harus beralih ke layanan berbayar agar website ku bisa dikembangkan dan punya fitur yang tidak terbatas.

Tidak Tau Harus Hosting Dimana?

Memilih webhosting dengan tepat bakan menentukan kualitas performa website yang akan kamu sahabat Jasa Pembuatan Website Jogja buat,ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan sewa webhosting dan tiap perusahaan mempunyai kualitas yang berbeda-beda.Jika kamu mengetikan kata kunci webhosting maka ada ribuan webhosting disana,untuk memudahkan mu memilih webhosting yang sesuai dengan kebutuhan membuat websitemu baiknya cek tips memilih webhosting terbaik.
Saat saya tidak bisa mengembangkan website saat menggunakan layanan gratis maka mau tidak mau saya harus beralih ke layanan berbayar agar website ku bisa dikembangkan dan punya fitur yang tidak terbatas. Kamu bisa mengorder domain sekaligus saat kamu membeli/order webhosting dengan harga murah bahkan gratis untuk pertama kali order.

NIAGA HOSTER- Saya menggunakan hosting niaga hoster untuk membuat website tembolok.id sejak april 2016 sampai sekarang dan selama itu saya tidak pernah mendapatkan masalah teknis ataupun non teknis yang mengganggu kinerja website tembolok.id,kalaupun saya ada kesulikan dan meminta bantuan lewat “tiket bantuan” selalu direspon dengan cepat ramah, jadi saya tidak ada alasan untuk berganti webhosting. Sebagai pelanggan yang rasional saya akan pindah langganan jika ada masalah yang tidak terselesaikan/pelayanan nya buruk ,tapi selama ini fine.

HOSTING REKOMENDASI- Saya memang belum pernah mencoba hosting yang lain,tapi secara pribadi saya puas akan layanan niaga hoster,karena sejauh ini website saya lancar dan tanpa kendala apapun dan saya tidak mau mengambil resiko untuk mencoba hosting lain.
Saya tidak mau merekomendasikan hosting lain yang secara pribadi belum pernah saya coba untuk membuat website yang akan kamu sahabat Jasa Pembuatan Website Jogja buat.Saya berani merekomendasikan Niaga Hoster karena saya sudah menggunakan nya di web ini dari april 2016.

Tidak Tau Cara Membeli Domain dan Hosting

Ikuti panduan lengkap cara membeli hosting dan domain di niaga hoster dan jadikan ini sebagai referensi jika tampilan dan menu mungkin berubah setiap saat tapi pada dasarnya sama,dimana kamu disuruh memilih domain dan jenis hosting serta metode pembayaran.

BIAR MURAH DAN HEMAT! WAJIB – Agar biaya pembuatan website mu murah meriah silakan daftar melalui link ini agar kamu mendapatkan promo terbaik saat ini dan masukan kode kupon a-TEMBOLOK.ID untuk mendapatkan extra diskon 5-10% tanpa syarat!!.

LANGKAH 3
Install CMS (Content management System)

Setelah membeli domain dan hosting,kamu sahabat Jasa Pembuatan Website Jogja belum bisa langsung menulis artikel di website yang akan kamu buat. Membeli/sewa webhosting ibarat kamu menyewa gedung/rumah/bangunan yang kosong melompong yang belum bisa digunakan untuk kegiatan apapun dan masih memerlukan perangkat lain untuk menjalankan sistem.Di dunia website sistem yang akan menangani semua urusan websitemu mulai dari alat untuk menulis,merubah dan mengatur tampilan website disebut dengan CMS (Content management System).

Apa itu CMS ?

CMS atau Content Management System adalah aplikasi berbasis web yang didesain untuk membantu user dalam membuat dan mengelola website miliknya.

Dengan CMS siapapun bisa membuat website sendiri tanpa harus belajar programming /membuat sendiri dari nol. Pada dasarnya CMS dibut oleh programmer menggunakan banyak bahasa pemrogramman mulai dari PHP,JS,CSS,XML.Ada banyak CMS yang tersedia di internet,namun saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan CMS WordPress karena sangat cocok untuk pemula yang ingin membuat website sendiri,saya berani  bilang demikian karena saya menggunakan nya dari awal belajar membuat website sendiri hingga sekarang dan WordPress menjadi pilihan favorit banyak orang hingga tahun 2019 ini berdasar data statistik https://trends.builtwith.com/cms .

Berdasar data statistik penggunaan CMS yang digunakan diseluruh dunia tahun 2019 https://trends.builtwith.com/cms,wordpress menempati urutan pertama dengan penggunaan hingga 50%

Kenapa Pilih WordPress ?

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan kenapa saya merekomendasikan wordpress untuk membuat website /blog mu.

Open SOurce dan Gratis- WordPress gratis 100%, jangan kamu kita gratis itu abal-abal, wordpress gratis karena berlisensi opensource dan setiap orang bisa berkontribusi ikut mengembangkan wordpress.Karena wordpress dibangun dari komunitas yang sangat besar maka perkembangan wordpress sangat pesat dan menghasilkan CMS yang handal.

Komunitas Terbesar- Dengan pengguna terbanyak di dunia ,wordpress mempunyai banyak forum post dan artikel lain tentang wordpress yang ditulis oleh para blogger,sehingga jika kamu ada kesulitan saat menggunakan wordpress,maka telah banyak artikel yang bisa memberi solusi atas masalahmu

Banyak Fitur-Dengan komunitas wordpress yang besar,worpress mempunyai jumlah addon yang sangat banyak,mulai dari yang gratis dan premium.Addon secara umum dibuat untuk menambah fitur CMS WordPress  sesuai dengan tujuan website dibuat.
Walau CMS gratis namun untuk theme dan addon ada yang berbayar,addon / theme  berbayar ini jelas dibuat oleh pihak ketiga dengan menawarkan berbagai fitur premium dan service untuk penggunanya. Tidak usa kuatir karena biasanya hanya fitur tertentu saja pada addon /theme yang  bisa diakses jika kita telah mengambil paket premium,selebihnya gratis kok 🙂

Mudah,Flexible dan Tangguh- WordPress mempunyai interface yang simpel sehingga pemula sekalipun gak bakal kesulitan menggunakan CMS WordPress.Wordpress mempunyai kemampuan cuztomisasi yang luar biasa, hal ini didukung dengan banyaknya jumlah addon dan theme yang dibuat oleh komunitas dan didistribusikan secara gratis melalui portal official wordpress .Dengan komunitas yang sangat besar, jika ada bug akan cepat ditemukan dan dengan cepat pula dibuatkan update patch untuk menambal bug sehingga pengguna wordpress aman dari exploitasi oleh hacker.

Website besar kecil pakai WordPress- WordPress bisa digunakan dari website kecil/blog hingga bisa dikembangkan untuk digunakan oleh website perusahaan besar seperti BBC America,Bloomberg profesional,Sony Music,MTV News,Microsoft News Center dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Install WordPress di Cpanel Webhosting ?

Setelah kamu berhasil membeli Domain dan Hosting seharusnya sekarang kamu sudah bisa mengakses control panel dari websitemu (contoh : tembolok.id/cpanel) ,sedangkan informasi akun cpanel bisa kamu liat di email ataupun member area di website hosting provider yang kamu pakai.

Untuk menginstall wordpress di webhosting mu kamu bisa mengikuti panduan lengkap cara menginstall wordpress di Cpanel

LANGKAH 4
Membuat dan Mengatur Content

Setelah kamu berhasil menginstall wordpress di hosting mu menggunakan cpanel,seharusnya sekarang websitemu sudah bisa diakses menggunakan alamat domain yang telah kamu pilih.
Hanya saja website mu masih polos dan kosong tanpa isi.Setelah kamu login ke CMS admin panel melalui link namawebsitemu.domain/wp-admin (contoh : www.tembolok.id/wp-admin) dengan akun yang telah kamu setting saat proses install wordpress,maka kamu sudah bisa mengatur tampilan dan mengelola website seperti merubah tema,menambahkan plugin,backup dan update CMS wordpress.

WordPress telah dilengkapi dengan text editor yang powerfull,mudah,lengkap dan elegan agar content creator seperti kamu lebih mudah dalam menyusun content (gambar,text,audio,video) saat kamu membuat sebuah artikel.

Jika kamu sahabat Jasa Pembuatan Website Jogja belum familier dengan menu-menu wordpress kamu bisa membaca cara membuat dan mengelola artikel di wordpress sebagai referensi untuk membuat artikel pertama mu

MENGELOLA WEBSITE

Hingga langkah ke 4 website mu sudah 100% jadi dan bisa diakses,kamu tinggal mengisi website mu dengan artikel yang sudah kamu rencanakan sebelum nya.Mengelola website bukan hanya membuat dan menulis artikel,namun masih ada hal lain yang harus kamu pahami dan lakukan setelah website selesai dibuat.Hal ini sangat penting karena apa arti sebuah website jika tidak ada pengunjung,kebanyakan pemula berharap langsung mendapat banyak pengunjung setelah website selesai dibuat.

Berikan Waktu Pada Websitemu Untuk Tumbuh dan Berkembang

Setelah website dibuat dan artikel ditulis maka sekiranya diperlukan waktu 3 bulan hingga 5 bulansampai website mu mendapatkan audience/pengunjung/trafic tetap,karena mesin pencari “google,yahoo,bing,dll” masih mengamati website mu yang masih baby (dalam masa tumbuh kembang) dan melakukan penilaian terhadap kualitas dari artikel/content yang ada di websitemu,jadi bersabarlah kalau website mu belum muncul di “google”,memang  prosesnya seperti itu dan tidak bisa instan,kecuali kamu mau mengeluarkan banyak duid untuk melakukan kampanye dan membayar tenaga ahli (mengeluarkan duid pun perlu waktu).Jadi kesimpulan nya memang sebuah website memerlukan waktu untuk tumbuh dan berkembang hingga mendapatkan audience tetap.

Konsisten Menulis Content/Artikel

Jeda waktu 3-5 bulan ini bisa kamu sahabat Jasa Pembuatan Website Jogja manfaatkan untuk fokus menulis content original dan berkualitas.Robot-robot mesin pencari akan terus memindai setiap hari website yang baru kamu buat,robot/agen ini lah yang akan memberikan penilaian isi /content/artikel didalam website mu layak atau tidak untuk direkomendasikan ke pengguna mesin pencari tersebut.Jika content mu lebih bagus dari content pesaing mu maka mesin pencari akan merekomendasikan content mu dengan cara meletakan list website mu di halaman pertama hasil pencarian “misal google”. Jadi tetap konsisten dan buat content/artikel yang original dan bukan hasil kopi paste dari website lain.

Google Webmaster tool dan Google Analytics

Hampir semua orang tau google dan menggunakan mesin pencari google untuk mencari informasi yang mereka perlukan,oleh karena itu kamu harus mendaftarkan website yang baru kamu buat ke mesin pencari google agar google merekomendasikan websitemu ke orang yang menggunakan mesin pencari google.Kamu bisa mengikuti panduan cara mendaftarkan website ke google agar website mu diindex selain itu kamu juga bisa memonitor trafic website mu menggunakan google analytics yang merupakan bagian dari google webmaster toolkebanyakan orang mengunakan mesin pencari google ketika mencari sebuah informasi,agar website kamu direkomendasikan ke orang yang sedang mencari informasi menggunakan google maka kamu perlu mendaftarkan website mu ke mesin pencari google menggunakan google webmaster tool

Dengan google webmaster tool,kamu bisa melihat statistik pengunjung dari website  yang kamu kelola,dari data tersebut kamu bisa melihat artikel mana yang banyak dikunjungi dan bisa dijadikan dasar untuk pengembangan dan optimasi content.

Optimasi WordPress

Penggunaan theme,plugin,gambar,video ,artikel terlalu banyak ataupun faktor teknis lain dapat memperlambat loading website wordpress mu yang berakibat menurun nya trafic karena pengunjung batal membuka website mu karena terlalu lama loading.

Untuk mencegah hal ini terjadi kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana untuk mengoptimalkan dan mempercepat loading page website wordpress yang kamu kelola.

Menggunakan WWW dan SSL

Menggunakan www dan SSL memberi tambahan nilai plus untuk website kita dimata mesin pencari “google”,jika kamu mengikuti panduan “cara membuat website sendiri” diatas kamu gak perlu melakukan nya secara manual,tapi jika kamu belum menggunakan WWW dan SSL kamu bisa mengikuti panduan cara merubah website wordpress menjadi www dan cara memasang ssl gratis di wordpress.

Keamanan dan Kecepatan Akses Website
Menggunakan CDN

Untuk tindakan pencegahan dan pengamanan  website mu dari hacker dan juga untuk meringankan beban server serta mempercepat akses websitemu baiknya kamu menggunakan teknologi CDN mulai dari sekarang.Kamu bisa mengikuti panduan mudah cara memasang CDN cloudflare di wordpress. Dengan menggunakan CDN website mu akan lebih aman dari tangan-tangan jahil selain itu website mu akan lebih cepat diakses darimanapun.Keuntungan lain jika menggunakan CDN seperti cloudflare adalah jika website mu down maka website mu masih bisa diakses karena server CDN menyimpan cache website mu,dengan begitu mesin pencari tidak akan sadar jika website mu down dan website mu aman dari penilaian buruk.

Menambah Upload Limit File Gambar

Untuk mengantisipasi kendala saat kamu ingin mengupload file dengan ukuran lebih dari 2MB saat kamu sedang menulis content/artikel,alangkah baiknya kamu menambah limit maximum upload file size pada wordpress.

Membuat  Sub Domain

Jika kamu menggunakan/mengaktifkan wordpress multisite maka kamu bisa membuat website lain dalam satu hosting dan menggunakan hosting dan domain yang ada saat ini.Kamu juga tidak perlu menginstall wordpress lagi untuk website barumu,dan yang paling penting kita bisa membuat subdomain dari domain yang telah kamu punya sekarang.Misalnya saya membuat http://tos.tembolok.id ingat tidak pakai www ya. Kamu sahabat Jasa Pembuatan Website Jogja bisa mengikuti tutorial cara membuat subdomain dengan wordpress multisite

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat