Beberapa Tips Mendasar Untuk Meningkatkan Customer Service

Beberapa Tips Mendasar Untuk Meningkatkan Customer Service

Beberapa Tips Mendasar Untuk Meningkatkan Customer Service

Jogaja One Solution – Tim layanan pelanggan Anda menjadi wajah dari perusahaan Anda, dan pengalaman pelanggan akan ditentukan oleh kualitas customer support yang mereka terima. Silahkan baca artikel berikut tentang pengertian layanan pelanggan. Perusahaan yang kuat akan memiliki relasi pelanggan yang baik. Tapi perusahaan yang cerdas akan selalu bertanya, seperti apa pelayanan pelanggan yang baik? Bila Anda belum mulai mencari cara untuk meningkatkan layanan pelanggan, maka hubungan Anda dengan pelanggan tidak akan mengalami kemajuan. Berikut ini beberapa tips mendasar untuk meningkatkan customer service

1. Mendengarkan Dengan Baik

Setiap customer Anda adalah seorang manusia yang nyata, mereka bukan robot atau mesin. Ketika mereka mengubungi Anda melalui telefon, chat atau email, mereka ingin supaya Anda memahami dengan baik permasalahan yang mereka sampaikan.

Sebelum memberikan respon, dengarkan dengan seksama setiap keluhan dari pelanggan dan pastikan Anda memahaminya.

2. Tumbuhkan Empati

Setelah Anda mendengarkan dan memahami apa yang customer sampaikan, cobalah membayangkan diri Anda berada di posisi customer. Boleh jadi, mereka adalah orang yang benar-sekali awam tentang produk yang Anda jual. Customer membutuhkan ketulusan hati Anda untuk membimbing mereka, langkah demi langkah untuk mempergunakan produk yang Anda jual.

3. Gunakan Bahasa Yang Positif

Customer adalah raja. Pilihlah kosakata dan diksi terbaik yang bisa Anda pikirkan untuk berkomunikasi dengan customer. Memang tidak selalu mudah, karena tidak setiap customer mampu menyampaikan pertanyaan atau keluhannya dengan positif. Anda membutuhkan manajemen emosi yang baik untuk mampu berkomunikasi secara positif dengan customer.

4. Tingkatkan Kemampuan Anda

Customer akan selalu berpikir bahwa Anda mengetahui segala masalah terkait dengan produk yang Anda jual. Faktanya, boleh jadi Anda sama-sama awamnya dengan customer dalam satu dan beberapa hal.

Meningkatkan kemampuan teknis berkaitan dengan produk Anda adalah proses yang harus Anda jalani secara terus-menerus. Sangat tidak efisien, ketika Anda masih selalu membuka laman mesin pencari untuk membantu masalah yang dihadapi customer.

5. Product Knowledge

Setelah semua proses komunikasi Anda jalani dengan sebaik mungkin, poin paling mendasar yang harus Anda kuasai adalah pengetahuan tentang produk yang Anda jual.

Ketika Anda menjual produk suplemen kesehatan misalnya, maka Anda harus memahami secara komprehensif produk tersebut : bahan dasarnya, kandungannya, manfaatnya, dan seterusnya.

Pengetahuan yang purna tentang produk, akan menjadi pondasi paling mendasar dalam setiap customer service yang terbaik.

Kesimpulan

Pada intinya, customer service adalah proses komunikasi antara penjual atau penyedia jasa dengan customer. Komunikasi yang baik dilandasi oleh ketulusan, kemauan untuk mendengar dan kesamaan persepsi. Ketika Anda sudah mampu mengoptimalkan aspek-aspek mendasar tersebut, maka Anda akan mampu menghadirkan customer service yang terbaik.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat