Bahaya Menggunakan VPN Gratis

BAHAYA MENGGUNAKAN VPN GRATIS

Jos– VPN gratis mungkin banyak digunakan orang orang pada saat ini, Bahkan mungkin, Anda menggunakannya juga?, Tapi tahukah anda bahaya menggunakan VPN gratis?, Simak baik baik penjelasannya dibawah ini.

Penjualan Data

Bahaya pertama yang mengintai Anda jika menggunakan VPN gratis adalah penjualan data secara ilegal. Di berbagai negara, banyak sekali kasus tentang penjualan data orang yang menggunakan VPN gratis oleh penyedianya. Pihak yang bersedia membeli adalah pihak ketiga, seperti korporasi yang ingin mengirim spam ke e-mail atau bisa juga para hacker.

Namun, bagi kalian pengguna VPN berbayar, enggak perlu khawatir akan risiko ini. Pasalnya, para penyedia VPN berbayar umumnya memiliki aturan yang ketat dan jaminan.

Penggunaan Identitas User Sebagai Network End-Point

Selanjutnya, risiko yang juga enggak kalah merugikan adalah kemungkinan pihak penyedia layanan VPN gratis yang Anda gunakan justru menggunakan komputer Anda (IP Address) sebagai network endpoint.

Network endpoint itu digunakan mereka untuk meningkatkan bandwith layanan VPN milik mereka atau bisa juga mengalihkannya untuk meningkatkan kecepatan internet pelanggan lain. Pelanggan yang mereka anggap lebih memberikan keuntungan bagi mereka. Dan satu lagi, enggak menutup kemungkinan bahwa network endpoint Anda dijual oleh mereka.

Penyebaran Malware

Dalam dunia internet, ada istilah Malvertising, yakni proses penyaluran Malware ke perangkat komputer maupun smartphone yang menggunakan VPN gratis.

Saat kita berselancar di web menggunakan VPN, secara tidak sadar virus atau malware dapat dengan mudah masuk ke perangkat melalui iklan yang terpasang dalam sebuah web.

Serangan Man in the Middle

Selain masalah penjualan data dan network end-point, beberapa penyedia layanan VPN gratis juga berpotensi melancarkan serangan Man in the Middle.

Man in the Middle adalah suatu serangan terhadap sistem komputer yang saling berkomunikasi satu sama lain. Sementara, si penyerang berada di tengah-tengah jalur komunikasi tersebut untuk membaca, membajak, dan mencuri data Anda atau justru menyisipkan malware.

Kebocoran Data dan Alamat IP

Risiko lainnya adalah bocornya data dan IP Anda ke publik. VPN itu bekerja seperti terowongan, di mana koneksi Anda melewati suatu jalur ‘rahasia’ untuk sampai ke tujuan, yakni internet.

Namun, ibaratnya, apabila Anda menggunakan VPN gratis, jalur yang Anda lewati akan ada banyak ‘lubang’ sehingga ada kemungkinan data dan alamat IP Anda bocor ke publik.

Jika sampai itu terjadi, Anda akan menghadapi ancaman yang lebih serius, yakni malware dan hacker.

Nah, Itulah bahaya menggunakan VPN gratis, Semoga bermanfaat

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat