Bahaya Email Phising dan Tips Menghindarinya

Bahaya Email Phising dan Tips Menghindarinya

Targetkan UKM, 192 Ribu Upaya Phising Terdeteksi di IndonesiaJogja One Solution – Phising merupakan suatu metode penipuan yang dilakukan oleh hacker untuk mengelabui target serta mencuri informasi penting korban dengan maksud tertentu melalui fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya. Bahkan sekarang mungkin anda tidak sadar bahwa sekarang bisa jadi anda telah diretas oleh seseorang, atau terlibat dalam peretasan komputer. Rata-rata sekitar 44% pengguna internet adalah korban dari cybercrime pada tahun 2017. Berikut ini bahaya email phising dan tips menghindarinya.

 

 

 

Bahaya Email Phising dan Tips Menghindarinya

Pengertian Email Phising

Menurut laman WikiPedia, Phising adalah suatu tindakan penipuan yang dilakukan di dunia maya dengan maksud mencuri informasi pribadi milik seseorang atau suatu organisasi. Tindakan phising ini biasa dilakukan melalui email. Jadi, ecara umum Email Phising adalah tindak ekploitasi dengan tujuan untuk mencuri informasi pribadi seseorang melalui media email.

Sesuai dengan namanya phising yang berasal dari kata fishing atau memancing. Penipu memancing targetnya dengan mengirimkan pesan palsu yang meminta dikirimkan data-data pribadi. Data-data tersebut kemudian akan digunakan untuk melakukan tindakan negatif lainnya seperti mencuri dengan mengatasnamakan diri Anda, meretas sistem komputer, hingga tindakan lainnya yang merugikan dari sisi keamanan.

Contoh Email Phising

email

Salah satu contoh kasus phising yang paling umum adalah seperti berikut.

Pelaku mengirimkan email dengan menggunakan akun yang terlihat seperti agen terpercaya. Mereka meminta Anda untuk memperbarui akun dengan cara mengklik tautan yang dikirimkan.

Tautan tersebut bukan mengantarkan Anda pada situs resmi perusahaan melainkan situs palsu yang sengaja dibuat oleh pelaku untuk mendapatkan identitas pribadi Anda.

Identitas pribadi yang biasa diminta adalah seperti nama asli, nama akun dan kata sandi, bahkan nomor penting seperti nomor rekening. Setelah sampai kepada pelaku, informasi-informasi seperti ini kemudian akan digunakan untuk membajak akun Anda atau yang lebih buruk adalah melakukan penipuan atas nama Anda. Cara seperti ini pun dapat terjadi pada situs email besar seperti Yahoo dan Gmail.

Cara Phising Email Yahoo dan cara Phising Email Gmail biasanya adalah dengan kiriman email yang masuk ke bagian spam.

Isi email mungkin meminta informasi seperti:

    • Nama pengguna beserta sandi dan perubahannya
    • Nomor jaminan sosial
    • Nomor rekening
    • PIN
    • Nomor kartu kredit
    • Nama gadis ibu
    • Tanggal lahir

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat