Bahasa Pemrograman untuk Website

Bahasa Pemrograman untuk Website

10 Bahasa Pemrograman Terbaik dan Sering Digunakan

Jogja One Solution Bahasa pemrograman adalah bahasa komputer atau instruksi standar untuk memerintah komputer. Jika kita akan membuat sebuah website kita harus paham apa saja bahasa pemrograman untuk website yang dibutuhkan. Jogja One Solution menyediakan jasa pembuatan website yang akan membatu anda dalam membuat website sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Java

Java adalah bahasa program komputer yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC hingga smartphone dan perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh The Green Project miliknya Sun Microsystem pada tahun 1991 silam. Dan hingga kini, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler di dunia, dan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.

Kepopuleran Java sebagai salah satu bahasa pemrograman tebaik bukan muncul tanpa alasan, melainkan karena kelebihan Java itu sendiri, misalnya seperti bisa berjalan di berbagai platform, lebih mudah dimengerti, dan mempunyai library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan para programer ketika mengoperasikannya.

Nama Java sendiri dipilih karena salah satu pencetus Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling kopi, dimana kopi tersebut berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Dan pulau Jawa (Java) yang akhirnya menjadi nama dari salah satu bahasa pemrograman terbaik dan terpopuler di dunia.

2. C

Perlu diketahui bahwa bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua yang ada di dunia. Bahasa pemrograman ini dikembangkan sekitar tahun 70an oleh Dennis Ritchie. Selain itu, bahasa C sendiri rasanya pantas jikalau kita sebut sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. Pasalnya, di tanah air sendiri, bahasa C dipelajarkan—pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman lain—di perguruan tinggi Indonesia jurusan IT, maupun lembaga kursus pemrograman.

Adapun alasan bahasa C dipelajari pertama kali, yakni karena bahasa pemrograman yang satu ini adalah induk dari bahasa pemrograman lain, misalnya: Java, C#, C++, dll. Maka dari itu, tidak heran jikalau bahasa pemrograman yang satu ini begitu populer di dunia.

3. PHP

Bahasa program yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat profesional website. Bahkan website sekelas Facebook, WordPress, maupun Digg—kabarnya menggunakan PHP dalam pengembangannya. Selain karena dapat membuat website menjadi dinamis, PHP juga dapat digunakan secara gratis, sehingga hal itulah yang membuat bahasa program komputer yang satu ini banyak digunakan oleh developer di dunia. Dan perlu diketahui bahwa PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

4. Visual Basic

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft, yang menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, khususnya untuk membuat software-software berbasis Windows.  Hebatnya, Visual Basic ternyata digunakan oleh hampir semua developer software yang ada di dunia.

5. Python

Secara tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi, yang artinya mudah untuk dipahami manusia. Dan Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web maupun berbasis mobile.

Bahasa pemrograman yang satu ini cukup mudah dipahami bagi pemula, dan hal itu merupakan salah satu kelebihannya. Tidak hanya itu saja, meskipun mudah dipahami, ternyata Python banyak digunakan oleh perusahaan besar di dunia, seperti Instagram, Pinterest, dan Rdio. Bahkan, Python juga digunakan oleh pengembang Google, Yahoo!, serta website NASA.

6. C++

C++ merupakan bahasa pemrograman hasil pengembangan dari bahasa C, sehingga C++ maupun bahasa C memiliki syntaks penulisan yang hampir sama. Namun meskipun demikian, kedua bahasa pemrograman ini ternyata memiliki perbedaan dalam hal penyelesaian masalahnya.

Terlepas dari itu, C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan software besar, seperti Adobe, Firefox, dan lain sebagainya.

7. JavaScript

Netscape mengembangkan bahasa pemrograman yang akhirnya diberi nama dengan JavaScript. Selain bahasa PHP, JavaScript juga ternyata banyak digunakan untuk membuat website. Dan hampir semua website rasanya telah menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini. Hal itu juga menjadikan JavaScript sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik di dunia.

8. C#

Selain Visual Basic, Microsoft juga telah berhasil mengembangkan bahasa pemrograman C#, yang didasari dari prinsip bahasa C dan C++. Secara tidak langsung, hal itu mengatakan bahwa bahasa C# merupakan penyempurnaan dari dua bahasa pemrograman yang telah ada. Dan secara kegunaan, C# banyak digunakan untuk membuat maupun mengembangkan software yang berbasis Windows.

9. Objective-C

Lain halnya dengan Windows, bahasa pemrograman yang satu ini banyak digunakan pada perangkat Apple, khususnya mengembangkan aplikasi-aplikasinya. Dan tidak hanya aplikasinya saja, Objective-C ternyata juga telah digunakan untuk mengembangakan sistem operasi iOS.

10. ActionScript

Yang terakhir adalah ActionScript, merupakan bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript dan pada awalnya dikembangkan oleh Macromedia, namun sekarang bahasa pemrograman yang satu ini lanjut dikembangkan oleh Adobe, hal itu dikarenakan perusahaan Adobe telah membeli Macromedia pada tahun 2005 silam.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat